span 1 span 2 span 2

News

5 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia
Oleh : Tim Kinibisa
06 Desember 2018
Dibaca Normal 3 Menit

News Overview

Tidak semua calon mahasiswa berhasil masuk PTN yang diinginkan. Saat hal ini terjadi masuk ke PTS menjadi pilihan yang selanjutnya. Jangan beranggapan bahwa PTS memiliki kualitas yang buruk dibandingkan dengan PTN. Sebab, ada banyak sekali PTS di Indonesia memiliki kualitas yang lebih baik daripada PTN. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang daftar universitas swasta terbaik di Indonesia. Daftar yang akan dibahas berasal dari Webometric, UniRank, dan Kemenristekdikti.


Webometric memberikan penilaian berdasarkan Presence, Impact, Openness, dan Excellence. Presence adalah pernilaian berdasarkan jumlah halaman website universitas dan halaman dinamik yang ditangkap oleh Google. Impact adalah penilaian berdasarkan jumlah eksternal link yang diterima oleh website universitas dan tertangkap mesin pencarian. Openness adalah jumlah dokumen seperti Word dan PowerPoint yang terbuka dan berada di bawah domain website universitas. Terakhir ada Excellence yang merupakan artikel-artikel ilmiah publikasi perguruan tinggi yang terindeks di Scimago Institution Ranking dan Google Sholar.

Sedangkan UniRank memberikan penilaian berdasarkan akreditasi, memiliki program setidaknya 4 tahun untuk S1 dan memiliki program pascasarjana, dan memberikan format pembelajaran tatap muka.

Universitas Bina Nusantara
 

Binus
Sumber: binus.ac.id

Binus berlokasi di Jakarta, Bekasi, dan Tangerang yang mendapatkan peringkat 16 Webometrics dan 15 UniRank. Teknik Industri, Sistem Komputer, dan Teknik Sipil adalah beberapa contoh jurusan unggulan dari Binus.

Universitas Islam Indonesia Yogyakarta
 

UII
Sumber: uii.ac.id

Universitas yang berlokasi di Yogyakarta ini mendapatkan peringkat 20 Webometrics dan 25 UniRank. Jurusan unggulan antara lain Hukum, Ilmu Komunikasi, dan Pendidikan Kimia.

Universitas Kristen Petra
 

Universitas Kristen Petra
Sumber: kampusgw.com

Universitas Kristen Petra berlokasi di Surabaya dan menempati peringkat 31 Webometric dan 42 UniRank. Teknik Sipil, Ilmu Komunikasi, dan Teknik Informatika menjadi jurusan unggulan dari Universitas Kristen Petra.

baca juga: 5 Universitas Negeri Terbaik di Indonesia

Universitas Muhammadiyah Malang
 

UMM
Sumber: malang-guidance.com

Kampus UNMUH berlokasi di Malang dan mendapatkan peringkat 34 Webometrics dan 39 UniRank. Kedokteran, Teknik Informatika, dan Matematika adalah beberapa jurusan yang menjadi unggulan di UNMUH.

Universitas Kristen Satya Wacana
 

Universitas Kristen Satya Wacana
Sumber: tstatic.net

Berdasarkan data dari Webometric, Universitas Kristen Satya Wacana mendapatkan peringkat 23 dan 55 UniRank. Universitas yang berlokasi di Salatiga ini memiliki jurusan unggulan antara lain Akuntansi, Sistem Informasi, dan Ilmu Ekonomi.

5 Universitas Terbaik PTS Berdasarkan Kemenristekdikti

Komponen yang digunakan oleh Kemenristekdikti dalam membuat peringkat universitas adalah kualitas SDM, kelembagaan, kegiatan mahasiswa, dan kualitas inovasi. Kualitas SDM mencakup persentase jumlah dosen yang memiliki pendidikan S3, persentase jumlah lektor kepala dan guru besar, dan rasio mahasiswa terhadap dosen.

Selanjutnya ada kualitas kelembagaan yang mencakup akreditasi institusi dan prodi, jumlah program studi yang terakreditasi internasional, jumlah mahasiswa asing, dan kerjasama perguruan tinggi.

Terakhir adalah kualitas kegiatan kemahasiswaan yang mencakup kinerja kemahasiswaan dan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

  1. Universitas Islam Indonesia peringkat 29
  2.  Universitas Atma Jaya Jakarta peringkat 30
  3.  Universitas Telkom peringkat 33
  4.  Universitas Atma Jaya Yogyakarta peringkat 34
  5.  Universitas Katolik Parahyangan peringkat 35

Apakah Anda tertarik untuk masuk ke salah satu PTS terbaik yang telah dijelaskan di atas?

Kami berharap pembahasan di atas bisa memberikan inspirasi kepada Anda yang memiliki niat untuk bergabung ke salah satu PTS terbaik di Indonesia. Meskipun perguruan tinggi di atas memiliki status sebagai PTS bukan berarti kualitas pendidikan dan tenaga pengajar mereka buruk. Hal ini dibuktikan dengan beberapa contoh PTS di atas yang mampu mendapatkan peringkat lebih baik daripada PTN.

0 Comments