span 1 span 2 span 2

News

Dampak dari Kebakaran Hutan yang Harus Diketahui
Oleh : Barlyant Vici Wijaya
29 Juli 2019
Dibaca Normal 2 Menit

News Overview

Saat musim kemarau tiba, wilayah Indonesia sering sekali terjadi kebakaran karena munculnya beberapa titik api di hutan sehingga menyebabkan kebakaran. Dan hampir setiap tahunnya, wilayah hutan yang ada di Indonesia selalu berkurang karena kebakaran hutan.

Lalu dampak apa saja yang ditimbulkan dari adanya kebakaran hutan tersebut?


Rusaknya Ekosistem
 

Terbakarnya hutan dapat menyebabkan rusaknya ekosistem. Hutan berperan sebagai penyeimbang ekosistem antara tumbuhan, hewan, dan juga manusia. Pepohonan yang ada di hutan dapat berfungsi sebagai rumah untuk hewan-hewan, hingga berfungsi untuk mengurangi polusi udara dan menyimpan cadangan air. 

Menyebabkan Penyakit Serius
 

paru-paru
Sumber: grid.id

Tidak hanya kematian pada hewan dan tumbuhan. Asap yang ditimbulkan dari kebakaran hutan juga dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, seperti Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA), Asma, Penyakit Paru Obstruktif Kronik, Penyakit Jantung, iritasi pada mata, tenggorokan, dan hidung.

Mengganggu Jarak Pandang
 

jarak pandan
Sumber: kordanews.com

Asap yang ditimbulkan dari kebakaran hutan juga dapat mengganggu jarak pandang, khususnya untuk transportasi udara seperti pesawat. Kabut asap juga dapat mengakibatkan masyarakat disekitar lokasi kekurangan sinar matahari karena terhalang oleh asap kebakaran tersebut.

Baca juga: Tips Menghadapi Polusi Udara Jakarta

Perubahan Iklim
 

perubahan iklim
Sumber: tstatic.net

Kabut asap dan karbon dioksida yang dihasilkan dari adanya kebakaran hutan, nyatanya dapat memperburuk pemanasan global. Karbon dioksida dari hasil kebakaran hutan akan sulit diserap karena terbakarnya pohon-pohon hutan tersebut. 

JIka kebakaran hutan terjadi secara besar-besaran, pemanasan global dan perubahan iklim secara gamblang akan terjadi di negara empat musim yang mana itu akan menyulitkan makhluk hidup di dalamnya.

Kamu tipe introvert apa extrovert? yuk tes minat bakat di kinibisa

Menurunnya Kualitas Air
 

Hutan merupakan tempat sumber mata air dan tempat cadangan penyimpanan air. Jika hutan terbakar, makan pohon-pohon yang mati sudah tidak bisa meyimpang cadangan air di dalam tanah lagi, kualitas air akan menurun drastis, dan cepat atau lambat akan menimbulkan kekeringan saat musim kemarau tiba.


Buruknya dampak yang ditimbulkan dari adanya kebakaran hutan seharusnya menjadi perhatian utama bagi manusia; bagaimana hutan dijaga dan harus dilindungi secara maksimal. Melindungi hutan sama saja sebagai melindungi kelangsungan hidup manusia itu sendiri.

0 Comments