span 1 span 2 span 2

News

Empon-empon Alias Bahan Jamu yang Konon Bisa Menangkal Corona, Apa Itu?
Oleh : Vitorio Mantalean
18 Maret 2020
Dibaca Normal 2 Menit

News Overview

Empon Empon
Sumber: 
kompas.com

Empon-empon tiba-tiba populer sejak temuan pasien positif virus corona diumumkan awal Maret 2020 lalu. Apalagi, saat ini sudah ada 69 kasus Covid-19 di Indonesia yang berujung 4 kematian.

Apa hubungannya sama empon-empon? Iya, empon-empon yang merupakan bahan dasar minuman jamu ini dianggap sanggup menebalkan daya tahan tubuh – sebuah benteng alami untuk melindungi diri dari infeksi virus corona.

Empon-empon akhirnya disebut di pasar-pasar. Stoknya menipis, harganya melambung. Dari rakyat jelata sampai hotel-hotel yang rutin kedatangan ekspatriat, semuanya punya stok empon-empon di dapur hari ini. Yang kasihan tentu orang-orang kecil yang kesulitan beli ramuan jamu ini gara-gara harganya tak bisa mereka jangkau.


Empon Empon
Sumber: idntimes.com

Kembali ke empon-empon, apa sih sebetulnya empon-empon ini? Kenapa dia disebut empon-empon?

Dilansir dari Kompas.com, empon-empon adalah kelompok tanaman rimpang (istilah kerennya, memiliki rhizoma). Ketika mereka berkumpul, mereka akan membentuk senyawa yang bagus buat kesehatan. Empon-empon sebagai individu-individu tanaman juga kerap dipakai sebagai rempah, hingga sebuah makanan punya cita rasa gurih yang nendang, sampai pengin kita tending balik.

Biasanya, empon-empon terdiri dari jahe, temulawak, kunyit, kencur, sunti, dan temu kunci.

"Empon-empon itu sekumpulan atau kasarnya kategori lah dari DJAMpi OEsodo (jamu) akar tanaman yang menjadi rempah dan berperan penting dalam perawatan kesehatan," jelas Wira Hardiansyah, travelling chef.

Empon Empon
Sumber: doktersehat.com

Empon-empon ini ketika diseduh dan dikonsumsi dengan metode yang benar bakal berkhasiat menangkal penyakit. Jahe, misalnya, dapat merangsang kelenjar pencernaan dan membangkitkan nafsu makan. Kandungan minsyak atsirinya juga mujarab buat meredakan nyeri.

Atau jahe merah yang hangat-pedas itu. Kamu yang pernah mencobanya pasti tahu bahwa setelah minum jahe merah, tidur akan sangat lelap sekali dan istirahat jadi begitu berkualitas.

Lalu ada juga temulawak yang berperan sebagai antioksidan alami (sekali lagi, jika dikonsumsi dengan metode yang tepat). Ekstrak temulawak kabarnya bermanfaat untuk mengobati sakit perut seperti diare serta bagus untuk menyembuhkan demam pada bocah.

Rupanya, empon-empon ini sudah ada sejak zaman Borobudur. Jamu sudah dikenal sebagai ramuan kesehatan yang jitu banget buat mempertahankan kesehatan tubuh sejak era kerajaan itu. Ini buktinya.

"Yang jelas empon-empon sudah digambarkan ada untuk keperluan membuat jamu, pembuatan jamu sendiri sudah ada pada zaman dibuatnya Candi Borobudur," jelas Prof. Dr. Ir. Murdijati Gardjito, Guru Besar Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Gadjah Mada.

Di relief yang sama tergambar kisah pembuatan jamu yang kemudian ditegukkan kepada orang sakit. Nah, setelah relief tersebut, ada relief lanjutan kisahnya yang menceritakan pesta syukuran atas kesembuhan orang tadi usai menenggak ramuan jamu.


Nah, kearifan lokal kita sedemikian canggihnya, ternyata. Kamu tertarik untuk rutin mengonsumsi jamu, sekarang?

0 Comments