span 1 span 2 span 2

News

Apa sih Bidikmisi itu?
Oleh : Barlyant Vici Wijaya
15 Oktober 2019
Dibaca Normal 2 Menit

News Overview

bidikimisiSumber: blogspot.com

Mungkin masih ada beberapa diantara kalian yang masih belum mengetahui Bidikmisi itu apa sih? Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah Republik Indonesia yang dilaksanakan melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Bidikmisi merupakan pembebasan dari keseluruhan biaya pendidikan, baik itu uang pangkal ataupun biaya pendidikan bulanan. Penerima Bidikmisi juga menerima uang saku setiap 6 bulan sekali. Selain itu, pemberian Bidikmisi sendiri dilakukan tidak kepada sembarang orang, dan berikut adalah persyaratan dari Bidikmisi:


 Siswa dan Mahasiswa
 

siswa
Sumber: 
rumahbelajardaniel.id

Pemberian Bidikmisi dilakukan kepada mereka yang masih berstastus sebagai pelajar, termasuk mahasiswa sampai jenjang S1. Bidikmisi diberikan kepada mereka yang kurang beruntung dalam hal keuangan untuk menempuh pendidikan, namun dengan syarat mereka harus mempunyai prestasi akademik dan non akademik yang unggul.

Adanya Batasan
 

Sumber: fccunion.org

Jika kalian ingin mendaftarkan diri kalian untuk menerima Bidikmisi, batas umur kalian bisa mendaftar Bidikmisi adalah umur 21 tahun. Selain itu kalian juga harus memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau siswa penerima Basiswa Siswa Miskin (BSM), dan pendidikan orang tua atau wali setinggi-tingginya adalah jenjang S1 atau D4.

Baca juga: Tips Wawancara Beasiswa LPDP

PTN dan PTS
 

ptn swasta
Sumber: 
kompasiana.com

Kalian yang ingin mendaftarkan diri sebagai penerima Bidikmisi untuk jenjang pendidikan tinggi. Kalian bisa memilih kampus PTN dan PTS dengan persyaratan PTS harus sesuai dengan pilihan seleksi masuk.

Pendapatan Orang Tua atau Wali
 

gaji
Sumber: 
azureedge.net

Adapun pendapatan orang tua atau wali harus maksimal Rp3.000.000 perbulan, itu pun harus pendapatan kotor gabungan (suami dan istri). Namun bisa juga pendapatan kotor gabungan (suami dan istri) dengan dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp750.000 setiap bulannya.

Baca juga: Tips Mendapatkan Beasiswa


Bidikmisi memang diperuntukkan untuk mereka yang datang dari kalangan kurang beruntung dalam hal keuangan, namun selalu berusaha sebaik-baiknya untuk mengubah nasib keluarga. 

0 Comments