span 1 span 2 span 2

News

8 Langkah Penting Agar Tidak Salah Pilih Jurusan
Oleh : Pradhana Abhimantra
17 Januari 2020
Dibaca Normal 4 Menit

News Overview

Apa tujuanmu
Sumber: moneycrashers.com

Pada kesempatan ini Kinibisa akan membahas mengenai apa saja langkah-langkah yang perlu kamu lakukan untuk bisa menentukan jurusan kuliah yang tepat. Sebelum menentukan jurusan kuliah sebaiknya terlebih dahulu kita tanyakan pada diri kita:

“Ke universitas mana saya harus mendaftar?”
“Karier apa yang nanti harus saya pilih?”
“Gelar apa yang akan bermanfaat untuk masa depan saya?”
“Apa dengan semua ini saya akan tetap bahagia di 10, 20 atau 50 tahun setelah ini? atau itu akan saya sesali?”


Pertanyaan-pertanyaan ini sangat penting untuk bisa menjawab pertanyaan mengenai jurusan apa yang nantinya harus kamu pilih. Sangat banyak sekali opsi jurusan yang bisa kamu pilih dan setiap universitas memberikan penawaran yang berbeda pula. Dalam menentukan pilihan, penting untuk berpikir jangka panjang. Inilah beberapa langkah yang yang perlu kamu lakukan.

1. Awali Dengan Menanyakan Pertanyaan yang Tepat
 

Future Goals
Sumber: careerconfidential.com

Jangan tanyakan diri kamu “jurusan apa yang harus saya pilih?”, karena pertanyaan yang benar untuk kamu tanyakan adalah “Jurusan apa yang tepat untuk saya?”

2. Jadikan Pilihanmu Memang Relevan Dengan Siapa Dirimu
 

Catat apa saja kemampuan yang kamu miliki, apa saja nilai-nilai yang kamu pegang dalam hidup, dan apa saja yang menjadi ketertarikan serta passion-mu.

3. Kenali Siapa Dirimu
 

saya siap
Sumber: embacareercoach.net

Hal yang penting untuk kamu lakukan sebelum memilih jurusan adalah untuk mengenal betul siapa dirimu. Di Kinibisa.com kamu bisa menggunakan fitur tes karakter untuk mengetahui seperti apa kepribadianmu dan Apakah pendidikan yang cocok untukmu juga jenjang juga karier yang baik untukmu. Contoh  apabila kamu bukanlah seorang yang merasa nyaman dengan perdebatan dan konflik maka ada baiknya menghindari jurusan-jurusan yang sarat dengan hal-hal tersebut seperti misalnya jurusan ilmu politik atau hukum dan sebagainya. Yuk coba cari tahu karakter mu dengan ikuti tesnya di link ini!

4. Pastikan Berpikir Panjang dan Kaitkan Akan Bagaimana Selepas Lulus Nanti
 
  1. Jurusan yang dipilih biasanya akan berpengaruh pada pekerjaan apa yang mungkin kamu lakukan di masa depan. Apakah kamu masih akan menikmati pekerjaan tersebut sampai 20 tahun atau 40 tahun kedepan?
  2. Apakah menjadi lulusan dari jurusan tersebut mudah untuk mendapatkan pekerjaan? Atau jangan-jangan, pekerjaan yang kamu inginkan tidak akan tersedia lagi 10 tahun ke depan misalnya karena tergantikan peranan teknologi.
  3. Apakah pekerjaan itu nantinya akan cukup sumber nafkah hidupmu?
5. Pilihlah Kampus Dengan Benar
 

Sebagai contoh, misalkan kamu hendak mengambil jurusan komunikasi, maka cari tahu terlebih dahulu mana sih kampus favorit untuk program studi itu, karena nama besar Universitas semata belum tentu menjanjikan kualitas pendidikan yang terbaik pada program studi tersebut. Setiap universitas memiliki jurusan-jurusan “jagoan”nya masing-masing, untuk itu penting melakukan riset ya!

Salah satu tips mengetahui bahwa suatu jurusan adalah jurusan favorit yang tersedia di Universitas sederhananya adalah dengan membandingkan seberapa banyak peminat (pendaftar) jurusan tersebut dengan jumlah kuota yang ditawarkan.

6. Minta Bantuan
 

Langkah konkrit lainnya yang dapat kamu lakukan adalah menemui college dan career advisors, mereka sangat berpengalaman dan dapat memberikan kamu masukan mengenai pendidikan maupun jenjang karier yang perlu kamu tempuh untuk menggapai cita-citamu. 

Jangan lupa juga untuk berdiskusi dengan orang tua ataupun teman-teman dekatmu karena kemungkinan merekalah yang paling mengerti kamu, dan barangkali bisa memberikan masukan yang tidak terpikirkan sebelumnya olehmu.

7. Awas Terhadap Segala Risiko
 

welcome future
Sumber: miro.medium.com

Sebagai contoh, jenis-jenis pekerjaan dari beberapa jurusan tertentu mengharuskan kamu untuk sering berpergian ke berbagai tempat berbeda. Tanyakan pada dirimu, misalnya:

“Apakah ini ideal untuk mu dalam konsep berumah tangga yang ingin kamu jalani kedepannya?
“Apakah ini akan menjadi kesulitan ketika kamu sudah memiliki anak nantinya?

8. Lihat Reputasi Kampus
 

Dalam menentukan jurusan juga penting bahwa kamu melihat reputasi dari universitas yang kamu akan daftarkan Apakah mereka memiliki jejaring alumni yang yang bagus? Apakah para alumninya sukses menempati pos-pos pekerjaan yang kamu cita-citakan? Bila iya, mungkin itu adalah universitas yang tepat untuk mu dan karier yang akan kamu tempuh ke depannya.


Kurang lebih itulah beberapa apa tips yang bisa kamu lakukan. Sebagai kesimpulan: Pertama, kategorikan jurusan-jurusan berdasarkan kecocokannya terhadap kemampuanmu, nilai-nilai hidupmu, serta ketertarikan dan passion-mu. Kedua, pilihlah jurusan yang yang menjamin masa depanmu. Ketiga, jangan lupa minta bantuan dari pihak-pihak lain untuk memudahkanmu mengambil keputusan yang terbaik. Semoga bermanfaat!

0 Comments