span 1 span 2 span 2

News

4 Jurusan Kedokteran Hewan Terbaik Di Indonesia
Oleh : Avellino Dwido
01 Agustus 2019
Dibaca Normal 3 Menit

News Overview

Dokter hewan merupakan dokter yang khusus menangani hewan dan berbagai penyakitnya. Juga disebut medik veteriner, dokter hewan tidak hanya menangani hewan yang sakit, tetapi juga berperan dalam meningkatkan kesejahteraan hewan dan kesehatan masyarakat veteriner.

Pasti banyak kan diantara kalian yang suka sama hewan? Kalian pasti tidak tega kan jika melihat ada hewan yang sakit atau terlantar? Atau justru banyak dari kalian yang bercita-cita jadi dokter hewan kelak? Pertama-tama kalian bisa mulai dengan belajar di perguruan tinggi dengan Jurusan Kedokteran Hewan.

Pas banget nih, Kinibisa punya informasinya seputar kampus dengan Jurusan Kedokteran Hewan terbaik yang ada di Indonesia untuk kalian yang bercita-cita menjadi dokter hewan kelak. Yuk, langsung simak aja artikel berikut ini!


Institut Pertanian Bogor (IPB)
 

Kampus kebanggan Kota Bogor ini memiliki Fakultas Kedokteran Hewannya sendiri. Mulai dari pendidikan sarjana, pascasarjana, hingga pendidikan profesi dokter hewan. Sejak tahun 2016, IPB telah mendapat akreditasi A dari BAN-PT untuk program Sarjana Kedokteran Hewan.

Kompetensi yang akan dipelajari sebagai Sarjana Kedokteran Hewan IPB adalah bagaimana dapat mengemban tugas yang terkait kewenangan veteriner dalam bidang biomedis, manajemen (sistem) kesehatan hewan, serta pengawasan keamanan dan mutu produk hewan.

IPB
Sumber: tribunnews.com

Universitas Airlangga (Unair)
 

Universitas Airlangga membuka Jurusan Kedokteran Hewan sejak tahun 1972. Kedokteran Hewan Unair juga memiliki rumah sakit hewan terbesar di Indonesia lho. Rumah sakit tersebut juga digunakan sebagai sarana belajar bagi para mahasiswa Jurusan Kedokteran Hewan di Unair.

Baca juga: Fakultas Kedokteran Terbaik Di Indonesia

Di Jurusan Kedokteran Hewan Unair, kalian juga dapat berkumpul dengan banyak pecinta hewan lainnya yang tergabung dalam Kelompok Minat Profesi Veteriner.

Unair
Sumber: quipper.com

Universitas Gadjah Mada (UGM)
 

Yogyakarta juga punya kampus yang memiliki Jurusan Kedokteran Hewan di dalam Fakultas Kedokteran Hewan. Peminat jurusan ini setiap tahunnya selalu meningkat.

Terdapat empat program studi yang tersedia dalam Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada (FKH-UGM), yaitu Program Studi Sarjana Kedokteran Hewan (SKH), Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Hewan (PPDH), Program Studi S2 Sain Veteriner, dan Program Studi S3 Ilmu Sain Veteriner.

UGM
Sumber: brilio.net

Universitas Udayana (Unud)
 

Kali ini universitas yang terletak di Denpasar, Bali, Universitas Udayana. Dengan akreditasi A dari BAN-PT untuk Jurusan Kedokteran Hewannya, Kedokteran Hewan Unud juga memiliki fasilitas yang lengkap. Seperti laboratorium yang banyak guna memfasilitasi para mahasiswa Kedokteran Hewan untuk belajar dan praktik, terlebih untuk praktik anatomi hewan.

Unud
Sumber: beritaonline.com


Keempat universitas tersebut sudah terakreditasi A oleh BAN-PT untuk Jurusan Kedokteran Hewan. Sehingga keempat universitas tersebut layak untuk disebut sebagai 4 universitas dengan Jurusan Kedokteran Hewan unggulan di Indonesia.

Sudah memutuskan untuk masuk di universitas yang mana Kibiers? 

0 Comments