span 1 span 2 span 2

News

4 Kantor Akuntan Publik Terbaik di Indonesia
Oleh : Avellino Dwido
17 Januari 2020
Dibaca Normal 3 Menit

News Overview

Akuntansi publik merupakan salah satu profesi yang memberikan jasa profesional sebagai akuntan swasta yang bergerak secara independen, namun tetap dalam izin negara untuk melakukan praktiknya. Jasa akuntan publik tersebut biasa digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk melakukan beberapa tugas, seperti analisis laporan keuangan, audit laporan keuangan, audit pajak, dan sebagainya terhadap suatu perusahaan.

Nah, Kibiers pada tahu tidak kalau di Indonesia ada 4 kantor akuntan publik terbaik, lho! Mereka dijuluki sebagai The Big Four atau 4 besar dengan penghasilan yang mencapai triliunan setiap tahunnya. Kinibisa punya info lengkapnya nih untuk kalian!


Deloitte Touche Tohmatsu Limited
 

Kantor akuntan publik (KAP) yang terbesar saat ini adalah Deloitte Touche Tohmatsu Limited. Kantor akuntan publik asal Inggris ini masuk ke dalam The Big Four karena penghasilannya yang sangat besar. Pada tahun 2018, revenue atau keuntungan Deloitte mencapai US$43,2 miliar, meningkat 11,3%.

Deloitte merupakan kantor akuntan publik yang cukup tua, karena sudah berdiri sejak tahun 1845 di London, Inggris. Saat ini, Deloitte sudah memiliki sekitar 286.200 karyawan di lebih dari 150 negara. Di Indonesia sendiri, kantor Deloitte Konsultan Indonesia terletak di Plaza Indonesia.

Deloitte
Sumber: riskaph.com

PwC (PricewaterhouseCoopers)
 

Gabungan antara kantor akuntan publik Price Waterhouse dengan Coopers & Lybrand, lahirlah PricewaterhouseCoopers atau PwC pada tahun 1998 di London, Inggris, yang hingga saat ini masih menjadi kantor pusatnya.

PwC merupakan akuntan publik yang terbesar kedua di antara The Big Four dengan penghasilan gabungannya di seluruh dunia yang mencapai US$41,3 miliar pada tahun 2018. Angka tersebut merupakan peningkatan sebesar 7% dari tahun sebelumnya (FY2017).

Baca juga: Cara Menghilangkan Kejenuhan di Kantor

PwC sendiri saat ini mempekerjakan sekitar 250.930 orang karyawan yang tersebar di 148 negara, salah satunya di Indonesia. Di Indonesia sendiri, PwC menjalin kerjasama dengan beberapa KAP, seperti Tanudireja, Wibisana, dan Rintis & Rekan.

PwC
Sumber: kekelit.com

Ernst and Young
 

Juga merupakan hasil merger sejumlah kantor akuntan publik Ernst & Whinney dengan Arthur Young yang terjadi pada tahun 1989, lahirlah Ernst and Young (EY) yang saat ini masuk ke dalam peringkat ketiga dari The Big Four. Kantor akuntan publik asal Inggris ini memiliki pendapatan hingga US$34,8 miliar di tahun 2018. Angka tersebut bertumbuh sekitar 7,4% dari tahun sebelumnya (FY2017).

Di Indonesia sendiri kantor EY terletak di dalam Gedung Indonesia Stock Excange, Sudirman. EY juga bekerjasama dengan KAP seperti Purwantono, Suherman dan Surja. Kliennya diantaranya, BRI, Krakatau Steel, Indofood, dan PT. Telekomunikasi Indonesia.

EY
Sumber: ft.com

KPMG
 

Kali ini bukan akuntan publik asal Inggris, namun dari negeri Belanda, KPMG masuk ke dalam jajaran The Big Four. Peringkat keempat The Big Four, KPMG memiliki pendapatan hingga US$28,96 miliar di tahun fiskal 2018 dan meningkat 7,1% dari tahun fiskal 2017.

Kamu tipe introvert apa extrovert? yuk tes karakter di kinibisa

KPMG merupakan akuntan publik hasil merger antara Peat Marwick International dan Klynveld Main Goerdeler pada tahun 1987. Di Indonesia, kantor KPMG ada di gedung Wisma GKBI, Sudirman.

KPMG
Sumber: fintechnews.sg


Gimana Kibiers? Keren-keren banget kan 4 kantor akuntan publik terbaik di Indonesia tersebut? Mungkin nama-nama akuntan publik di atas bisa menjadi referensi kalian saat mencari kerja nanti. Pasti kalian ingin banget kan kerja di perusahaan akuntan terbaik di Indonesia?

0 Comments