span 1 span 2 span 2

News

Mengapa Harus Kuliah di Luar Negeri?
Oleh : Halimah Nusyirwan
02 November 2018
Dibaca Normal 3 Menit

News Overview

Mengejar pendidikan hingga ke negeri orang mungkin merupakan impian banyak orang. Bisa belajar dengan teman-teman dari berbagai negara dan hidup di lingkungan yang baru dengan budaya yang baru juga menjadi daya tarik tersendiri untuk para pelajar, khususnya pelajar Indonesia. Meskipun banyak yang ingin melanjutkan studi di luar, tidak sedikit pula yang enggan dan bahkan takut untuk sekolah di luar negeri.


Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina”, kalimat tersebut seringkali kita dengar dan diucapkan dimana-mana. Ketika membicarakan soal pendidikan atau ilmu, tentu tak ada batasan dalam hal tersebut. Kita dapat belajar ilmu baru dari apa yang ada di sekitar kita, bahkan hal yang paling terkecil pun. Sama halnya dengan belajar ke luar negeri. Menuntut ilmu sampai ke negeri orang merupakan hal serta kesempatan yang tidak susah untuk didapatkan dan hal ini tentu akan banyak membawa manfaat, keuntungan serta pengalaman baru yang akan didapatkan dari perjalanannya.

Namun, masih banyak orang-orang yang ragu dengan keputusan untuk belajar di luar negeri. Lahir dan besar di Indonesia membuat kita terbiasa dengan orang-orang, lingkungan, serta budaya yang ada. Hal ini menimbulkan adanya rasa takut untuk keluar dari zona nyaman. Maka dari itu, banyak yang takut untuk mencoba sekolah di luar negeri karena banyaknya resiko dan tantangan yang harus dihadapi kedepannya.

Banyaknya isu-isu sosial yang ada di berbagai negara serta kasus kriminalitas juga semakin membuat orang-orang semakin enggan untuk mencoba peruntungan di luar negeri. Terlepas dari semua itu, sebenarnya manfaat apa saja yang akan didapatkan dari bersekolah di luar negeri? Dan mengapa kuliah di luar negeri merupakan hal yang penting untuk perkembangan kita?

Personal Development
 

Mengembangkan diri dengan mencari skill baru
Mengembangkan diri dengan mencari skill baru
Sumber: freepik.com

Belajar di luar negeri pastinya memberikan banyak manfaat untuk diri sendiri. Ketika kita berada di negeri orang, banyak yang merasa bahwa ia akhirnya keluar dari zona nyamannya selama ini. Dengan segala kebudayaan dan lingkungannya yang baru, mau tidak mau kita harus bisa beradaptasi di tempat yang baru dan hal ini merupakan proses pendewasaan diri. Jauh dari keluarga dan tak jarang pula yang harus tinggal sendiri tanpa adanya kenalan di tempat baru menuntut kita untuk lebih mandiri dan bisa melakukan semuanya sendiri.

Tak hanya itu, hal ini juga membuat kita bersosialisasi dan berkenalan dengan teman-teman di lingkungan baru. Dengan berkenalan dengan orang-orang yang memiliki latar belakang dan budaya yang berbeda dengan kita mengajarkan kita untuk bertoleransi, baik dengan diri kita sendiri maupun dengan orang lain.

baca juga: 4 Beasiswa yang Populer di Indonesia

Berjuang sendiri di negara orang membuat kita mengenal siapa diri kita yang sebenarnya. Kita menjadi tahu batasan diri sendiri dan lebih mengenal apa saja hal-hal yang kita suka dan dapat lakukan serta mana hal-hal yang tidak cocok dengan diri kita. Terbukanya wawasan juga merupakan manfaat yang akan didapatkan dari belajar di luar negeri karena kita akan belajar kebudayaan dan masyarakat lain yang selama ini mungkin tidak kita ketahui.Kita juga mendapatkan sudut pandang yang baru dengan melihat dunia serta perbedaan yang ada di sekitar kita. Semua hal tersebut akan menjadi pengalaman serta pelajaran berharga yang akan membentuk diri kita di masa depan.

Career Opportunities
 

Meraih kualitas pendidikan yang bagus guna mendapatkan karier yang lebih baik
Meraih kualitas pendidikan yang bagus guna mendapatkan karier yang lebih baik
Sumber: freepik.com

Selain pengembangan diri, kita juga akan mendapatkan manfaat dalam segi perkembangan berkarier kita. Tak jarang pendidikan di luar negeri dikenal memiliki kualitas yang bagus dan diakui oleh beberapa negara lainnya. Hal ini merupakan kesempatan yang berharga untuk kita dalam mendapatkan edukasi yang lebih baik lagi dari apa yang sudah kita dapatkan di negara sendiri.

Pengetahuan akan budaya baru juga membuat kita mendapatkan wawasan yang luas dan hal ini tentu akan sangat bermanfaat ketika terjun ke dunia kerja nanti, khususnya dalam menghadapi segala pekerjaan dan persoalan yang ditemukan di dunia kerja.

Hidup di luar negeri dengan bahasa yang berbeda juga membuat kita belajar bahasa baru dan hal ini akan menjadi sebuah kelebihan bagi kita dengan memiliki keterampilan bahasa yang lebih banyak. Berkenalan dengan orang-orang baru juga dapat membangun kerja sama serta relasi atau networking dalam berteman, berbisnis dan berkarier, terutama jika kita ingin bekerja di luar negeri.

baca juga: informasi beasiswa dalam dan luar negeri

Tak hanya itu, kuliah di luar negeri juga memberikan kita kesempatan untuk mengeksplor hal-hal lain yang tidak kita tahu sebelumnya dan hal itu dapat menjadi kesempatan untuk menambah skills atau keterampilan baru.


Dengan banyaknya manfaat tersebut, tak ada lagi alasan untuk kita tidak berkuliah di luar negeri. Tentunya belajar di luar akan membantu kita mengembangkan diri sendiri baik secara personal maupun berkarier. Banyak pula kesempatan untuk belajar di luar yang kini dapat ditemukan dimana-mana dengan bentuknya yang beragam. Perkembangan teknologi kini yang serba canggih juga memudahkan kita untuk dapat belajar di negeri orang tanpa harus takut atau ragu dengan hal lainnya.

0 Comments