span 1 span 2 span 2

News

4 Masakan Olahan Daging Kambing Khas Nusantara
Oleh : Calvin Geraldo S
12 Agustus 2019
Dibaca Normal 3 Menit

News Overview

Idul Adha merupakan sebuah perayaan hari raya agama Islam yang bahwa pada hari tersebut diperingati sebagai peristiwa kurban, atau biasa juga disebut sebagai Hari Raya Kurban. Hari Raya Kurban identik dengan menyembelih hewan ternak, seperti sapi, kerbau, kambing, domba, dan unta. Di Indonesia sendiri, hampir tidak pernah dilakukan kurban unta karena sulit untuk didapatkan.

Menurut Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, persentase hewan kurban tiap tahunnya meningkat dengan kambing dan sapi yang menjadi pilihan utama umat Islam. Kambing merupakan hewan yang paling banyak dipilih oleh sebagian besar umat Islam di Indonesia yang ingin melakukan kurban.

Harganya yang terbilang terjangkau, menjadi pertimbangan bagi mereka yang ingin melakukan kurban seorang diri dengan modal yang tidak begitu besar. Dengan itu, pasti kalian akan mendapati olahan masakan daging kambing di rumah kalian kan.

Sate kambing dan gulai sudah seperti olahan wajib yang harus tersedia saat Hari Raya Kurban. Tapi kalau kalian bosan dengan sate kambing atau gulai, kalian tidak perlu khawatir karena masih banyak ragam masakan olahan daging kambing yang dapat kalian pilih untuk dijadikan hidangan saat Hari Raya Kurban. Berikut daftarnya.


Tongseng Kambing
 

Masakan olahan daging kambing yang pertama ini merupakan hidangan khas Kota Solo. Hidangan yang secara kasat mata mirip dengan gulai ini memiliki kekhasan di bumbu dan kuah yang lebih kental. Hidangan yang lebih menarik untuk disantap ketika masih hangat ini memiliki rasa manis dengan sedikit pedas yang menjadi ciri dari tongseng kambing.

Baca juga: Cara Foto Makanan Lewat Fotografi Kuliner

Kambing
Sumber: unileverfoodsolutions.co.id

Petis Kambing
 

Petis kambing pasti masih terdengar asing bagi sebagian masyarakat Indonesia. Masakan olahan daging kambing yang satu ini merupakan makanan khas Pati, Jawa Tengah. Meski memiliki kuah yang sedikit kental seperti tongseng, yang membuat petis kambing ini berbeda adalah dengan adanya tepung beras dalam komposisi tersebut dan hidangan ini nikmat disantap selagi hangat.

Daging
Sumber: sajiansedap.grid.id

Kagape Kambing
 

Masakan yang satu ini menjadi hidangan yang hampir selalu ada di rumah masyarakat Jepara pada momen-momen seperti Hari Raya Kurban. Santan dan air asam Jawa menjadi komponen penting yang membuat makanan ini menjadi khas dan berbeda dari olahan kambing lainnya. Selain itu, kekayaan bumbu rempah-rempah yang telah teramu menjadi kesatuan rasa yang nikmat ketika disantap.

Daging
Sumber: masakapaya.com

Kurma Aceh (Kurma Kambing)
 

Kalau hidangan yang satu ini merupakan masakan olahan daging kambing khas tanah rencong, Aceh. Aceh yang dijuluki sebagai serambi Mekkah, memiliki banyak kemiripan dalam berbagai hal dengan tanah suci, salah satunya dalam hal masakan. Kurma Aceh merupakan masakan olahan makanan yang memadukan daging kambing dengan kurma yang ditambah aneka rempah yang menambah cita rasa nikmat saat disantap.

Baca juga: Kuliner Ekstrem Indonesia

Kecap, Kambing
Sumber: mohkite.com


Itu tadi masakan olahan daging kambing yang dapat kalian pilih atau coba apabila kalian sudah bosan dengan sate kambing atau gulai yang sudah sering kalian santap. Tapi jangan jadi kalap dan lupa bahwa kambing memiliki kadar kolesterol yang tinggi ya Kibiers.

 

0 Comments