span 1 span 2 span 2

News

Mencontoh Kebiasaan Orang Sukses
Oleh : Halimah Nusyirwan
10 September 2019
Dibaca Normal 3 Menit

News Overview

Banyaknya orang-orang sukses di luar sana membuat banyak orang ingin mengikuti jejak mereka. Terlebih lagi di usia muda. Sukses di usia muda menjadi suatu prestasi yang membanggakan dan memikat banyak milenial untuk bercita-cita menjadi orang sukses. Namun, menjadi sukses tidaklah gampang dan tentunya memiliki banyak rintangan dan tantangan. Dengan mencontoh kebiasaan orang sukses, kalian memiliki kesempatan untuk mengikuti jejak mereka. Berikut ini adalah kiat-kiat yang harus kalian contoh yang biasanya orang-orang sukses lakukan.


Rajin
 

buku
Sumber: pexels.com

Rajin pangkal pandai, hemat pangkal kaya. 

Peribahasa ini memiliki arti, yaitu mengajak orang-orang untuk terus berusaha dan melakukan sesuatu yang nantinya pasti akan membuahkan hasil yang maksimal. Banyak hal yang harus rajin kalian lakukan. Contohnya yaitu membaca buku. Orang-orang sukses kebanyakan adalah mereka yang suka membaca buku. Buku merupakan sumber ilmu dan pengetahuan. Dengan memperkaya diri lewat membaca buku, kalian akan memiliki wawasan yang luas yang nantinya akan berguna di kehidupan dan karier kalian kedepannya.

Selain membaca buku, kalian juga harus rajin bangun pagi. Ingat kan dengan kata-kata “jangan bangun kesiangan, nanti rejeki dipatok ayam”? Kata-kata ini mengajak orang untuk tidak malam bangun pagi dan giat beraktivitas yang bisa menghasilkan sesuatu atau agar bisa “menjemput” rezeki. Jika kita malas bangun pagi, waktu dan hari akan habis dengan sia-sia dengan percuma.

Disiplin
 

rajin
Sumber: pexels.com

Orang yang sukses adalah mereka yang disiplin. Disiplin disini maksudnya adalah melakukan memiliki gaya hidup yang baik dan tidak menunda-nunda pekerjaan. Gaya hidup yang sehat akan menjauhkan kalian dari penyakit dan membuat tubuh serta kesehatan kalian menjadi baik. Jika kalian menerapkan gaya hidup sehat, maka kalian tidak perlu khawatir karena kalian bisa beraktivitas dan melakukan apa yang kalian sukai tanpa terhalang oleh kondisi tubuh yang buruk. 

Tidak menunda-nunda pekerjaan juga membuat kalian menjadi efektif dalam menghabiskan waktu. Dengan menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, kalian bisa melakukan banyak hal tanpa tergesa-gesa dan kalian juga akan terhindar dari kondisi stres yang berlebihan atau kelelahan akibat menjadi deadliner. Klain juga bisa mengoreksi kembali pekerjaan kalian agar mendapatkan hasil yang sempurna. 

Memiliki Tujuan/Target
 

plan
Sumber: pexels.com

Hidup itu harus ada tujuannya. Dengan menentukan target perhari/perbulan/pertahunnya, kalian akan memiliki tujuan hidup yang jelas karena adanya cita-cita yang diinginkan. Menentukan target apa yang ingin kalian capai akan membantu kalian untuk meraihnya dan mendekatkan kalian dengan target itu sendiri. Orang yang sukses adalah mereka yang tahu apa yang ingin mereka raih. Maka dari itu, memiliki tujuan/target akan membantu kalian dalam mengetahui usaha apa saja yang harus kalian lakukan agar bisa mencapai hal tersebut.

Aktif
 

akrif
Sumber: pexels.com

Untuk menjadi sukses, kalian harus aktif dalam berbagai hal, seperti aktif dalam menggali ilmu yang baru, berkomunikasi dengan orang lain, menabung, dan juga berinvestasi. Orang yang sukses adalah mereka yang mau belajar. Kesuksesan tidak akan bisa diraih jika kita cepat merasa puas dengan apa yang sudah dimiliki. Banyak hal diluar sana yang perlu kita pelajari agar wawasan kalian akan semakin terbuka. Dengan begitu, ilmu atau pengetahuan baru tersebut akan membantu kalian di berbagai aspek kehidupan dan pekerjaan.

Kalian juga harus menjadi aktif dalam berkomunikasi. Dengan menambah relasi, koneksi kalian akan lebih terbuka dan hal ini akan mendatangkan kesempatan-kesempatan baru yang bisa kalian coba. Komunikasi juga bisa kalian gunakan untuk menjaga relasi yang sudah kalian punya. Mempertahankan relasi yang baik dengan orang lain akan membawa banyak manfaat yang bisa membantu kalian di kemudian hari. 

Aktif menabung dan berinvestasi juga bisa menghantarkan kalian pada kesuksesan. Dengan melakukan hal tersebut, kalian akan bisa membedakan mana yang kalian butuhkan dan mana yang kalian inginkan. Hal ini akan membuat kalian menjadi pribadi yang bijaksana, pintar, dan juga bertanggung jawab. 

Hargai Usaha dan Refleksi Diri
 

refleksi
Sumber: pexels.com

Apalah arti sukses jika diri sendiri tidak bahagia? Yang lebih penting dari menjadi orang sukses adalah memiliki kebahagiaan dalam hidup. Setelah melakukan segala usaha dan upaya yang dilakukan agar mencapai impiannya, kalian harus bisa mengapresiasi diri sendiri untuk segala hal yang sudah dilalui dan dilakukan sebagai bentuk penghargaan pada diri sendiri. Dengan begitu, kalian akan lebih menghargai apa yang sudah kalian usahakan.

Melakukan refleksi diri juga merupakan salah satu bentuk self-love. Refleksi diri akan membuat kalian belajar dari kesalahan-kesalahan yang ada untuk dijadikan motivasi dan pembelajaran agar lebih baik lagi nantinya.


Sukses memang menjadi impian hampir seluruh umat manusia. Namun, harus diingat bahwa standar kesuksesan setiap orang itu berbeda-beda. Dengan mencontoh kebiasaan orang-orang sukses, bukan berarti kalian harus menjadi sesukses orang tersebut. Yang mengetahui standar kesuksesan kalian adalah kalian sendiri. Maka dari itu, jangan patah semangat untuk menjadi sukses versi kalian sendiri dan hargai setiap proses yang dilewati.

0 Comments