span 1 span 2 span 2

News

Kuliner Enak dan Hemat di Bali
Oleh : Barlyant Vici Wijaya
29 Juli 2019
Dibaca Normal 2 Menit

News Overview

Bali adalah salah satu pulau di Indonesia yang sudah sangat mendunia. Selain terkenal dengan alamnya yang sangat indah, Pulau Bali juga terkenal dengan kulinernya yang dapat memanjakan lidah.

Berikut adalah kuliner khas Pulau Dewata dengan harga yang bersahabat:


Sate Lilit
 

sate
Sumber: oleholehkhasbali.com

Pada umumnya, sate lilit biasanya berbahan dasar daging ikan laut seperti tuna, tenggiri, dan marlin sebagai bahan dasarnya. Namun, sate lilit kini sudah divariasikan dengan menggunakan daging ayam, sapi, babi, dan udang. 

Harga untuk satu tusuk sate lilit bervariasi mulai dari Rp1.000 sampai dengan Rp5.000, tergantung dari daging apa yang digunakan untuk sate tersebut.

Nasi Jinggo
 

jinggo
Sumber: kooliner.com

Nasi jinggo atau nasi jenggo adalah makanan khas Pulau Dewata yang disajikan dengan daun pisang. Nasi jinggo dijual dengan harga Rp1.500 per porsinya, sesuai dengan namanya jeng go yang berarti “seribu lima ratus” dalam bahasa Hokkien dari Tiongkok. 

Seiring naiknya harga sembako, kini nasi jinggo dijual seharga Rp3.000 sampai dengan Rp10.000.

Ayam Betutu
 

ayam
Sumber: idntimes.com

Masakan khas Bali yang berasal dari Gilimanuk, Kabupaten Jembrana ini menjadi menu legendaris yang wajib kalian coba jika berkunjung ke Pulau Dewata. Racikan bumbu-bumbu rempah yang ada pada ayam dan bebek betutu menjadi ciri khas dari pulau tersebut.

Baca juga: Kuliner Seafood Kaki Lima Terenak Di Jakarta

Ayam betutu dibanderol dengan harga Rp15.000 sampai Rp85.000 per porsinya. Pilihannya ada ayam betutu biasa, ayam betutu spesial, dan ayam betutu satu ekor.

Rujak Bulung
 

rujak
Sumber: sportourism.id

Rujak khas Bali yang berbahan dasar rumput laut menjadi makanan yang wajib kalian coba selanjutnya jika berkunjung ke Pulau Dewata. Seporsi rujak bulung dihargai mulai dari Rp5.000 sampai dengan Rp15.000 tergantung di mana kalian membelinya.

Baca juga: Ingin Jadi Chef? Ini 5 Sekolah Kuliner Terbaik di Indonesia

Rujak bulung biasanya dapat kalian temui di daerah pantai serangan, Pulau Serangan, Bali.

Nasi Tepeng
 

nasi tepeng
Sumber: ksmtour.com

Makanan khas Pulau Dewata yang berasal dari Kabupaten Gianyar Bali ini jangan sampai kalian lewatkan. Nasi tepeng berisi aneka macam sayuran dengan campuran rempah-rempah yang identik dengan rasa pedas. 

Biasanya satu porsi harga nasi tepeng dibandrol dengan harga Rp10.000. Kalian bisa menemukan nasi tepeng di Pasar Senggol Gianyar pada pagi hari.


Itu dia rekomendasi makanan enak dan hemat yang ada di Bali. Harga dari makanan tersebut bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung dari tempat makan yang akan kalian kunjungi tersebut.

0 Comments