span 1 span 2 span 2

News

5 Universitas Negeri Terbaik di Indonesia
Oleh : Tim Kinibisa
06 Februari 2019
Dibaca Normal 3 Menit

News Overview

Jika berbicara tentang universitas negeri terbaik di Indonesia terdapat banyak sumber yang bisa dilihat. Sehingga satu sumber informasi tidak bisa menjadi patokan pasti bahwa salah satu universitas lebih baik dari yang lainnya. Masing-masing lembaga yang memberikan peringkat terhadap universitas memiliki indikator yang berbeda untuk menentukan yang terbaik.

Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan tentang 5 universitas terbaik berdasarkan QS World University, Times Higher Education, dan Kemenristekdikti.


5 Universitas Negeri Terbaik Berdasarkan QS World University
 
Universitas Indonesia (UI)

UI menempati peringkat ke 277 dan menjadi universitas yang mampu mengalahkan University of South Australia yang berada di peringkat 279.

Institut Teknologi Bandung (ITB)

Institut yang berdiri pada tahun 1959 yang lalu ini mampu menempati peringkat 331 di dunia.

Universitas Gadjah Mada (UGM)

UGM berada pada peringkat 401-410 dunia pada tahun 2018 yang lalu.

Universitas Airlangga

Pada tahun 2018 yang lalu, universitas yang terletak di Surabaya ini berhasil menduduki peringkat 701-750 dunia.

Institut Pertanian Bogor (IPB)

Terakhir ada IPB yang berada pada peringkat 751-800 para tahun 2018.

baca juga: Hal yang Harus Dipertimbangkan Dalam Memilih Kampus

5 Universitas Terbaik Indonesia Versi Times Higher Education
 

The Times Higher Education telah merilis daftar universitas terbaik dari seluruh dunia untuk tahun 2019 dan melibatkan lebih dari 1.250 perguruan tinggi. Indikator yang digunakan oleh The Times Higher Education adalah pengajaran, riset, kutipan penelitian, rasio dosen/mahasiswa/kelas internasional, dan dampak terhadap industri/bisnis.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya ( ITS)

Peringkat 1001 +, dengan total nilai 9.8 - 18.9.

Universitas Gadjah Mada ( UGM)

Peringkat 1.001+, dengan total nilai 9.8 - 18.9

Institut Pertanian Bogor ( IPB)

Peringkat 1.001+, dengan total nilai 9.8 - 18.9.

Institut Teknologi Bandung ( ITB)

peringkat 801-1.000, dengan total nilai 19 - 25.9.

Universitas Indonesia ( UI)

Peringkat 601-800, dengan total nilai 26-33.4.

baca juga: 5 Jurusan Hukum Favorit di Indonesia

 

PTN Terbaik Versi Kemenristekdikti
 
Universitas Gadjah Mada

UGM berdiri pada 19 Desember 1949 dan telah memiliki 18 fakultas, 1 sekolah vokasi, dan 1 sekolah pascasarjana.

Institut Teknologi Bandung

ITB memiliki banyak prestasi yang diakui oleh dunia. Salah satunya adalah oleh QS World University yang menempatkan ITB di peringkat 51 dunia dan peringkat 8 di Asia sebagai perguruan tinggi di bidang Art and Design terbaik pada tahun 2017 yang lalu.

Institut Pertanian Bogor

Berdasarkan data dari Kemenristekdikti, IPB adalah PTN dengan peringkat ketiga terbaik di Indonesia. IPB adalah perguruan tinggi yang berfokus pada ilmu pertanian dan sangat cocok untuk Anda yang ingin menjadi ahli di bidang pertanian.

Universitas Indonesia

Universitas Indonesia melahirkan banyak tokoh-tokoh penting di dunia politik dan pemerintahan. Misalnya saja, Sri Mulyani (Mantan Direktur World Bank), Fahri Hamzah (Wakil Ketua DPR RI), dan Yusril Ihza Mahendra (Ahli Hukum Tata Negara).

Institut Teknologi Sepuluh November

Selanjutnya ada ITS yang merupakan perguruan tinggi yang berlokasi di Surabaya dan memiliki banyak prestasi yang membanggakan. Beberapa prestasi yang pernah diraih oleh ITS antara lain Juara Umum Indonesia Energy Marathon Challenge (IEMC) tahun 2014 lalu, Best Research Award pada Ristek-Kalbe Science Award (RKSA) 2014, dan lain sebagainya.

Meskipun masing-masing pihak memberikan peringkat yang berbeda-beda terhadap universitas di Indonesia. Hal yang pasti adalah UI, UGM, ITB, dan IPB menjadi beberapa perguruan tinggi yang pasti masuk 5 besar di Indonesia.


Apakah Anda tertarik untuk menjadi salah satu mahasiswa yang belajar disana?

Jika iya, maka mulailah mempersiapkan diri dari sekarang dan fokus terhadap tujuan. Mulailah menentukan jurusan yang sesuai dengan minat dan ketertarikan Anda dan mengikuti program belajar untuk mempersiapkan diri masuk ke salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Kami berharap informasi tentang 5 perguruan tinggi terbaik di Indonesia di atas bisa menginspirasi Anda saat akan menentukan tempat belajar lanjutan di masa depan.

0 Comments