span 1 span 2 span 2

News

7 Hal yang Harus Dipertimbangkan Dalam Memilih Kampus
Oleh : Tim Kinibisa
06 Februari 2019
Dibaca Normal 3 Menit

News Overview

Saat bertanya tentang apa saja yang harus dipertimbangkan dalam memilih kampus, banyak calon mahasiswa yang tidak mengetahui harus memulai dari mana. Namun tidak perlu khawatir secara berlebihan, sebab tidak semua fakta menjadi penting untuk dipertimbangkan saat memilih perguruan tinggi

Pada pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan tentang 7 aspek penting saat akan memutuskan untuk memilih kampus.


Jurusan yang Dipilih
 

Major
Sumber: msecnd.net

Jika Anda sudah mengetahui jurusan yang akan dituju, maka pekerjaan selanjutnya akan semakin mudah. Anda bisa mempersempit daftar perguruan tinggi potensial dengan melihat apakah tersedia jurusan yang diinginkan. Jangan lupa untuk mempertimbangkan perguruan tinggi yang tidak hanya menawarkan jurusan yang diinginkan saja, tetapi juga memiliki keunggulan dalam program khusus untuk jurusan Anda.

Dimana Lokasinya?
 

location
Sumber: wustl.edu

Selanjutnya, Anda perlu mempertimbangkan lokasi perguruan tinggi yang akan dituju. Misalnya saja ingin berkuliah di kota lain dan jauh dari rumah, berkuliah di kota besar atau kota kecil, atau ingin berkuliah di kota yang sejuk atau panas.

Meskipun faktor yang satu ini bisa diabaikan, tetapi memilih lokasi belajar yang sesuai dengan keinginan akan membuat Anda merasa lebih nyaman.

Negeri VS Swasta
 

public vs private
Sumber: brightspotcdn.com

Perguruan tinggi negeri biasanya dibiayai oleh pemerintah, sedangkan perguruan tinggi swasta umumnya lebih kecil dalam hal populasi mahasiswanya. Atau Anda juga ingin mempertimbangkan untuk pergi berkuliah pada perguruan tinggi yang berafiliasi dengan agama. Hal yang penting untuk diingat adalah masing-masing perguruan tinggi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Tempat Tinggal yang Tersedia
 

akomodasi
Sumber: englishlanguagetrainers.co.uk

Sebagian besar perguruan tinggi biasanya menawarkan tempat tinggal yang bisa ditempati oleh mahasiswa, seperti rumah susun dan sejenisnya. Jika Anda tinggal di dalam lingkungan kampus, itu artinya jarak untuk berkuliah tidak terlalu jauh dan ini akan sangat menghemat biaya transportasi.

Jika pihak kampus tidak menyediakan tempat tinggal untuk mahasiswa, maka Anda harus mencari sendiri tempat tinggal selama berkuliah disana dan pastikan lingkungannya aman dan nyaman untuk belajar.

Kegiatan di Kampus yang Bisa Diikuti
 

aktivitas
Sumber: utexas.edu

Terus-menerus belajar dan memperhatikan dosen saat mengajar akan sangat membosankan. Oleh karena itu, Anda sangat membutuhkan aktivitas lain untuk menyegarkan pikiran. Ikut dalam organisasi atau tim olahraga di dalam kampus bisa menjadi pilihan yang sangat menyenangkan. Cari tahu apa yang disukai dan mulai menemukan apakah perguruan tinggi Anda menyediakannya. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa mengikuti pers mahasiswa, band, perkumpulan mahasiswa tertentu, kelompok paduan suara, dan radio kampus.

Biaya Kuliah yang Harus Dikeluarkan
 

finansial
Sumber: vsu.edu

Masuk ke perguruan tinggi membutuhkan biaya yang mahal dan ini harus dipertimbangkan dengan baik. Jika orang tua Anda tidak mampu untuk membiayai perkuliahan, maka carilah informasi tentang beasiswa atau peluang kerja paruh waktu selama berkuliah disana.

Tipsnya seperti ini, saat Anda melihat biaya perkuliahan sangat mahal, maka cara tahu apa saja yang didapatkan dengan biaya tersebut. Bisa jadi biaya kuliah yang mahal karena fasilitas dan kualitas guru disana sangat baik. Sebaliknya, saat Anda mendapatkan biaya kuliah rendah, maka mulailah mencari tahu apakah suatu saat biaya tersebut akan naik dan memberatkan.

Budaya
 

budaya
Sumber: nique.net

Budaya di dalam perguruan tinggi adalah faktor penting yang harus dipertimbangkan. Sebab budaya akan mempengaruhi seberapa cocok dan nyaman Anda selama berkuliah disana. Budaya yang dimaksudkan disini seperti masyarakat, bagaimana sifat umum dan cara mereka berhubungan dengan orang yang berbeda suku atau agama. Pertimbangkan juga toleransi di tempat Anda berkuliah.

Atau Anda juga mempertimbangkan budaya belajar yang lebih disiplin atau agamis. Dengan mengetahui budaya yang sesuai dengan kepribadian, maka jauh lebih mudah untuk menentukan perguruan tinggi yang akan dituju.


Dengan menerapkan 7 hal yang disampaikan di atas, Anda akan jauh lebih mudah dalam memilih kampus atau perguruan tinggi yang akan dituju. Hal yang perlu diingat adalah tidak semua kampus memiliki kesempurnaan. Anda harus mencari tahu apa saja kelebihan yang akan didapatkan dan juga kekurangan kampus tersebut.

Kami berharap panduan di atas bisa memberikan manfaat bagi calon mahasiswa yang sedang bingung menentukan tempat kuliah.

0 Comments