span 1 span 2 span 2

News

Data Scientist: Mengenal Apa Itu Profesi Ilmuwan Data
Oleh : Barlyant Vici Wijaya
02 Juli 2019
Dibaca Normal 2 Menit

News Overview

Saat ini, profesi Data Scientist atau bahasa Indonesianya adalah Ilmuwan Data sedang banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan luar negeri maupun dalam negeri. Dulu, 10 sampai 15 tahun yang lalu, profesi Data Scientist kurang familiar. Seiring perkembangnya dunia digital, pekerjaan Ilmuan Data mulai banyak dicari oleh perusahaan. Lalu apa itu pekerjaan Ilmuwan Data? Seberapa menjanjikannya pekerjaan tersebut dimasa depan? Simak ulasannya sebagai berikut:


Apa Itu Data Scientist?
 

oke
Sumber: kdnuggets.com

Data Scientist atau Ilmuwan Data adalah profesi yang berkaitan dengan fokus teknologi informasi, dengan mengumpulkan setiap data yang dibutuhkan oleh perusahaan tempat mereka bekerja, mengolah data, dan menganalisa data untuk menghasilkan sebuah informasi baru dari data yang sudah dikumpulkan tersebut. 

Biasanya data yang sudah terkumpul digunakan sebagai langkah untuk mengambil sebuah keputusan perusahaan. Data yang dikumpulkan biasanya berjumlah besar maupun kecil, baik itu terstruktur dan juga tidak terstruktur.

Pekerjaan Yang Dilakukan
 

fix
Sumber: smartdatacollective.com

Data is the King, content is the Queen begitulah analogi yang tepat untuk pekerjaan dibidang digital saat ini. Seorang ilmuwan data bekerja untuk memberikan saran berdasarkan hasil data yang sudah dianalisis, bekerja mengidentifikasi serta memprioritaskan permasalahan yang harus segera diselesaikan, dan melakukan riset data dari berbagai sumber untuk mendapatkan sebuah inovasi. Tujuannya adalah untuk membantu meningkatkan pelayanan klien perusahaan.

Baca juga: Kenali Perbedaan Psikologi Sosiologi dan Antropologi

Kemampuaan Yang Dibutuhkan
 

job
Sumber: janbasktraining.com

Seorang yang bekerja sebagai Ilmuwan Data harus menguasai Ilmu Matematika, mempunyai keahlian pada bidang statistik, dan keahlian dalam bidang Ilmu Komputer seperti programming, systems development, dan software engineering. Selain itu, seorang Ilmuan Data juga harus mempunyai pengetahuan dasar dalam bidang ekonomi seperti manajemen, marketing, bisnis, dan finansial.

Seluruh keahlian itu semua harus ada pada diri seorang calon Data Scientist, tapi kalian jangan berkecil hati dulu. Ilmu yang kalian kuasai tidak perlu harus expert, yang penting kalian sudah pernah berpengalaman dibidang itu. Expert atau tidaknya kalian, perusahaan tempat kalian bekerja pasti akan develop diri kalian.

Jurusan Yang Berkaitan
 

Memang jurusan yang kalian ambil saat dibangku kuliah tidak menentukan kalian akan bekerja sesuai atau tidaknya dengan pekerjaan kalian nanti. Karena dengan adanya internet, semua dapat kalian pelajari asalkan ada kemauan dari diri kalian. 

Baca juga: Kampus Jurusan Farmasi Terbaik di Indonesia

Namun dari jurusan yang sudah kalian ambil, pasti kalian ada rasa keinginan untuk bekerja sesuai dengan jurusan yang kalian ambil tersebut. Jurusan yang berkaitan bila kalian ingin menjadi seorang Data Scientist adalah jurusan Ilmu Matematika, Statistika, Ilmu Komputer, dan Teknik Informatika.


Itu dia profesi dari seorang Data Scientist atau Ilmuwan Data. Bila kalian memang tertarik dengan profesi ini, kalian bisa mengambil jurusan yang terkait dengan prospek kerja Data Scientist. Apabila kalian sudah berkuliah di luar jurusan yang tidak berkaitan dengan Data Scientist namun kalian ingin menjadi seorang Data Scientist, kalian bisa belajar menggunakan bahan-bahan yang tersedia di internet.

0 Comments