span 1 span 2 span 2

News

5 Politeknik Terbaik di Indonesia
Oleh : Barlyant Vici Wijaya
17 Juli 2019
Dibaca Normal 3 Menit

News Overview

Penilaian terbaik atas institusi pendidikan dinilai dari akreditasi yang didapat oleh institusi lembaga tersebut. Akreditasi menjadi acuan bagaimana institusi pendidikan tersebut telah melaksanakan status dan perannya secara baik, hingga mencetak lulusan yang berguna untuk nusa dan bangsa.

Politeknik identik dengan vokasinya, mulai dari D1 hingga D4. Namun, rata-rata Politeknik yang ada di Indonesia lebih banyak membuka jenjang D3 dan D4 untuk jurusan yang ada. Berikut adalah 5 Politeknik terbaik yang ada di Indonesia:


Politeknik Elektronik Negeri Surabaya
 

PENS
Sumber: beritasatu.com

Politeknik Elektronik Negeri Surabaya atau biasa dikenal dengan sebutan PENS sudah berdiri sejak tahun 1988. PENS adalah satu-satunya politeknik di Indonesia yang mengkhususkan institusinya di bidang Teknik Elektro. 

Terkenal dengan keunggulannya di bidang robotika, PENS mendapatkan prestasi di Kontes Robot Indonesia yang memenangkan 12 kali berturut-turut. PENS juga penyelenggara S2 terapan pertama di Indonesia. 

Akreditasi Politeknik Elektronik Negeri Surabaya juga sudah mendapatkan akreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. 

Politeknik Negeri Semarang
 

semarang
Sumber: kampusaja.com

Politeknik Negeri Semarang, atau biasa dikenal sebagai POLINES, adalah perguruan tinggi vokasi yang berada di ujung kota Semarang, tepatnya di daerah Tembalang. POLINES dulu berada di dalam naungan Universitas Diponegoro dengan nama Politeknik UNDIP.

Baca juga: PTN Keguruan Terbaik di Indonesia

Namun sejak tahun 1997 Politeknik UNDIP telah menjadi institusi sendiri sehingga berganti nama menjadi Politeknik Negeri Semarang. Tahun 2016 POLINES juga telah mendapatkan akreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

Politeknik Negeri Bandung
 

polban
Sumber: prfmnews.com

Terletak di Kecamatan Parongpong, Bandung Barat, Politeknik Negeri Bandung atau biasa disingkat dengan POLBAN dulu adalah bagian dari Institut Teknologi Bandung dengan nama Politeknik ITB dari tahun 1982 sampai tahun 1999. 

Dari puluhan program studi yang disediakan oleh POLBAN, setengah dari program studi POLBAN tersebut sudah mendapatkan akreditasi A. Politeknik Negeri Bandung sendiri juga sudah mendapatkan Akreditasi A oleh Badan Akreditas Nasional Perguruan Tinggi. 

Politeknik Negeri Malang
 

polinema
Sumber: ngalam.co

POLINEMA dulu bernama Politeknik Universitas Brawijaya berdasarkan Surat Keputusan Presiden No.59 Tahun 1982. Namun, pada tahun 2004 Politeknik Universitas Brawijaya berubah menjadi Politeknik Negeri Malang berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 147/O/2004. 

Baca juga: Info Beasiswa

Dari 18 jurusan D3 dan D4 yang disediakan oleh Politeknik Negeri Malang, 6 jurusannya sudah mendapatkan akreditas A. Selain itu POLINEMA sendiri pada tanggal 19 Desember 2018 sudah mendapatkan Akreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

Politeknik Negeri Jakarta
 

pnj
Sumber: mamikos.com

Politeknik Negeri Jakarta atau biasa disingkat dengan sebutan PNJ, adalah satu dari enam Politeknik yang mendapat proyek pembangunan pertama Pendidikan Politeknik Tahap 1 dari DIKTI. 

PNJ dulu bernama Politeknik Universitas Indonesia yang akhirnya pada tahun 1998 berganti nama menjadi Politeknik Negeri Jakarta atas Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor:207/O/1998.

PNJ sendiri memiliki 32 jurusan yang 4 diantaranya sudah terakreditas A. Politeknik Negeri Jakarta juga sudah mendapatkan akreditas B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi yang akan diperbaharui kembali pada 10 April 2020 mendatang.


Itu dia 5 sekolah vokasi atau politeknik terbaik yang ada di Indonesia. Akreditasi bisa berubah-ubah tergantung bagaimana mutu pendidikan yang diterapkan institusi tersebut dalam menghasilkan mahasiswa yang kompeten. 

0 Comments