span 1 span 2 span 2

News

Kenali Perbedaan Psikologi Sosiologi dan Antropologi
Oleh : Barlyant Vici Wijaya
21 Juni 2019
Dibaca Normal 3 Menit

News Overview

Serupa tapi tak sama, apa perbedaan mendasar dari Psikologi, Sosiologi dan Antropologi? Buat kalian yang masih bingung apa persamaan dan perbedaan dari ketiga ilmu tersebut, simak ulasan berikut ini agar kalian bisa membedakan jurusan-jurusan tersebut. Siapa tahu di antara kalian ada yang masih bingung untuk menentukan jurusan kuliah.


Psikologi
 
psiko
Sumber: beritadunia.net

 

Mungkin sudah banyak kalian tahu apa itu Psikologi. Jurusan yang salah satu peminatnya terbanyak dan saingannya cukup ketat di perguruan tinggi negeri ini, memang menjadi salah satu favorit anak-anak SMA yang ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Psikologi berasal dari bahasa latin “psyche” yang artinya jiwa dan “logos” yang artinya pengetahuan.

Dikarenakan banyaknya pengertian dari para ahli, Psikologi biasa dikenal dengan ilmu yang lebih banyak mempelajari tentang kejiwaan, mental, pikiran, dan juga perilaku manusia. Psikologi juga termasuk ilmu yang sangat luas. Di Indonesia sendiri, ada universitas yang mengkategorikan Psikologi pada rumpun Soshum dan rumpun Saintek. Hal ini dikarenakan Psikologi mempelajari Ilmu Sains, Sosial dan Humaniora.

Psikologi pada rumpun Soshum lebih mempelajari bagaimana mengaplikasikan gejala sosial, sedangkan Psikologi pada rumpun Saintek lebih menekankan kepada scientist practitioner yang fokus kepada otak manusia.

Sosiologi
 


socio
Sumber: songmoi.vn

Bagi kalian yang saat SMA mengambil jurusan IPS pasti sudah tidak asing lagi dengan ilmu yang satu ini. Sosiologi pertama kali dikenal di Prancis ketika peristiwa Revolusi Prancis yang dicetuskan pertama kali oleh August Comte. Sosiologi itu sendiri berasal dari bahasa Latin, yaitu “socius” yang berarti kawan dan “logos” yang berarti pengetahuan. Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari manusia dalam kehidupan bermasyarakatnya, seperti individu dengan individu, kelompok dengan kelompok, dan individu dengan kelompok.

Baca juga: Akreditasi ITB

Sosiologi juga termasuk ilmu murni dari Ilmu Komunikasi. Kontak sosial begitu bermakna dengan adanya proses komunikasi itu sendiri, namun apa yang dipelajari saat SMA dan kuliah, khususnya jurusan sosiologi itu sendiri, sangat jauh berbeda. Saat SMA, kalian hanya mempelajari Sosiologi tidak lebih dari 30% dari apa yang akan kalian pelajari ketika dibangku kuliah nanti. Saat kuliah kalian akan mempelajari lebih kompleks apa itu sosiologi, seperti ekonomi, politik, budaya, media, teknologi, lingkungan, dan militer.

Antropologi
 


ant
Sumber: bluemix.net

Antropologi adalah ilmu yang mempelajari manusia mulai dari budaya, perilaku, biologi, linguistik, seni, serta sejarah. Antropologi berasal dari kata “anthropos” yaitu manusia dan “logos” yaitu akal. Antropologi lebih memahami apa arti dari adanya manusia itu sendiri serta mengapresiasi manusia sebagai wujud dalam kerangka yang memperlihatkan wawasan yang luas.

Salah satu ciri-ciri Antropologi adalah hubungan dengan budaya dan juga biologis manusia. Biasanya, para mahasiswa Antropologi mempelajari ilmunya dengan pendekatan holistik yang memandang sesuatu dengan secara menyeluruh.


Dari ketiga ilmu diatas, dapat disimpulkan bahwa objek utama dari ketiga jurusan tersebut sama, yaitu manusia. Yang membedakannya adalah fokusnya masing-masing. Psikologi terfokus kepada jiwa dan isi kepala yang ada di otak manusia, sedangkan Sosiologi lebih fokus pada perilaku interaksi manusia dan kelompoknya. Di sisi lain, Antropologi lebih terfokus kepada kebudayaan dan perkembangan evolusi manusia itu sendiri.

Baca juga: Info Beasiswa

Itu dia perbedaan dari ketiga jurusan tersebut. Semoga kalian yang tadi masih bingung dengan apa yang membedakan dari jurusan tersebut sudah tidak bingung lagi ya!

0 Comments