span 1 span 2 span 2

News

Dampak Buruk dan Berbahaya dari Kebakaran Hutan
Oleh : Halimah Nusyirwan
20 September 2019
Dibaca Normal 3 Menit

News Overview

Terbakarnya hutan-hutan yang kini melanda Indonesia mungkin awalnya tidak terlihat sebagai suatu perkara yang darurat dan besar. Namun, kebakaran hutan tidak boleh dianggap sepele, khususnya untuk Indonesia yang salah satu hutannya merupakan paru-paru dunia dan memiliki flora dan fauna yang unik dan dilindungi dunia. Kebakaran hutan dapat membawa berbagai dampak buruk dan bahaya tak hanya bagi hewan-hewannya, namun juga untuk negara dan masyarakatnya. Berikut ini tiga dampak buruk akibat kebakaran hutan yang harus diwaspadai.  


Kabut Asap
 

kabut asap
Sumber: solopos.com

Besarnya dan lamanya lahan hutan yang terbakar akan berdampak pada munculnya kabut asap di udara. Jika hutan-hutan tersebut terus terbakar tanpa dilakukan penindakan yang cepat tanggap oleh pemerintah atau adanya hujan, maka kabut asap akan semakin tebal yang akhirnya dapat mengganggu jarak pandang orang-orang dan membahayakan kesehatan mereka.

Baca juga: Dampak Kebakaran Hutan yang Harus Diketahui

Kabut asap dapat menimbulkan berbagai penyakit pernafasan dan paru-paru, mengancam kesehatan bayi dan orang tua yang sudah renta dan tidak memiliki metabolisme tubuh yang kuat, serta mengganggu aktivitas masyarakat.

Berkurangnya Flora dan Fauna Milik Negara
 

kebakaran hutan
Sumber: beritagar.id

Hutan merupakan habitat asli bagi banyak flora dan fauna. Di Indonesia, banyak jenis-jenis flora dan fauna yang unik dan langka. Maka dari itu, banyak dari flora dan fauna tersebut yang dilindungi, baik oleh negara maupun organisasi dunia. Terbakarnya hutan tentu mengancam keberadaan mereka. Rusaknya lahan akibat kebakaran tersebut membakar flora-flora yang ada dan menghancurkan sumber makanan bagi berbagai fauna.

Hal ini tentu akan berdampak pada tidak seimbangnya ekosistem sehingga nantinya akan merembet ke berbagai hal lainnya. Fauna-fauna yang terjebak di hutan pun terancam karena kebakaran tersebut. Banyak dari mereka yang kehilangan rumah dan keluarganya, serta mati terbakar karena tidak sempat menyelamatkan diri dari kobaran api yang tidak kunjung hilang. 

Merugikan Negara dan Masyarakat
 

kebakaran hutan
Sumber: kompas.com

Kebakaran hutan yang terjadi di Indonesia mempengaruhi negara dan masyarakatnya. Banyak lahan dan hutan yang terbakar tentu akan merugikan pemerintah karena kerusakan yang signifikan. Selain itu, kebakaran ini juga mengganggu aktivitas sehari-hari masyarakat, baik yang bekerja dan sekolah, serta negara.

Baca juga: Kode Etik Jurnalisme

Jika sudah terganggu seperti ini, tentu akan menghambat dan berujung pada kerugian yang besar. Terlebih lagi, kebakaran hutan yang terjadi di Indonesia juga dapat berefek pada negara-negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapura.


Bencana kebakaran hutan yang saat ini sedang melanda Indonesia merupakan suatu persoalan yang sangat memprihatinkan dan berbahaya. Tak hanya memberikan dampak buruk pada kehidupan sehari-hari, kebakaran hutan juga mengganggu kesehatan masyarakat sekitar kebakaran dan juga hewan-hewan yang ada. Bantulah saudara-saudara dan kekayaan alam kita yang terkena bencana ini agar tidak terulang kembali kejadian yang sama. 

0 Comments