span 1 span 2 span 2

News

Ketahui Jenis Bipolar
Oleh : Barlyant Vici Wijaya
03 Desember 2019
Dibaca Normal 1 Menit

News Overview

bipolar
Sumber: amazonaws.com

Bipolar adalah kondisi kejiawaan yang membuat para penderitanya mengalami perubahan suasana hati dan emosi secara drastis. Ada yang manik atau mania (sangat senang) dan ada yang depresif atau depresi (sangat terpuruk). Biasanya sebelum terjadi perubahan emosi, para penderitanya mengalami fase suasana hati yang normal terlebih dahulu.

Namun para penderita lainnya juga ada yang tidak mengalami fase normal pada kasus tertentu. Setiap gejala emosi baik manik dan depresi, biasanya berlangsung berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Berikut adalah penjelasan lengkap tentang jenis bipolar manik dan depresi:


Jenis Bipolar Manik atau Mania
 

bipolar manik
Sumber: verywellmind.com

Jenis bipolar yang satu ini adalah jenis bipolar yang membuat para penderitanya mempunyai kesenangan diluar batas manusia normal lainnya. Merasa sangat bahagia, dan munculnya keinginan-keinginan serta ide kreatif dari dalam pikirannya, hingga sangat ambisius dalam menjalani hari.

Selain itu bipolar pada fase manik mengalami peningkatan kepercayaan diri yang lebih tinggi dari orang normal lainnya. Mengalami susah tidur akibat terlalu bersemangat, dan berbicara sangat cepat. Adapun orang pada fase manik juga mengalami penurunan nafsu makan, hingga mudah terganggu dengan hal-hal kecil.

Baca juga: Waspada Bahaya Media Sosial pada Kesehatan Mental

Jenis Bipolar Depresif atau Depresi
 

Bipolar depresi
Sumber: motherandbaby.co.id

Sedangkan untuk jenis bipolar depresif atau depresi, penderita mengalami rasa putus asa dan rasa sedih yang luar biasa. Merasa hari-harinya sangat lemas dan kurang energi, sulit berkonsentrasi, dan dilanda kesepian meski ada ditempat yang sangat ramai, hingga hilangnya hasrat untuk bersosialisasi dengan orang lain.

Tidak hanya itu pada fase depresi ini para penderita juga mengalami rasa sangat bersalah yang tinggi dengan apa yang sudah mereka lakukan, pesimis terhadap segala hal, hingga mengalami delusi hampir setiap hari, dan berkeinginan untuk mengakhiri hidupnya atau bunuh diri.


Selain itu para penderita gangguan bipolar juga dapat mengalami jenis mania dan depresif secara bersamaan. Seperti merasa sangat percaya diri dan bersemangat namun disisi lain juga merasa sangat sedih dan putus asa. Kondisi semacam ini biasa disebut sebagai mixed state atau gejala campuran.

0 Comments