span 1 span 2 span 2

News

4 Beasiswa Untuk Kuliah ke Negeri Jiran Malaysia
Oleh : Halimah Nusyirwan
17 Januari 2020
Dibaca Normal 0 Menit

News Overview

Negara tetangga Indonesia ini memiliki kualitas pendidikan yang tak kalah bagus dengan Indonesia. Banyaknya universitas ternama dari luar negeri, seperti Monash University, yang membuka cabang di Malaysia seakan memikat banyak pelajar Indonesia untuk berkuliah di sana.

Terlebih lagi dengan lokasinya yang dekat dengan negara kita serta budayanya yang hampir sama membuat Malaysia sebagai salah satu negara di Asia Tenggara membuat banyaknya pelajar yang melanjutkan kuliah di Malaysia. Jika kalian juga berkeinginan untuk kuliah di sana dengan beasiswa, berikut ini adalah beberapa beasiswa ke Malaysia yang bisa kalian coba.


KPMG ASEAN Scholarship
 

kpmg
Sumber: president.ac.id

Program beasiswa yang satu ini dibuat khusus untuk pelajar SMA yang berasal dari negara-negara yang tergabung di ASEAN. Beasiswa ini menawarkan banyak manfaat dan keuntungan untuk para calon penerimanya. Adapun keuntungan tersebut adalah bantuan biaya kuliah selama 3 tahun dengan nominal sebesar 45 juta per tahunnya.

Selain itu, para penerima beasiswa juga berkesempatan untuk menjalani program magang di luar negeri beserta tunjangan selama magang tersebut, khususnya mereka yang memenuhi persyaratan untuk dikirim magang ke negara lain. 

Program ini menawarkan beasiswa jenjang S1 dan S2. Untuk S1, para calon pendaftar harus memiliki rata-rata nilai UN sebesar 8,5. Sedangkan untuk program S2, para pendaftar diharapkan memiliki IPK minimal 3.5 dari 4.0. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program ini dan juga persyaratannya, kalian bisa mengunjungi situs beasiswapascasarjana.com.

Malaysian International Scholarship (MIS)
 

mis
Sumber: wp.com

Program yang satu ini adalah program beasiswa yang dibuat oleh pemerintah Malaysia untuk para pelajar internasional. Program ini ditujukan untuk pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S2, S3, dan juga postdoctoral.

Baca juga: Beasiswa di Korea Selatan

Para pendaftar beasiswa ini akan memiliki kesempatan untuk memilih universitas yang diharapkan dari 24 universitas yang masuk ke daftar beasiswa ini. Untuk mengikuti program ini, kalian harus memiliki nilai IPK minimal 3.5 dengan nilai IELTS sebesar 6.5. Untuk informasi lebih lanjut kalian bisa mengunjungi situs biasiswa.mohe.gov.my 

The Ancora Khazanah Asia Scholarship Program
 

ancora
Sumber: wp.com

Program beasiswa kali ini khusus ditujukan untuk pelajar lulusan SMA dari Indonesia. Beasiswa ini dibuat oleh yayasan bernama Ancora Foundation dan Yayasan Khazanah dengan misi memberikan beasiswa untuk pelajar Indonesia yang ingin berkuliah di Malaysia.

Untuk pilihan universitasnya, kalian bisa memilih beberapa pilihan universitas ternama di sana, program ini hanya boleh diikuti oleh mereka yang berumur 18 tahun kebawah dengan nilai UN minimal 8.5. Jika kalian ingin mengetahui detail dari beasiswa ini, kalian bisa mengunjungi situsnya di ancorafoundation.com.

SEARCA
 

searca
Sumber: blogspot.com

Beasiswa ini dibuat oleh The Southeast Asian Regional Center for Graduate Study and Research in Agriculture (SEARCA) untuk para pelajar yang ingin melanjutkan studi ke jenjang S2 dan S3. Bagi para calon pelamar, kalian harus menyertakan surat lamaran ke universitas yang dituju beserta dengan salinan surat permohonan untuk beasiswa ini. Program ini memiliki beberapa tahapan yang harus dilalui dengan berbagai persyaratan lainnya. Untuk informasi lengkapnya, kalian bisa lihat di searca.org.

Baca juga: Beasiswa di Inggris


Nah, untuk kalian yang ingin kuliah di Malaysia jangan ragu-ragu lagi untuk mencoba peruntungan di beasiswa-beasiswa di atas. Perhatikan seluruh persyaratan yang diminta agar proses penerimaan beasiswanya bisa berjalan dengan lancar tanpa kekurangan suatu apapun. Jangan lupa untuk terus berusaha dan berdoa pada Yang Maha Esa. Semangat mencoba ya Kibiers!

0 Comments