span 1 span 2 span 2

News

Menawarkan Keindahan New Zealand, Ini Padang Mangateh di Sumbar
Oleh : Avellino Dwido
19 Juli 2019
Dibaca Normal 3 Menit

News Overview

Waktunya liburan dan mencari referensi destinasi wisata untuk dikunjungi. Suasana alam yang hijau bisa menjadi pilihan yang menarik. Kalian semua pasti pada tahu kan hamparan padang rumput luas ala Negeri Kiwi, New Zealand? Berada di tengah hijaunya padang rumput yang luas tersebut mungkin menjadi impian banyak orang. Menikmati udara segar sebagai penawar letihnya jiwa dan raga setelah bekerja penuh sehari-hari.  

Tapi Kibiers tahu tidak, jika kalian tidak perlu jauh-jauh ke New Zealand untuk menikmati keindahan panorama padang rumput yang luas tersebut? Karena di Indonesia juga ada lho! Menawarkan Keindahan New Zealand, Ini Dia Padang Mangateh di Sumatera Barat!


Padang Mangateh
Sumber: beritasumbar.com

Padang Mangateh
 

Padang Mangateh merupakan hamparan padang rumput nan hijau, lengkap dengan peternakan sapi seluas 280 hektare. Terletak di ketinggian 700 hingga 900 mdpl kaki Gunung Sago, Padang Mangateh menawarkan pesona alam ala negara New Zealand yang terkenal.

Lanskap berupa hamparan padang rumputnya yang sangat luas, bukit-bukit yang menjadi latar belakangnya, serta udaranya yang segar karena terletak di dataran tinggi, menghasilkan paduan suasana alam yang sangat indah dan sayang untuk tidak mengabadikan momen di sana.

Padang Mangateh
Sumber: merahputih.com

Peternakan dengan sapi-sapi gemuk berwarna coklat yang dibiarkan bebas di tengah padang rumput tersebut semakin memperkuat kesan seakan sedang berada di Negeri Kiwi. Pastinya Padang Mangateh cocok sekali untuk dijadikan latar foto kalian yang menjadikan foto kalian sangat ciamik.

Secarik Sejarah Padang Mangateh
 

Berdiri pada tahun 1916, tepatnya pada masa pemerintahan Hindia Belanda, yang awalnya tempat ini dibangun sebagai peternakan kuda. Namun, pada tahun 1936, sapi zebu asal Benggala, India, baru mulai diternakan di sana.

Baca juga: Wisata Ala Eropa di Indonesia

Peternakan Padang Mangateh sering mengalami pasang surut, bahkan pernah hampir ditutup. Hingga akhirnya pada tahun 1978 Padang Mangateh diubah menjadi Balai Pembibitan Ternak – Hijauan Makanan Ternak (BPT-HMT), kemudian pada tahun 1985 pengelolaannya diambil alih oleh Pemerintah RI.

Lalu berdasarkan keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia pada tahun 2002, namanya kembali diubah menjadi Balai Pembibitan Ternak Unggul (BPTU) Padang Mangatas.

Cara Menuju Ke Padang Mangateh
 

Padang Mangateh terletak di Kota Payakumbuh, tepatnya di Jalan Padang Mangatas, Mungo, Luak, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Jaraknya sekitar 136 km dari pusat Kota Padang, atau sekitar 12 km dari pusat Kota Payakumbuh.

Lokasi Padang Mangateh dapat dengan mudah dijangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun dengan menyewa kendaraan dari Bandara Internasional Minangkabau. Jalan menuju ke sana pun juga sudah bagus jadi pasti akan cepat.

Padang Mangateh
Sumber: instagram.com


Menarik banget kan salah satu pilihan destinasi wisata di Tanah Minang tersebut?

Akan tetapi, bagi kalian yang hendak berkunjung ke Padang Mangateh, kalian harus memiliki surat izin terlebih dahulu untuk bisa masuk. Karena tempat tersebut sejatinya adalah tempat peternakan sapi, maka terdapat prosedur yang harus kalian taati.

Baca juga: Tradisi Unik di Indonesia

Nah, kalian bisa cek prosedur sekaligus formulir surat izinnya di link ini. Selamat berlibur!

0 Comments