span 1 span 2 span 2

News

4 Beasiswa Terpopuler untuk Studi S2 ke Belanda
Oleh : Calvin Geraldo S
18 Juni 2019
Dibaca Normal 4 Menit

News Overview

Kalian pernah terpikir untuk mengambil studi S2 di Belanda, tapi merasa sudah pasti gagal di awal karena biaya yang sangat mahal? Jangan khawatir, sekarang ini banyak banget loh beasiswa yang dapat kamu pilih sebagai penunjang studi kalian di sana, misalnya saja beasiswa LPDP yang dibiayai langsung oleh Pemerintah Indonesia dan masih banyak lagi yang memang secara khusus menyelenggarakan program beasiswa untuk ke Belanda.

Netherlands
Sumber: study-domain.com

Belanda menjadi salah satu tujuan yang paling diminati oleh para calon mahasiswa dari seluruh dunia untuk melanjutkan studi. Menurut data UNESCO, setiap tahun ada kurang lebih 60.000 mahasiswa asing yang belajar di Belanda. Berikut daftar beasiswa populer dan wajib kalian coba untuk studi S2 ke Belanda.


Holland Scholarship
 

Holland Scholarship merupakan beasiswa studi S1 dan S2 bagi pelajar Internasional dari luar Area Ekonomi Eropa (EEA). Beasiswa ini dibiayai langsung oleh Kementerian Pendidikan, Budaya dan Ilmu Pengetahuan Belanda bekerja sama dengan universitas riset dan universitas ilmu terapan Belanda. Kalian akan mendapatkan € 5,000 atau setara dengan 80 juta rupiah yang diberikan di awal, tapi kalian tetap boleh mencari beasiswa lainnya untuk mencari tambahan biaya bila dirasa masih kurang.


Sumber: nesoindonesia.or.id

Orange Tulip Scholarship (OTS)
 

Orange Tulip Scholarship merupakan beasiswa parsial yang ditawarkan oleh institusi pendidikan yang tertera dalam skema per tahun akademik. Namun, apabila institusi pendidikan Belanda maupun program studi yang kalian tuju tidak terdaftar dalam skema (berbeda setiap tahun akademik), maka tidak dapat mengajukan beasiswa ini. Meski begitu, beasiswa OTS ini tetap wajib kalian masukkan ke dalam list karena biaya yang ditawarkan. Umumnya, penerima beasiswa OTS akan mendapatkan potongan biaya studi mulai dari 30% - 100% atau hanya menawarkan tanggungan biaya hidup per bulan (tanpa potongan biaya studi).

OTS
Sumber: nesoindonesia.or.id

Orange Knowledge Programme
 

Orange Knowledge Programme merupakan beasiswa yang didanai oleh Kementerian Luar Negeri Belanda selama tahun 2017 - 2022. Sama dengan Holland Scholarship, beasiswa ini merupakan beasiswa studi S1 dan S2 yang ditujukan bagi pelajar Internasional dari luar Area Ekonomi Eropa (EEA). Program ini memiliki tujuan untuk berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan dan inklusif melalui upaya percepatan pembangunan kapasitas, pengetahuan dan kualitas individu serta organisasi. Sejalan dengan itu, Indonesia memfokuskannya pada 3 tema prioritas, yakni Keamanan dan Penegakan Hukum, Keamanan Pangan dan Nutrisi, serta Air.

Baca juga: Info Beasiswa

Studeren in Nederland (Stuned)
 

Stuned atau studi di Belanda merupakan program beasiswa yang bertujuan membantu pembangunan Indonesia melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia di Indonesia. Program beasiswa ini juga bertujuan untuk menunjang hubungan bilateral antara Indonesia dengan Belanda. Bentuk pembiayaan oleh Stuned meliputi uang kuliah hingga EUR 20.000/tahun, biaya hidup bulanan, biaya perjalanan lokal dan internasional, dan biaya-biaya lain yang memang diperlukan untuk mendukung studi selama di Belanda.

Stuned
Sumber: nesoindonesia.or.id


Nah, sekarang kalian tinggal pilih dan persiapkan diri kalian untuk mengikuti tes yang akan diadakan oleh para penyelenggara beasiswa tanpa takut gagal hanya karena biaya yang mahal. Semoga sukses!

0 Comments