span 1 span 2 span 2

News

5 Pantai Terindah di Indonesia yang Wajib Dikunjungi
Oleh : Calvin Geraldo S
22 Juli 2019
Dibaca Normal 4 Menit

News Overview

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan jumlah pulau mencapai 16.056 pulau bernama pada tahun 2018. Dengan bentang pulau dari Sabang sampai Merauke, sudah dapat dipastikan Indonesia memiliki kekayaan laut dan pantai. Hampir di seluruh pulau dan provinsi di Indonesia dikelilingi oleh pantai yang indah.

Selain sebagai tempat mata pencaharian sehari-hari oleh masyarakat setempat, pantai-pantai di Indonesia juga dijadikan sebagai tempat wisata. Dijadikannya pantai-pantai di Indonesia juga untuk mendukung perekonomian masyarakat setempat.

Dengan pengelolaan yang baik, wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara pastilah tidak segan-segan untuk mampir berulang kali untuk menikmati desir ombak dan sepoi angin di tepian pantai. Berikut daftar pantai-pantai terindah yang ada di Indonesia.


Pantai Parai Tenggiri - Bangka
 

Pantai yang satu ini letaknya ada di Pulau Bangka Belitung, yang berjarak 43 kilometer dengan jarak tempuh 45 menit dari pusat Kota Pangkal Pinang. Nama Pantai Parai Tenggiri bukan tanpa maksud, penyebutan itu dilatar belakangi oleh banyaknya nelayan yang dahulu datang dan membawa ikan tenggiri. Seiring berjalannya waktu, kondisi pantai ini berubah dan mulai banyak pengunjung yang datang ke Pantai Parai Tenggiri.

Pantai, Matahari, Batu
Sumber: indonesiakaya.com

Harga tiket masuk Pantai Parai Tenggiri ini cukup terbilang terjangkau, yakni Rp 25.000. Dengan harga tersebut, kalian akan menikmati sensasi pasir pantai yang berbeda karena kelembutannya yang serupa tepung. Air lautnya yang berwarna biru kehijauan akan membuat kalian semakin tidak sabar untuk berenang atau hanya untuk sekadar berjalan dan berjemur di tepiannya.

Dreamland – Bali
 

Berbicara pantai tampaknya akan terasa sangat kurang bila tidak menyebut pantai-pantai yang ada di Pulau Bali, salah satunya adalah Dreamland. Pantai yang terletak di kawasan Pecatu ini menawarkan keindahan yang berbeda dari pantai-pantai di Bali pada umumnya. Sangat cocok bagi kalian yang ingin menyendiri atau bersama keluarga untuk menikmati ketenangan yang meneduhkan karena letaknya yang dikelilingi oleh batu-batu karang yang tinggi.

Pasir, Air
Sumber: indonesiakaya.com

Kalau kalian ke sini, jangan lupa meluangkan waktu sore hari kalian. Matahari yang terbenam dengan keelokan jingganya akan memanjakan mata kalian setelah lelah seharian berenang di Pantai Dreamland ini.

Baca juga: Wisata Anak Muda di Malang

Pantai Nihiwatu – Sumba
 

Pantai di Indonesia yang berhasil masuk pada jajaran 100 pantai terbaik di dunia dan termasuk salah satu pantai terbaik di Asia ini memiliki keelokan yang khas. Kejernihan air lautnya yang dikelilingi pasir putih bersih akan membuat kalian nyaman ketika berjalan-jalan atau sekedar bermain di tepian pantai tersebut.

Pantai
Sumber: wisataku.id

Sebenarnya satu yang membuat Pantai Nihiwatu ini terlihat sangat spesial adalah karena pantainya masih bersifat privat. Meski begitu, pantai ini tetap menjadi buruan para wisatawan mancanegara karena ombaknya yang dapat dijadikan spot untuk berselancar layaknya di Hawaii. Maka tidak heran bila harga yang dipatok oleh pengelola pantai ini terbilang cukup mahal.

Pantai Tanjung Bira
 

Pantai Tanjung Bira merupakan pantai yang terletak di Bulukumba, Sulawesi Selatan. Fakta menarik dari pantai ini adalah selain sebagai tempat wisata ternyata juga dijadikan tempat atau rumah pembuatan Pinisi atau kapal tradisional Sulawesi Selatan. Jadi, bila kalian kesini, jangan lupa juga menyaksikan proses pembuatan kapal pinisi oleh para tukangnya.

Pantai
Sumber: indonesiakaya.com

Untuk dapat menikmati keunikan Pantai Tanjung Bira, kalian tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Hanya dengan Rp 10.000, kalian sudah dapat menikmati juga pantai pasir yang lembut dan keindahan bawah lautnya yang cocok banget bagi kalian yang senang diving.

Kepulauan Raja Ampat
 

Yang terakhir ini sebenarnya bukanlah hanya sebuah pantai, melainkan sebuah kepulauan yang elok nan indah di ujung Indonesia timur. Kepulauan Raja Ampat merupakan sebuah lautan lepas dengan pulau-pulau batu karang yang seperti sudah tersusun dengan rapi. Masih sepinya wisatawan yang datang untuk menikmati pasir putih dan riuhan angin menambah kesan eksklusif tempat ini.

Awan
Sumber: indonesiakaya.com

Kicau burung dan sesekali loncatan lumba-lumba akan membuat kalian terkagum-kagum ketika datang ke tempat ini. Raja Ampat terdiri dari beberapa pulau, di antaranya Pulau Misool, Pulau Batanta, Pulau Salawati, dan Pulau Waigeo. Masih banyaknya jumlah spesies biota laut yang ada di tempat ini membuat bertambahnya kesan indah yang sudah ada.


Itu tadi daftar pantai terbaik di Indonesia. Masih banyak lagi pantai-pantai yang dapat kalian kunjungi. Siapa tahu pantai di dekat kalian tinggal tidak kalah indah. Jadi tunggu apa lagi? Ayo pergi berlibur ke pantai. Have fun, Kibiers!

0 Comments