span 1 span 2 span 2

News

Calon Anak Kosan Wajib Tahu: Tips Sebelum Kamu Kuliah di Luar Kota
Oleh : Barlyant Vici Wijaya
21 Juni 2019
Dibaca Normal 2 Menit

News Overview

Siapa dari kalian yang sudah tidak sabar untuk merantau karena mendapatkan kuliah di luar kota? Atau kalian ada yang sedih mendapatkan kuliah di luar kota karena akan berpisah sementara dengan orang rumah? Siap gak siap, kalian harus siap ya!

Mungkin dari kalian masih ada yang bingung bagaimana pertama kali caranya untuk hidup mandiri, hidup jauh dari orang tua, tinggal bersebelahan kamar dengan orang asing, dan tidak ada sarapan pagi yang langsung tersedia di meja makan. Kalau iya, ini dia tips-tips sebelum kamu kuliah di luar kota.


Akumulasi Anggaran Pengeluaran Per Hari
 

uang
Sumber: futuready.com

Penting untuk kalian tahu bahwa uang saku kalian adalah tombak utama kalian untuk bertahan hidup. Tanpa adanya uang saku, kalian tidak akan bisa membeli makanan dan kebutuhan pribadi kalian. Bila kalian akan kuliah di luar kota yang mengharuskan kalian untuk ngekost, kalian wajib menghitung pengeluaran kalian setiap hari tanpa terkecuali, seperti biaya parkir, membeli cemilan, membeli alat tulis, donasi dan biaya lainnya yang tak terduga.

Kalian jangan lupa hitung dan catat karena ini semua akan berguna untuk menolong kalian di akhir bulan. Bila dirasa kalian terlalu sulit untuk mengatur uang saku bulanan kalian, kalian bisa negosiasi kepada orang tua kalian untuk mengirimkan uang saku setiap minggunya. Ini bisa meminimalisir keborosan dalam membelanjakan uang saku kalian.

Jangan Ragu Survei Tempat Makan
 
ex
Sumber: yourkidstable.com

 

Makanan adalah hasil faktor pengeluaran uang saku kalian. Bila di rumah, kalian tinggal ke dapur lalu mengambil makanan yang sudah tersedia di meja makan. Ini sangat bertolak belakang bila kalian ngekost karena membeli makanan akan menjadi rutinitas kalian. Jangan ragu untuk survei tempat makan ini bisa jadi guna memperkaya pengetahuan kalian dalam referensi tempat makan murah, mahal, enak, dan tidak enaknya makanan tersebut.

Baca juga: Perbedaan Psikologi Sosiologi dan Antropologi

Opsi lain untuk memperkecil pengeluaran uang saku kalian adalah dengan memasak makanan sendiri. Kalian bisa menyediakan rice cooker untuk memasak nasi sendiri supaya bisa menghemat pengeluaran kalian sebesar 15%.

Pilih Kosan Nyaman Versi Kalian
 

kosan
Sumber: furnizing.com

Faktor betah dan tidak betahnya kalian ketika hidup merantau adalah kosan. Pilihlah kosan yang nyaman berdasarkan versi kalian sendiri, bukan orang tua atau sahabat kalian karena kenyamanan itu relatif bagi semua orang. Tempat yang nyaman bagi orang tua kalian belum tentu nyaman bagi diri kalian sendiri. Maka dari itu, kenyamanan kosan berdasarkan versi kalian sendiri adalah faktor penting untuk kelangsungan hidup kalian.

Berteman Dengan Siapa Saja
 

teman
Sumber: ashwoodrecovery.com

Berteman memang harus dengan siapa saja, tapi kalian harus tahu batasannya. Maksudnya, dengan siapa kamu berteman itu akan membentuk siapa kalian di masa yang akan datang. Kalian harus bisa berteman dengan siapa saja, namun kalian juga harus bisa membatasi lingkaran pertemanan yang akan masuk ke dalam hidup kalian. Faktor pertemanan menjadi hal yang sangat berpengaruh terhadap cara kalian memperlakukan orang lain dan juga memperlakukan diri sendiri.


Itu dia tips bagi kalian yang akan berkuliah di luar kota. Ingat, tujuan kalian merantau adalah untuk kembali. Bila kalian sudah merantau jaga kepercayaan orang tua kalian untuk tidak khawatir dengan keberadaan kalian di sana. Berkuliahlah dengan sungguh-sungguh, sebagaimana kalian haus akan ilmu pengetahuan. Selamat merantau!

Baca juga: Info Beasiswa

0 Comments