span 1 span 2 span 2

News

Kenali Tanda Jika Kamu Sedang Mengalami 'Quarter Life Crisis'
Oleh : Barlyant Vici Wijaya
27 November 2019
Dibaca Normal 3 Menit

News Overview

quarter life crisis
Sumber: ctvnews.ca

Nyatanya kehidupan yang dijalani oleh setiap individu itu seperti pasang surut air laut, kadang rendah, kadang juga meninggi. Tidak ada hari yang melulu baik, begitupun dengan buruk. Quarter life crisis adalah masa krisis yang menimpa hidup seseorang khususnya pada usia 20-an. Kira-kira tanda apa saja jika seseorang sedang mengalami quarter life crisis? Beirkut selengkapnya:


Mulai Membandingkan Kehidupannya Dengan Orang Lain
 

Membandingkan hidup
Sumber: solusik.com

“Mau jadi A aja biar hidupnya enak, jadi B juga asik karena bisa semuanya, atau  jadi C yang punya segalanya”. Apakah kalian sering melakukan pembicaraan itu bersama dengan pikiran kalian sendiri? Jika iya berarti kalian sedang berada di fase quarter life crisis. Berdamai dengan diri kalian sendiri, dan melatih rasa syukur banyak-banyak adalah obat dari menyembuhkan hal tersebut.

Merasa Cemas Dengan Pilihan Hidup
 

Cemas dalam Pilihan Hidup
Sumber: tinybuddha.com

Apakah kalian sering mengalami cemas berlebih akibat sudah memilih suatu keputusan? Lagi-lagi ini adalah tanda bahwa kalian sedang mengalami quarter life crisis. Rasa cemas biasanya datang karena adanya ketakutan yang ada di dalam diri seseorang sedang dominan. Berpikir positif dan yakin dengan apa yang sudah kalian pilih adalah cara terbaik untuk mereduksi kecemasan.

Selalu Mempertanyakan Semua Hal
 

mempertanyakan semua hal
Sumber: sentuhanhati.com

Sebenarnya wajar-wajar saja mempertanyakan semua hal yang terjadi dalam hidup, ini berarti kalian sedang kritis dalam membangun kehidupan kalian. Tapi jika mempertanyakan semua hal, hingga dapat membuat kalian menjadi khawatir akan masa depan, berarti kalian sedang mengalami masa quarter life crisis. Menenangkan diri dan mendinginkan isi kepala adalah cara terbaik untuk mendapatkan jawaban dari semua pertanyaan secara asik.

Merasa Tidak Menemukan Jawaban Dari Persoalan Hidup
 

tidak menemukan jawaban
Sumber: lifehack.org

Tanda apabila kalian sedang berada di fase quarter life crisis adalah muncul rasa putus asa dan ketidakmampuan dalam mengatasi rasa gelisah. Dalam hal ini sebenarnya kalian hanya perlu mengenal diri kalian lebih jauh lagi. Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya kematangan usia dan proses berpikir, jawaban dari kegelisahan dan rasa putus asa kalian akan terjawab dari diri kalian sendiri.

Sering Mengalami Sedih
 

Sedih
Sumber: multiscreensite.com

Jika kalian sering mengalami sedih tanpa adanya sebab akibat, berarti kalian sedang mengalami quarter life crisis. Hal ini sebenarnya wajar-wajar saja, karena memang banyak hal yang harus kalian pikirkan ketika kalian sedang berada di umur 20-an. Keseimbangan dalam hidup seperti tidur yang cukup, makan makanan sehat, dan menyempatkan berbagi cerita dengan orang terdekat adalah kunci dari mengurangi rasa sedih.


Itu dia tanda jika kalian sedang mengalami quarter life crisis. Apapun yang terjadi dalam kehidupan kalian, kalian sudah melakukan yang terbaik melalui versi diri kalian sendiri.

0 Comments