span 1 span 2 span 2

News

Ayo jadi Sociopreneur, Indonesia butuh kamu!
Oleh : Pradhana Abhimantra, S.IP. (Co-Founder Kinibisa)
07 Oktober 2019
Dibaca Normal 5 Menit

News Overview


Sumber: miro.medium.com

Pernah nggak sih kamu kebingungan, seolah rasanya berbenturan antara cita-cita mulia dalam dirimu buat bisa berdampak sosial secara luas dan bermanfaat untuk banyak orang, dengan rasa perlu berfokus mencari uang demi menopang kebutuhan hidupmu? Jangan pusing, berwirausaha sosial bisa jadi solusi buat kamu!

Berwirausaha sosial adalah perkara keberanian bermimpi lebih tinggi. Antara menghasilkan uang dan berdampak sosial, ya, kamu bisa memilih salah satunya. Tapi jangan salah, kamu pun bisa memilih untuk melakukan keduanya sekaligus.

Berani kah kamu bermimpi lebih tinggi: menghasilkan banyak uang, sekaligus berdampak sosial menebar manfaat secara luas? Berani jadi sociopreneur?


Apa sih Sociopreneur itu?
 


Sumber: u24.ru

Singkatnya, dengan menjadi sociopreneur berarti kamu memutuskan untuk membangun suatu entitas bisnis yang punya tujuan untuk berdampak sosial dengan cara menciptakan solusi terhadap problema nyata yang terjadi di masyarakat. Sociopreneur, adalah orang-orang yang peka dan berkepedulian tinggi sehingga mampu mengidentifikasi apa permasalahan yang ada di masyarakat, mengenai apa yang mereka butuhkan, dan berusaha mengatasinya.

Harus Menghasilkan Uang
 


Sumber: mediaindonesia.com

Menjadi sociopreneur berarti kamu meyakini bahwa untuk menopang upayamu mewujudkan tujuan sosialmu, cara terbaiknya adalah dengan mengandalkan keuntungan dari business model dari usaha yang dijalankan.

Baca juga: Sekolah Bisnis Terbaik di Indonesia

Bisa dikatakan, sociopreneur adalah orang-orang berjiwa mulia yang inovatif, yang memilih menginvestasikan hati, pikiran dan tenaganya untuk menyelesaikan suatu permasalahan bersama, ditopang melalui profit bisnis yang mereka jalankan. Mereka mengkombinasikan otak pebisnis dengan ketulusan hati seorang pekerja sosial.

Menjalankan sociopreneurship berarti harus menghasilkan uang, kenapa? Karena kalau tidak, maka tidak akan bisa membiayai dan mempertahankan kegiatannya.

Sociopreneurship, Untuk Siapa Saja?
 


Sumber: marketplus.co.id

Sociopreneurship adalah suatu jalan menuju kemajuan bukan hanya untuk diri sendiri tapi untuk banyak orang. Ini bukanlah jalan untuk melulu berpikir tentang keuntungan bagi diri sendiri, tapi ini juga bukan jalan bagi mereka yang menafikan pentingnya uang (dari pemasukan bisnis) sebagai “bensin” untuk mampu berdampak sosial dalam skala yang luas.

Untuk siapapun yang peduli dan ingin melihat masa depan yang lebih baik, dan percaya bisa mewujudkan itu melalui produknya, maka ini adalah jalanmu.

Harus Seimbang Sisi Sosial dan Komersil
 


Sumber: cloudfront.net

Hal yang penting dijaga sebagai seorang sociopreneur adalah keseimbangan antara misi sosial dan komersil. Social enterprise yang terlalu kekeuh dengan aspek sosialnya cenderung akan sulit tumbuh, tetap kecil, dan selalu kesulitan untuk bisa survive secara finansial. Sebaliknya, terlalu menekankan pada sisi komersil bisa saja akan membelokan dari misi yang dimilikinya, sehingga seolah menjadi jauh dari aspek sosial dari social enterprise tersebut.

Baca juga: Teknik Analisis Data Kuantitatif

Menyenangkan kah, Menjadi Seorang Sociopreneur?
 


Sumber: wordpress.com

Menjadi sociopreneur bisa menjadi sangat rewarding dan menyenangkan, karena kemungkinannya adalah kamu akan bisa secara konstan melihat bagaimana efek positif dari yang kamu kerjakan, dan bagaimana banyak orang terbantu karenanya. Mendapati orang yang tak kamu kenal, mengetahui produkmu, dan menceritakan bagaimana hidupnya terbantu karenanya adalah validasi bahwa kamu telah berhasil membawa kebaikan, dan tentunya itu menyenangkan untuk diketahui bukan?

Semangatmu akan terus terbakar tidak semata karena keinginan untuk sukses menghasilkan uang, tapi juga karena keinginan kuat untuk membuat perbedaan dan membawa kebaikan untuk banyak orang. Tujuan membawa perubahan itu lah yang menjadi arah bersama kamu dan tim. Ketika kebermanfaatan itu terasa nyata secara luas, tentu ini akan menjadi “bensin” yang mengobarkan api semangat seluruh tim untuk melaju lebih jauh, mengupayakan dampak lebih luas lagi.

Kenapa Harus Jadi Sociopreneur?
 


Sumber: digination.id

Banyak sekali ruang untuk perbaikan, dan masalah nyata yang perlu diatasi di Indonesia. Semua ini bukan hanya semata tugas pemerintah. Kita pun bisa turut andil, dan bawa kemajuan untuk negeri tercinta.

Masih sedikit entrepreneur berjiwa sosial. Sejauh ini dampak sosial memang turut diusahakan agar lahir dari kalangan pengusaha, yakni melalui kewajiban Corporate Social Responsibility (CSR). Tentu setiap dampak sosial yang lahir darinya patut diapresiasi, namun kemajuan akan lebih cepat dicapai kalau dampak sosial lahir dari kita yang memang peduli dan tulus dalam tujuan membawa perubahan, bukan hadir semata sebab “keterpaksaan” atas tuntutan Undang-undang.

Sosok sociopreneur dapat berperan penting di Indonesia yang masih tergolong sebagai negara berkembang sehingga kemajuannya jangan sampai diharapkan hanya dari pemerintah, namun juga dari kalangan pengusaha.

Social entrepreneurship ini penting, karena menyediakan suatu framework terhadap bisnis untuk bisa sukses, sembari menolong orang banyak. Kebermanfaatannya yang paling utama diantaranya adalah membuka lapangan kerja, memberikan inovasi dan kreasi dalam menawarkan solusi masalah sosial, dan peningkatan kesetaraan.

Melalui social entrepreneurship ini, para pelaku bisnis tidak hanya mementingkan dan memupuk kekayaan untuk diri sendiri dan keluarganya saja. Namun diharapkan juga dapat berkontribusi dalam pemerataan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.


Berani Jadi Sociopreneur?
 


Sumber: jurusanku.com

Harapan selalu ada untuk siapapun yg berani bermimpi, bijak berpikir, mau terus belajar dan keras dalam usahanya. Ya, kamu bisa menghasilkan uang sekaligus membawa kebaikan untuk banyak orang, yakni dengan menjadi sociopreneur. Kalau kamu punya dorongan, kemauan, dan rencana yang memang bisa untuk menyelesaikan suatu permasalahan di masyarakat, mungkin ini adalah jalan penuh tantangan yang bakalan seru dan tepat untuk kamu jalani. Tapi, sebelum buru-buru memulai ada baiknya kamu tanyakan dulu pertanyaan-pertanyaan ini pada dirimu sendiri.

0 Comments