span 1 span 2 span 2

News

Berbagai Makanan Khas Indonesia yang Mendunia
Oleh : Samy Farrasady
09 April 2019
Dibaca Normal 5 Menit

News Overview

Selain wisata alamnya yang mendunia, Indonesia juga terkenal dengan makanan khasnya lho. Makanan khas Indonesia yang kaya akan rempah-rempah ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara. Bahkan, sudah banyak makanan khas Indonesia yang diikutsertakan pada festival kuliner di berbagai penjuru dunia.

Hal ini menjadikan makanan khas Indonesia semakin dikenal oleh dunia. Cita rasa yang khas dari rempah-rempah asli Indonesia selalu membuat para penikmat makanan ingin mencicipinya lagi dan lagi, baik itu warga lokal maupun para wisatawan mancanegara. Mau tahu makanan khas Indonesia yang sudah terkenal dan menjadi favorit di belahan dunia?.


Berikut ini adalah makanan khas Indonesia yang sudah mendunia:

Sate
 

Sate Ayam
Sumber: unileversolutions.com

Makanan dengan ciri khas potongan kecil dari daging sapi atau ayam yang ditusuk-tusuk lalu dibakar ini memiliki cita rasa yang khas dengan bumbu rempah-rempahnya. Di Indonesia, sate biasanya disajikan dengan 2 varian sesuai dengan daerahnya, yaitu Sate Padang dan Sate Madura. Tidak hanya menjadi favorit warga lokal, sate ternyata sering diburu oleh para wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia. Bahkan, menu sate ini sudah banyak disajikan di restoran-restoran dunia. Sebut saja, Satay Junction restoran yang terletak di New York ini menjadikan sate sebagai menu utamanya.

Gudeg
 

Gudeg
Sumber: elfjogja.net

Yogyakarta memang terkenal akan cita rasa makanannya. Tidak heran bahwa salah satu makanan asal Negeri Keraton ini menjadi perwakilan makanan khas Indonesia yang mendunia. Makanan dari olahan nangka muda ini tampil dengan rasa manis alami karena dimasak dengan gula palem dan santan. Tidak hanya di Yogyakarta, kalian juga dapat mencicipi cita rasa gudeg asli Indonesia ini di sebuah rumah makan di kawasan Clayton Road, Melbourne, Australia.

Tempe
 

Tempe
Sumber: resepasia.com

Makanan dari olahan kacang kedelai ini ternyata sudah sering tampil di festival kuliner dunia lho. Tempe ini bisa dibilang makanan Indonesia yang paling sering dikombinasikan dengan berbagai rasa.

Walaupun memiliki tampilan yang sederhana, tempe ternyata menjadi salah satu makanan favorit masyarakat di dunia. Ada sebuah streetfood di London yang bernama Warung Tempeh yang menjadi favorit warga London dan bahkan di Jepang tempe juga sudah menjadi menu makanan favorit warga negeri sakura.

baca juga: 4 Destinasi Tempat Wisata di Lombok yang Wajib Dikunjungi

Rendang


Rendang
Sumber: lagizi.com

Cita rasa rendang memang sudah tidak perlu diragukan lagi, makanan khas Sumatera Barat ini sangat kaya akan bumbu rempah-rempah khas Indonesia. Kelezatan rendang ini sudah diakui oleh penjuru dunia. Makanan khas Sumatera Barat ini sudah masuk dalam jajaran 50 makanan dunia terlezat versi CNN yang diadakan di Jerman. Bahkan, rendang menempati posisi pertama lho.

Mie Instant


Mie Instant
Sumber: masakapaya.com

Olahan mie memang sudah banyak ditemukan di berbagai negara. Lain halnya dengan mie instant asal Indonesia. Salah satu produsen mie instant di Indonesia, yaitu Indomie sudah menyebarluaskan produknya di berbagai belahan dunia, seperti Amerika, Australia, dll. Salah satu tempat makan di Australia juga membuat inovasi makanan terbaru dengan berbahan dasar Indomie Goreng, yaitu donat rasa mie goreng.

Gado-Gado
 

Gado-Gado
Sumber: tstatic.net

Tidak mau kalah dengan makanan luar negeri, Gado-Gado ini salah satu makanan khas Indonesia yang sudah mendunia. Bahkan, disebut-sebut sebagai saladnya orang Indonesia karena Gado-Gado ini terbuat dari berbagai macam sayuran dan bumbu rempah-rempah khas Indonesia.

Pada tahun 2010, gado-gado pernah meraih juara pertama pada kontes lomba memasak internasional yang digelar di kota Napoli, Italia. Gado-gado mendapat juara pertama dalam hal estetika penyajian dan cita rasanya yang dinilai tinggi.

Sop Buntut
 

Sup Buntut
Sumber: dapursadewa.com

Sop Buntut adalah salah satu makanan terpopuler di Indonesia, setidaknya ada berbagai varian sop buntut di berbagai negara, seperti Korea, China, dan Amerika serikat yang memiliki ciri khas masing-masing dalam meracik sop buntut khas negaranya masing-masing.

Namun, Sop Buntut khas Indonesia menjadi yang terfavorit dengan potongan ekor sapi yang dibumbui lalu dibakar atau digoreng dan disajikan dengan kuah kaldu dengan kandungan rempah-rempah lokal Indonesia. Sop buntut Indonesia ini sudah mendunia lho. Bahkan, sop buntut khas Indonesia ini pernah disajikan di Kedutaan Besar Indonesia di Madrid, Spanyol dan menjadi makanan favorit disana.


Keragaman rempah di Indonesia, membuat makanan khas Indonesia semakin menggoda dan mempunyai cita rasa yang menarik. Dengan begitu, Indonesia pun jadi lebih dikenal di berbagai negara. Bagaimana? Jadi semakin bangga kan sama Indonesia. Apalagi, cita rasa masakan Indonesia sudah dikenal dunia. Proud to be Indonesian.

0 Comments