span 1 span 2 span 2

News

Bahaya Asap Rokok Bagi Manusia
Oleh : Halimah Nusyirwan
10 September 2019
Dibaca Normal 3 Menit

News Overview

Maraknya iklan dan campaign mengenai bahaya rokok masih kurang bisa mengurangi persentase perokok di Indonesia. Banyak perokok yang merasa bahwa rokok memberikan manfaat untuk mereka dan tidak membahayakan mereka, meskipun mereka mengakui bahwa ada juga orang yang mendapatkan penyakit dari rokok tersebut, namun tidak cukup banyak untuk membuat mereka sadar akan betapa bahayanya rokok untuk mereka.

Akan tetapi, tahukah kalian jika rokok lebih berbahaya bagi para perokok pasif? Mereka yang tidak merokok justru memiliki persentase kemungkinan terkena bahaya yang lebih tinggi daripada para perokok aktif dikarenakan asap rokok yang mereka hirup. Lalu, seberapa bahaya asap rokok untuk manusia?


Kanker Paru-Paru
 

paru-paru
Sumber: medkomtek.com

Penyakit yang satu ini merupakan penyakit paling berbahaya yang bisa terjadi pada perokok pasif. Mereka yang menjadi perokok pasif memiliki peluang untuk terkena penyakit ini 20-30% lebih besar daripada perokok aktif. Hal ini dikarenakan asap rokok yang mereka hirup memiliki bahan berbahaya yang lebih banyak karena asap tersebut merupakan hasil buangan atau ampas dari rokok itu sendiri. Maka dari itu, asap yang dihirup sudah dipastikan memiliki kandungan yang bisa menyebabkan kanker paru-paru. 

Asma
 

Asma merupakan penyakit yang paling sering terjadi pada perokok pasif. Jika terlalu sering atau lama menghirup asap dari perokok aktif, asap tersebut bisa menyebabkan sesak nafas hingga asma. Asap tersebut masuk ke dalam pernafasan dan mengganggu sistem pernafasan itu sendiri karena kurangnya oksigen dan udara bersih yang dibutuhkan oleh tubuh.

Komplikasi Pada Ibu Hamil
 

hamil
Sumber: pexels.com

Asap rokok juga sangat berbahaya bagi ibu hamil. Zat kimia yang ada di asap rokok dapat menyebabkan keguguran, kekurangan berat badan, dan yang paling berbahaya adalah bayi lahir prematur atau bayi lahir dalam kondisi meninggal. Maka dari itu, untuk para ibu hamil sangat disarankan untuk menghindari asap rokok selama kehamilannya.

Serangan Jantung
 

Tersumbatnya aliran darah akibat arteri yang mengeras atau lengket akibat asap rokok yang dihirup dapat menyebabkan serangan jantung, yang biasanya dikenal dengan nama aterosklerosis. Hal ini disebabkan oleh zat kimia dari asap rokok yang menempel dan menebal di dinding arteri. Mengerasnya pembuluh darah menyebabkan penyempitan yang menghalangi jalur aliran darah itu sendiri sehingga membahayakan kondisi penderitanya.

Rusaknya Kesehatan Anak
 

anak sakit
Sumber: pexels.com

Anak-anak , terutama bayi, merupakan individu yang paling rentan dengan asap rokok. Kondisi mereka yang masih dalam masa pertumbuhan akan terancam akibat terhirupnya asap rokok ke dalam tubuh mereka. Anak-anak dan bayi akan terserang berbagai penyakit, seperti asma, meningitis, alergi, pneumonia, bronkitis, infeksi telinga, sindrom kematian bayi mendadak, dan rendahnya sistem kekebalan tubuh yang membuat mereka gampang untuk jatuh sakit.


Jika melihat banyaknya dampak buruk dari asap rokok, ada baiknya jika perokok aktif mulai mengurangi aktivitas merokoknya atau bahkan menghentikannya untuk kebaikan diri sendiri dan orang-orang disekitarnya. Menjadi perokok aktif pastinya juga memiliki resiko untuk mengalami semua penyakit di atas, namun orang-orang tersayang yang ada di sekitar memiliki kesempatan lebih besar untuk menjadi korban dari asap rokok para perokok aktif tersebut. Mulailah hidup sehat untuk kebaikan diri dan orang-orang yang kalian sayangi. 

0 Comments