span 1 span 2 span 2

News

4 PTN Terbaik di Jawa Timur
Oleh : Barlyant Vici Wijaya
22 Juli 2019
Dibaca Normal 2 Menit

News Overview

Jawa Timur memiliki wilayah terluas di antara 6 provinsi lainnya yang ada di Pulau Jawa. Provinsi Jawa Timur juga dinobatkan sebagai provinsi  berpenduduk terbanyak ke-2 di Indonesia setelah Provinsi Jawa Barat. 

Tidak heran jika Jawa Timur memiliki 10 Perguruan Tinggi Negeri untuk mengembangkan masyarakatnya. Dari 10 PTN yang ada di Jawa Timur, 4 PTN termasuk kedalam PTN terbaik yang ada di Indonesia.

Berikut adalah 4 PTN terbaik yang ada di Jawa Timur berdasarkan Kemenristekdikti:


Universitas Airlangga
 

unair
Sumber: unair.ac.id

Universitas Airlangga atau lebih dikenal dengan sebutan Unair adalah PTN yang terletak di Kota Surabaya. Unair sendiri berdiri pertama kali pada 2 Januari 1849, melalui Keputusan Pemerintah No. 22, oleh NIAS (Nederlandsch Indische Artsen School) sebagai tempat pendidikan dokter di Surabaya.

Unair menempati posisi ke 5 sebagai universitas terbaik yang ada di Indonesia dan juga menempati peringkat 651-700 di dunia.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember
 

its
Sumber: its.ac.id

Didirikan pertama kali oleh Yayasan Perguruan Tinggi Teknik (YTTP) yang diketuai oleh dr. Angka Nitisastro pada tanggal 10 November 1957, ITS menjadi kampus kedua Indonesia yang mempunyai nama ‘Teknologi’ untuk kampusnya setelah Institut Teknologi Bandung.

Baca juga: PTS Terbaik di Jawa Timur

ITS menjadi kampus terbaik Indonesia dengan peringkat ke-9 dan peringkat 801-1000 di dunia.

Universitas Brawijaya
 

ub
Sumber: ub.ac.id

Universitas yang mempunyai aset kekayaan terbesar kedua di Indonesia setelah Universitas Indonesia ini menjadi salah satu kampus terbaik di Indonesia, khususnya untuk wilayah Jawa Timur. Universitas Brawijaya atau biasa dikenal dengan sebutan UB ini berpusat di jantung Kota Malang.

Universitas Brawijaya berada diperingkat 801-1000 dunia dibawah peringkat ITS sebagai PTN terbaik yang ada di Jawa Timur maupun di Indonesia. 

Universitas Negeri Malang
 

um
Sumber: um.ac.id

Berdiri pada 18 Oktober 1954 dan terletak di Malang dan Blitar, dulunya adalah Institut Keguruan Ilmu Pendidikan (IKIP Malang) dan menjadi IKIP tertua yang ada di Indonesia. Pergantian nama menjadi Universitas Negeri Malang baru dilakukan pada tahun 1999 berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan.

Universitas Negeri Malang sejak tahun 2017 selalu masuk ke dalam 20 universitas terbaik yang ada di Indonesia dan juga terbaik di Jawa Timur.


Jawa Timur menjadi tombak pendidikan untuk wilayah Jawa, khususnya wilayah timur Pulau Jawa itu sendiri. Tak heran, 10 Perguruan Tinggi Negeri berdiri di wilayah tersebut yang menjadikan Jawa Timur sebagai salah satu pencetak orang-orang hebat Indonesia.

0 Comments