span 1 span 2 span 2

News

Apa Bedanya Content Creator dengan Vlogger?
Oleh : Barlyant Vici Wijaya
05 September 2019
Dibaca Normal 2 Menit

News Overview

CC VS VLOG
Sumber: travelwirenews.com

Serupa tapi tak sama, Content Creator dan Vlogger adalah profesi yang sedang naik daun di era teknologi digital yang semakin hari semakin canggih. Popularitas di dunia maya seakan menjadi standar kesuksesan bagi sebagian banyak orang. Lalu apa perbedaan dari Content Creator dan Vlogger? Berikut penjelasannya:


 Content Creator
 

Content CreatorSumber: research.adobe.com

Content Creator atau bahasa Indonesianya adalah Pembuat Konten adalah seorang yang memproduksi konten baik berupa video, suara, tulisan, gambar, dan beberapa gabungan dari dua atau lebih materi. Konten-konten tersebut biasa dibuat untuk keperluan media seperti Youtube, Website, Instagram, Blogger, Wordpress dan exposure diri lainnya di dunia digital.

Tugas seorang Content Creator antara lain adalah mengeumpulkan ide-ide, berpikir kreatif, melakukan riset mendalam serta membuat konsep untuk menghasilkan suatu konten yang layak untuk ditampilkan kepada publik. Content Creator juga diharuskan untuk bisa menghasilkan konten sesuai identitas perusahaan tempat mereka bekerja.

Baca juga: Info Prefesi Content Writer

Seorang Content Creator juga harus memiliki pengetahuan yang luas serta up to date terhadap budaya populer yang saat ini sedang hangat terjadi. Mengetahui tahapan produksi, publikasi, dan pengetahuan mengenai struktur bahasa serta komposisinya penting dimiliki oleh seorang Content Creator.

Vlogger
 

Vlogger
Sumber: kajabi

Vlogger sendiri berasal dari kata ‘Vlog’ atau Video Log, ini hampir mirip dengan Blog yang merupakan singkatan dari Web Log sebagai aplikasi berbagi tulis pertama di Internet yang bernama Blogger.

Jika Blog hanya menghasilkan konten tulisan dan gambar yang akan menghasilkan sebuah artikel. Maka berbeda dengan Vlog yang menghasilkan sebuah visual gambar bergerak, gambar diam, serta kumpulan teks, dan juga audio.

Baca juga: Penulisan kalimat SPOK yang benar

Vlogger sendiri biasanya menghasilkan video berupa hiburan seperti dokumentasi perjalanan, bermusik, animasi, review makanan, review gadget dan lain sebagainya yang menghasilkan video.

Aktivitas berbagi konten Vlog secara online biasa disebut sebagai Vlogging, dan dari aktivitas Vlogging tersebut muncul istilah Vlogger sebagai seseorang yang membuat Vlog atau video.


Kesimpulannya adalah seorang Vlogger sudah pasti ia Content Creator, karena seorang Content Creator juga dapat menghasilkan video. Tetapi seorang Content Creator belum tentu disebut sebagai Vlogger, karena seorang Vlogger hanya menghasilkan video.

Bagaimana Kibiers sekarang sudah paham kan perbedaaan dari Content Creator dan Vlogger? Apakah kalian tertarik untuk menjadi salah satunya? 

0 Comments