span 1 span 2 span 2

News

Ini dia Jenis-Jenis Program Beasiswa Monbukagakusho Jepang
Oleh : Karim Zaidan
01 Mei 2020
Dibaca Normal 5 Menit

News Overview

Hampir setiap tahunnya Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Monbukagakusho/MEXT) menawarkan beasiswa bagi mahasiswa dan pelajar di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Namun beasiswa ini punya beberapa kategori yang berbeda-beda, lho. Bagi kamu yang tertarik dengan beasiswa ini, ada baiknya kamu cari tahu dulu beasiswa mana yang sekiranya cocok dan akan kamu pilih untuk studimu, setuju? Mari kita bahas!


Program Research Students
 

Jepang
Sumber: 
scholarsofficial.com

Program yang pertama bernama research students. Program ini ditawarkan bagi untuk para mahasiswa yang ingin belajar di universitas pascasarjana di Jepang sebagai research students (mahasiswa peneliti). Pelamar dapat melanjutkan ke jenjang magister/doktor bila lulus ujian masuk, tetapi bisa juga langsung masuk ke program pascasarjana tanpa masa research students, bila mendapat izin/telah lulus ujian masuk di universitas di Jepang.

Program Research Students Jalur University Recommendation (U to U)
 

Pada dasarnya ada dua jalur untuk melamar beasiswa Monbukagakusho program Research Students, yaitu jalur Embassy Recommendation (G to G) dan jalur University Recommendation (U to U).

Nah, jalur Embassy Recommendation (G to G) merupakan jalur yang pendaftaran dan seluruh proses seleksinya dilakukan oleh Kedutaan Besar Jepang, sedangkan jalur University Recommendation (U to U) adalah jalur yang seleksi serta pendaftarannya dilakukan oleh Universitas di Jepang tanpa melalui Kedutaan Besar Jepang. Jadi kembali ke kamu sendiri ya nantinya  ingin memilih lewat jalur yang mana.

Program Undergraduate (GAKUBU)
 

Ini dia program favorit yang banyak diincar calon mahasiswa Indonesia. Program beasiswa yang diperuntukkan bagi lulusan SMA/K dan sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan jenjang S1 di universitas di Jepang.

Serunya lagi, masuk perkuliahan para penerima beasiswa akan masuk sekolah persiapan selama 1 tahun. Mereka akan belajar bahasa Jepang, matematika, bahasa Inggris, dan ilmu sosial (bagi yang memilih bidang studi IPS), dan fisika, kimia, biologi (bagi yang memilih bidang studi IPA). Jadi, kamu yang terpilih beasiswa ini akan kuliah dengan total selama 5 tahun, namun bagi yang memilih bidang studi kedokteran, total masa belajarnya sedikit lebih lama yaitu 7 tahun.

Program College of Technology (KOSEN)
 

Beasiswa Jepang
Sumber: googleusercontent.com

Program bagi lulusan SMA/K untuk melanjutkan pendidikan ke College of Technology, sekolah di Jepang yang fokus studinya khusus di bidang teknik. Program belajar College of Technology sebenarnya dirancang selama 5 tahun bagi lulusan SMP di Jepang. Namun khusus bagi penerima beasiswa Monbukagakusho, kalian akan masuk ke College of Technology sebagai siswa tahun ketiga. Setelah lulus dari college, kamu dapat melanjutkan ke jenjang Undergraduate (S1) sebagai mahasiswa tahun ketiga. Program ini juga mengharuskan penerimanya untuk belajar bahasa Jepang di sekolah persiapan selama 1 tahun, jadi total masa studi keseluruhan adalah 4 tahun.

Program Specialized Training College (Senshu)
 

Program bagi lulusan SMA/K untuk melanjutkan pendidikan ke Specialized Training College (Senshu Gakko), sekolah yang memberikan keahlian khusus di bidang tertentu. Pendidikannya akan berlangsung selama 2 tahun. Setelah lulus dari college, siswa dapat melanjutkan ke jenjang Undergraduate (S1) sebagai mahasiswa tahun ketiga. Program ini juga mengharuskan penerimanya untuk belajar bahasa Jepang di sekolah persiapan selama 1 tahun, jadi total masa studi keseluruhan adalah 3 tahun.

Program Teacher Training (Program non-gelar)
 

Beasiswa Jepang
Sumber: ecopetit.cat

Kalau sebelumnya untuk pelajar, program yang satu ini sedikit berbeda karena dirancang khusus bagi para guru. Tujuan beasiswa ini adalah untuk meningkatkan kualitas pengajaran para guru di Indonesia sesuai bidang masing-masing.

Penerima beasiswa akan belajar di universitas di Jepang, serta akan mendapatkan pelatihan cara mengajar yang baik, pembuatan rencana belajar-mengajar yang efektif, serta hal-hal lainnya yang dapat meningkatkan kualitas dan kemampuan para guru. Program ini adalah program non-gelar ya!  Program akan berlangsung selama 1 tahun 6 bulan (termasuk 6 bulan pertama belajar bahasa Jepang) dari bulan September atau Oktober hingga bulan Maret.

Program Japanese Studies (program non-gelar)
 

Program terakhir yang ditawarkan bernama Japanese Studies, yaitu beasiswa khusus mahasiswa S1 jurusan sastra atau pendidikan bahasa Jepang untuk belajar selama satu tahun di universitas di Jepang. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan lebih dalam bahasa dan kebudayaan Jepang. Sama dengan program Teacher Training,  program ini adalah program non-gelar. Namun jangan khawatir, bagi kalian yang telah menyelesaikan program ini nantinya akan mendapatkan sertifikat. Program akan berlangsung selama 1 tahun dimulai dari bulan September atau Oktober.


Demikian beberapa jenis program beasiswa Monbukagakusho Jepang, semoga bermanfaat! Kamu juga bisa mengunjungi website resmi Kedutaan Besar untuk Indonesia untuk info seputar beasiswa terbarunya. Cek juga fitur beasiswa Kinibisa untuk mengetahui informasi lengkap beasiswa-beasiswa lainnya!

0 Comments