span 1 span 2 span 2

News

Dokter Operasi Plastik di Indonesia Apakah Tidak Memadai Sampai Harus Ke Korea Selatan?
Oleh : Barlyant Vici Wijaya
07 Januari 2020
Dibaca Normal 2 Menit

News Overview

operasi plastik
Sumber: hellosehat.com

Belakangan ini, negara Korea Selatan menjadi destinasi wisata favorit bagi masyarakat Indonesia. Selain menawarkan panorama alam yang indah dan budayanya yang menarik, ternyata Korea Selatan juga menjadi salah satu destinasi bagi masyarakat Indonesia untuk melakukan operasi plastik.

Lantas kenapa banyak orang Indonesia yang melakukan operasi plastik di Korea Selatan, apakah dokter operasi plastik di Indonesia masih belum cukup memadai?


 Terbatasnya Dokter di Indonesia
 

Indonesia tercatat sebagai negara dengan populasi terbanyak ke-4 di dunia, tidak heran jika banyak permintaan operasi plastik di Indonesia terus meningkat. Tetapi dari meningkatnya permintaan operasi plastik di Indonesia, itu tidak diikuti dengan banyaknya jumlah dokter bedah plastik yang ada di Indonesia.

Wajar saja mereka yang mempunyai uang cukup banyak, lebih memilih untuk melakukan operasi plastik di Korea Selatan daripada di Indonesia. Tecatat pada tahun 2018 baru ada 204 dokter bedah plastik Indonesia yang terdaftar di Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetika Indonesia (PERAPI).

Banyak Pilihan di Korea Selatan
 

oplas korea
Sumber: yukepo.com

Apakah kalian sudah mengetahui jika Korea Selatan mempunyai jumlah klinik operasi plastik terbanyak di dunia? Bahkan negeri gingseng tersebut mempunyai julukan sebagai The World’s Plastic Surgery Capital. Maka tidak heran jika banyak orang-orang Indonesia yang pergi ke Korea Selatan tidak hanya untuk liburan saja, tetapi mereka juga melakukan operasi plastik di sana.

Korea Selatan Negara Paling Maju Dalam Urusan Operasi Plastik
 

oplas
Sumber: popmama.com

Bagaimana tidak hampir dari sebagai masyarakat Korea Selatan pernah melakukan operasi plastik. Belum lagi banyaknya iklan-iklan yang menawarkan untuk melakukan operasi plastik. Klinik operasi plastik juga sangat mudah ditemukan di Korea Selatan. Tidak heran dari banyaknya permintaan operasi plastik di Korea Selatan, negara tersebut terus meningkatkan dan berinovasi dalam urusan operasi plastik.

Lebih Murah
 

Jika dihitung-hitung dengan biaya tiket pesawat, penginapan, makan dan lain sebagainya, operasi plastik di Indonesia masih lebih murah daripada di Korea Selatan. Namun apabila dibandingkan dengan negara maju lainnya seperti Jepang dan Amerika Serikat yang memang mempunyai teknologi mutakhir dalam melakukan operasi plastik, Korea Selatan masih lebih murah daripada kedua negara tersebut.


Itu dia kenapa masyarakat Indonesia masih lebih senang melakukan operasi plastik di Korea Selatan daripada di tanah air tercinta. 

0 Comments