span 1 span 2 span 2

News

Kenalan Yuk Dengan Jurusan Sastra Jerman
Oleh : Halimah Nusyirwan
10 September 2019
Dibaca Normal 3 Menit

News Overview

Mungkin banyak diantara kalian yang belum mengetahui hal-hal mengenai jurusan sastra yang satu ini. Sastra Jerman merupakan jurusan yang bisa kalian temui di berbagai universitas di Indonesia. Jurusan ini memiliki peluang yang besar di berbagai bidang dengan fokus pembelajarannya berpusat pada hal-hal yang berkaitan dengan negara Jerman.

Jika kalian adalah pecinta budaya negara ini, pastinya Jurusan Sastra Jerman yang paling cocok untuk kalian. Namun, jika kalian masih ragu untuk memilih atau belum tahu dengan baik tentang jurusan ini, yuk kita kenalan dengan Jurusan Sastra Jerman.


Apa itu Sastra Jerman?
 

jerman
Sumber: pexels.com

Sastra Jerman adalah jurusan yang mempelajari berbagai bidang ilmu yang berkaitan dengan negara Jerman. Sastra Jerman sendiri masih jarang dipelajari karena jurusan ini hanya ada di 4 kampus PTN di Indonesia.

Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Ini?
 

buku
Sumber: pexels.com

Banyak hal yang akan kalian pelajari di jurusan ini. Kalian akan mempelajari bahasa Jerman , mulai dari kemampuan schreiben (menulis), horen (mendengar), lesen (membaca), hingga strukturen (tata bahasa). Selain itu, kalian juga akan belajar menganalisa konsep ilmu linguistik bahasa Jerman, ilmu kesusastraan, dan kajian budaya. Tak hanya itu, kalian juga akan belajar ilmu pengetahuan penunjang lainnya, seperti filsafat, dll. 

Prospek Kerja Lulusan Sastra Jerman
 

adult
Sumber: pexels.com

Menjadi lulusan Sastra Jerman tentu memiliki peluang berkarier yang banyak dan beragam. Lulusan jurusan ini bisa bekerja sebagai pegawai negeri sipil atau PNS di Kementerian Luar Negeri dan Kementerian lainnya. Kalian juga bisa bekerja di Kedutaan Besar Jerman.

Selain itu, kalian juga bisa menjadi akademisi, seperti guru bahasa Jerman dan dosen. Bekerja di bidang media, startup, dan perusahaan swasta juga sangat memungkinkan. Pekerjaan lainnya, seperti penerjemah dan bekerja di bidang pariwisata juga bisa kalian jadikan pilihan sebagai karier di masa depan.

Kampus-Kampus dengan Jurusan Sastra Jerman
 

Universitas negeri dengan Program Studi Sastra Jerman bisa kalian temui di empat kampus di Indonesia. Universitas yang memiliki akreditasi A untuk jurusan ini ada Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, Universitas Negeri Surabaya, dan Universitas Sam Ratulangi.


Gimana Kibiers? Sudah kenal dengan jurusan ini kan sekarang? Semoga informasi di atas bisa membantu kalian yang belum mengetahui jurusan ini dan meyakinkan kalian yang masih ragu serta menimbang-nimbang untuk mengambil jurusan ini. Jika kalian menyukai segala hal yang berhubungan dengan negara Jerman, jadi tunggu apa lagi?

0 Comments