span 1 span 2 span 2

News

Dewan Kepemudaan Nasional Selenggarakan Indonesia Youth Economic Summit
Oleh : Tim Kinibisa
16 Agustus 2019
Dibaca Normal 3 Menit

News Overview

Jumat (16/8) DKN Indonesia umumkan kebangkitan ekonomi kerakyatan lewat IDEATES yang akan diadakan pada Jumat - Minggu, 30 Agustus - 1 September 2019 di Mess Aceh, Jakarta Pusat, dan dihadiri oleh 300 perwakilan 34 provinsi.


dkn indonesia
Sumber: Dok. Kinibisa

Dewan Kepemudaan Nasional (DKN) menyatakan siap melahirkan 50 wirausaha kerakyatan yang diusung oleh 1000 pemuda di 34 provinsi. Hal ini dikutip dari pernyataan Dhienda Nasrul, Ketua DKN Indonesia saat konferensi pers di Rumah Siap Kerja, Jakarta Selatan. Menurutnya, tujuh juta pengangguran di Indonesia masih membutuhkan lapangan kerja yang sesuai dengan potensi putera bangsa dan isu lingkungan yang dikeluhkan masyarakat seputar ketersediaan kebutuhan dasar dan harga-harga.

Acara IDEATES atau Indonesia Youth Economic Summit kemudian menjadi gagasannya untuk membangkitkan semangat kedaulatan rakyat di bidang ekonomi, dicontohkan para pendiri bangsa Indonesia dalam peristiwa Rengasdengklok, 16 Agustus 1945. Saat itu, golongan muda seperti Chairul Saleh, Sukarni, dan Wikana lah yang menggerakkan proklamasi kemerdekaan. Kali ini, dikutip darinya, sudah giliran kemerdekaan ekonomi rakyat lah yang digerakkan oleh pemuda Indonesia.

Dalam unggahan akun Instagram resmi DKN, @DKNIndonesia, IDEATES diisi dengan talkshow sociopreneurship, dan talkshow SDG (sustainable development goals), yang merupakan program canangan PBB untuk kemajuan seluruh bagsa, talkshow desain visual, dan talkshow narasi persuasi. Sandiaga Uno dan Anies Baswedan mengisi kuliah umum tentang Kepemudaan dan Intelektualitas serta Indonesia di 2030, Bergerak Mulai Sekarang.

proker dkn
Sumber: Dok. Kinibisa

IDEATES diharapkan menjadi pintu manajemen angkatan kerja yang jumlahnya menurut BAPPENAS 40% dari total penduduk Indonesia. Jumlah yang akan menjadi 70% di tahun 2030. Program ini juga menjadi inkubasi wirausaha kerakyatan yang sesuai dengan isu sosial dan lingkungan masyarakat. Terlebih lagi, dari delapan juta wirausaha di Indonesia, yang dikembangkan oleh pemuda hanya kurang dari 10%nya.

Baca juga: Info Events yang cocok buatmu

Mengutip dari Dhienda, jumlah pengangguran dengan tingkat pendidikan SMK sangat banyak, padahal kejuruan seharusnya menjadi pilar wirausaha. Selain itu, terdapat peningkatan jumlah pengangguran di desa, yang menandakan perlu diadakannya program kewirausahaan kerakyatan yang sesuai kebutuhan penduduk pedesaan, seperti pertanian dan kelautan.

dkn indo
Sumber: Dok. Kinibisa

Contoh produk yang diangkat misalnya dari DKN Jawa Barat ada JENAKA, produk filtrasi air yang dapat membuat air tercemar di bantar gebang menjadi siap minum. Di DKN Lampung, masalah mati lampu yang dialami setiap harinya akan dapat diselesaikan dengan produk Listriku.id yang menghemat penggunaan listrik. DKN juga merangkul pemuda desa dengan sosialisasi aplikasi nyayur.id, seperti di DKN NTT, agar dapat memangkas rantai para petani muda dengan konsumen. Anggota DKN, Imam Pesu, merupakan penemu produk tersebut.

DKN percaya, kembalinya tren greenjobs atau pekerjaan yang berhubungan dengan pertanian dan pangan, serta pengadaan wirausaha di bidang ESDM dan SDA sangat mendorong performa Indonesia dalam pencapaian Target Pembangunan Berkelanjutan dalam kancah global, apalagi dengan dukungan Bappenas dan direktorat SDG Indonesia.


Keywords: #IDEATES #DKNIndonesia #Kemerdekaan #Ekonomi #Rengasdengklok

0 Comments