span 1 span 2 span 2

News

5 Jurusan Hukum Favorit di Indonesia
Oleh : Tim Kinibisa
06 Februari 2019
Dibaca Normal 3 Menit

News Overview

Menjadi seorang profesional di bidang hukum tidak bisa dilakukan dengan instan, sebab ada banyak tahapan yang harus dilalui sampai mampu meraih kesuksesan yang diinginkan. Langkah awal untuk memulai karier yang sukses adalah belajar di fakultas hukum terbaik yang memiliki tenaga pengajar yang berkualitas.

Untuk itulah, pada kesempatan kali ini kami akan mencoba untuk menjelaskan informasi tentang jurusan hukum favorit yang bisa dipertimbangkan sebagai tempat menuntut ilmu.


Sistem Penilaian yang Digunakan
 

penilaian
Sumber: freepik.com

Penilaian dilakukan berdasarkan 5 formula yang pertama adalah Big Law Acceptance Rate yaitu jumlah lulusan yang diterima bekerja di firma hukum nasional terbaik dengan bobot 25%. Kedua, Promotion Rate yaitu jumlah lulusan yang dipromosikan setelah 1 tahun bekerja di firma hukum dengan bobot 15%. Employabillity Rate yaitu jumlah lulusan yang diterima bekerja kurang dari 6 bulan setelah dinyatakan lulus. Penilaian yang keempat adalah Admission to The Bar Rate yaitu lulusan perguruan tinggi yang bekerja di firma telah memiliki izin praktik advokat dan dinyatakan telah lulus ujian profesi advokat. Terakhir adalah penilian akreditasi program studi menurut Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Survey Telah Dilakukan dan Menunjukkan Hasilnya
 

survei
Sumber: freepik.com

Dari 78 kampus hukum yang memiliki akreditasi A, seluruh responden menyebutkan 23 kampus hukum PTN dan PTS yang menjadi almamater mereka. Selain itu ada 5 kampus hukum dengan akreditasi B yang disebutkan oleh responden yaitu Universitas Katolik Atmajaya Jakarta, Universitas Jayabaya, Universitas  Suryadarma, Universitas Nasional, dan Universitas Sam Ratulangi.

Selanjutnya dimuat daftar 10 besar teratas yang terdiri dari 6 PTN dan 4 PTS. Posisi pertama ditempati oleh UI dengan skor 25,09, posisi kedua ditempati oleh UNPAD dengan skor 17,16, UNPAR dengan skor 15,21 berada di urutan ketiga, lalu ada UGM dengan skor 13,58 dan berada di posisi keempat, Trisakti dengan skor 13,51 di posisi kelima, UPH dengan skor 13,34 berada di posisi keenam, UNDIP dengan skor 12,50 berada di posisi ketujuh, selanjutnya ada Universitas Atmajaya di posisi kedelapan dengan jumlah nilai 12,15, dan USU dengan skor 11,58, terakhir ada Universitas Airlangga dengan skor 11,33.

baca juga: Info Universitas

Kekurangan Dalam Kuesioner Ini
 

kuisioner
Sumber: freepik.com

Firma hukum yang menjadi responden dalam kuisioner ini adalah firma yang termasuk dalam 19 firma hukum korporasi terbesar di Indonesia. Sedangkan fakultas hukum yang tercantum merupakan fakultas dengan akreditasi A, meskipun responden yang menjawab boleh saja memasukkan kampus hukum yang lain.

baca juga: Jurusan Kuliah yang Menjanjikan untuk Masa Depan

Hal di atas tidak mampu memberikan gambaran utuh dalam skala nasional yang lebih luas. Selain itu, pilihan firma hukum yang digunakan adalah Corporate Law Firm yang menjadikan penilaian semakin terbatas pada lingkup industri tersebut saja.

Tidak hanya itu saja, firma hukum yang menjadi responden juga seluruhnya berada di Jakarta dan ini tentu saja akan mengurangi akurasi dalam memberikan penilaian.  Ada banyak sekali lulusan fakultas hukum tidak mengirimkan lamaran kerja mereka ke firma-firma hukum yang disebutkan dalam survei.


Meskipun masih memiliki beberapa kekurangan dalam hal penilaian, setidaknya Anda telah memiliki gambaran tentang universitas yang memiliki fakultas hukum terbaik. Sehingga Anda bisa mulai mengambil langkah persiapan agar bisa masuk dan diterima untuk belajar hukum disana. Masuk ke fakultas hukum terbaik diharapkan Anda memiliki kualitas dan kompetensi yang lebih baik saat masuk ke dunia kerja yang sesungguhnya. Kami berharap pembahasan yang disampaikan di atas bisa menjadi inspirasi saat akan memilih kampus tempat belajar hukum nantinya.

0 Comments