span 1 span 2 span 2

News

Dampak dari Kemarau Panjang
Oleh : Halimah Nusyirwan
23 September 2019
Dibaca Normal 3 Menit

News Overview

Panjangnya musim kemarau di Indonesia mulai meresahkan banyak pihak, terutama masyarakat. Teriknya cuaca dengan udara yang panas tentu tidak baik untuk banyak orang, tumbuhan, maupun hewan. Hal ini dikarenakan banyaknya kerugian dan penyakit yang bisa terjadi akibat kemarau panjang. Berikut ini tiga dampak yang harus diwaspadai dari musim kemarau yang panjang di tanah air.


Kebakaran

Musim kemarau identik dengan cuaca panas dan matahari yang menyengat. Hal-hal tersebut dapat memicu kebakaran, terutama ketika ada orang yang membuang puntung rokok dengan sembarangan. Rokok yang masih hidup memiliki api yang jika terkena bahan atau sesuatu yang gampang terbakar, seperti tumbuhan, akan memicu adanya kebakaran besar.

Kebakaran tersebut akan susah dihentikan karena sifat api yang cepat menyambar. Terlebih lagi, musim kemarau yang tidak ada hujannya hanya akan semakin memperlambat proses pemadaman tersebut.

Kekeringan Air

Musim kemarau adalah musim kekeringan. Panas matahari yang tak kunjung berhenti dan hilangnya hujan pada musim ini hanya akan menghilangkan kandungan air di tanah hingga tanah pun akan kekeringan dan retak.

Jika sudah seperti ini, masyarakat akan kesusahan dalam mencari sumber mata air yang sangat penting untuk keberlangsungan hidup sehari-harinya. Selain itu, para petani dan pemilik kebun akan kesusahan untuk panen karena minimnya ketersediaan air yang diperlukan.

Baca juga: Dampak Kebakaran Hutan yang Harus Diketahui

Heat Stroke

Musim kemarau sudah pasti erat kaitannya dengan musim panas. Suhu panas atau cuaca panas yang melanda akan membawa berbagai penyakit, salah satunya adalah heat stroke. Terpapar sinar matahari yang menyengat dan terlalu terik dapat membuat seseorang ataupun hewan menjadi dehidrasi sehingga mengalami heat stroke.

Heat stroke terjadi bila penderita terlalu lama berdiri di bawah matahari dan kekurangan cairan, lalu ia mulai kecapean hingga pingsan yang dapat berujung pada keadaan gawat darurat yang mengancam nyawa.


Musim kemarau yang kini melanda Indonesia dianggap sudah terlalu lama. Masyarakat banyak yang mulai kekurangan air dan sakit akibat musim tersebut. Tak hanya manusia, hewan pun mulai banyak yang terancam akibat musim ini. Maka dari itu, perlu diketahui dampak-dampak apa saja yang ada ketika kemarau panjang agar kalian bisa mempersiapkan diri dalam melewati musim kemarau.

0 Comments