span 1 span 2 span 2

News

3 Hal Menarik yang Harus Diketahui Tentang Jurusan Filsafat
Oleh : Calvin Geraldo S
17 Juni 2019
Dibaca Normal 4 Menit

News Overview

Kalian siswa/i SMA kelas 3 yang sedang bingung dalam memilih jurusan untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi atau kalian para calon Mahasiswa S2 yang galau dalam menentukan pendidikan lanjutan yang sesuai dengan jurusan yang telah ditempuh pada strata sebelumnya, kalian harus mulai mencari tahu tentang Jurusan Filsafat.


Sumber: 
bu.edu

Sebelum mengulas hal-hal menarik seputar Jurusan Filsafat, kalian harus tau dulu nih makna dari filsafat itu sendiri. Secara kebahasaan, filsafat berasal dari bahasa Yunani, yakni Philosophia yang bermakna mencintai atau aktivitas memahami kebijaksanaan. Sejak dahulu, filsafat dikenal luas sebagai Mother of Science atau induk segala ilmu karena kemunculannya mendahului disiplin ilmiah lainnya. Nah, berikut hal-hal menarik dan harus banget kamu ketahui tentang jurusan filsafat.


Jurusan yang Mudah dan Fleksibel
 

Semudah dan sefleksibel apa sih Jurusan Filsafat? Jurusan Filsafat mungkin merupakan salah satu jurusan yang tidak memandang latar belakang pendidikan atau jurusan yang kalian ambil sebelumnya.

Baik kalian yang pada pendidikan sebelumnya berasal dari jurusan IPS, IPA, Bahasa atau bahkan berasal dari pendidikan SMK, dan kalian yang sebelumnya sudah pernah berkuliah di jurusan yang kalian kira tidak ada hubungannya dengan Jurusan Filsafat, seperti Arsitektur, Hukum, Psikologi ataupun Ekonomi, kalian akan tetap dapat mengambil Jurusan Filsafat tanpa perlu takut kesulitan atau tidak mampu menyesuaikan diri.

Malah di Jurusan Filsafat kalian akan mampu memahami sisi lain dari apa yang pernah kalian dapat pada pendidikan sebelumnya dengan memandang dan memahami itu semua secara menyeluruh dan mendalam.

Fleksibel
Sumber: depositphotos.com

Materi Kuliah Sudah Familiar
 

Selanjutnya, merupakan salah satu bukti bahwa jurusan filsafat itu sangat fleksibel. Kalian tentu pernah menemui nama-nama tokoh seperti Aristoteles, Isaac Newton, Ibnu Sina, Adam Smith, John Locke, hingga Max Weber. Ya, tokoh-tokoh tersebut memang tidak dapat ditemui dalam satu ranah pembahasan atau buku pelajaran yang sama ketika di bangku sekolah karena terpecah dengan adanya pemisahan antara jurusan IPA dan IPS.

baca juga: Tips Lolos SBMPTN

Namun, di Jurusan Filsafat kalian akan akrab dengan tokoh-tokoh tersebut dan kalian akan memperdalam teori serta pemikiran mereka yang kebanyakan juga mempengaruhi perkembangan seluruh aspek kehidupan hingga hari ini. Jadi, kalian tidak akan kesulitan untuk memulai dan memahami materi ketika kalian sudah berkuliah di Jurusan Filsafat, karena kalian sebelumnya sudah tidak asing dengan pelajaran tersebut.

Faktanya memang ilmu pengetahuan, isu-isu dan fenomena yang terjadi hingga hari ini hampir selalu ada kaitannya dengan filsafat itu sendiri.

materi filsafat
Sumber: amazonaws.com

Prospek Kerja yang Luas
 

Kuliah Jurusan Filsafat mau jadi apa? Ini pertanyaan yang terkadang akan membuat kalian ragu untuk memilih Jurusan Filsafat, apalagi kalau yang menanyakan adalah keluarga. Tidak dapat dipungkiri bahwa kebanyakan keluarga atau orangtua pasti hanya tau dan menginginkan anaknya untuk memilih jurusan dengan prospek kerja yang jelas dan pasti.

Padahal hal itu tidak sepenuhnya benar, justru karena kompleksitas yang dipelajari pada Jurusan Filsafat, maka prospek kerjanya akan sangat luas. Gak percaya? Buktinya banyak public figure yang merupakan lulusan Jurusan Filsafat dengan pekerjaan yang beragam seperti Dian Sastro sebagai pemain film, Rayi Putra yang fokus dengan grup musik RAN-nya, Puthut Ea yang dikenal sebagai seorang sastrawan, dan Rocky Gerung yang akhir-akhir ini muncul sebagai kritikus politik di banyak media. Bahkan seorang George Soros yang merupakan murid dari Karl Popper (filsuf kontemporer) juga menjadi seorang raja media dan pebisnis sekaligus investor tersukses hari ini.

George Soros
Sumber: nyt.com

Lantas, sebenarnya akan menjadi apa seorang lulusan Jurusan Filsafat? Kalau dulu satu-satunya profesi yang mungkin akan dijalani oleh seorang lulusan Jurusan Filsafat adalah menjadi filsuf.

Baca juga: Info Beasiswa

Tapi sekarang, selain seperti para public figure tadi kalian dapat menjadi seorang Negosiator, Konsultan, Wartawan, Dosen, atau Rohaniawan. Itu semua tergantung diri kalian masing-masing, ingin menjadi apa setelah lulus, tapi jangan lupa gunakan keterampilan yang telah kalian dapatkan saat mengambil Jurusan Filsafat, yakni kritis, analitik dan pragmatis.


Sekarang kalian sudah tidak perlu ragu lagi untuk memilih Jurusan Filsafat sebagai pendidikan lanjutan kalian di Perguruan Tinggi. Karena kemudahan pembelajaran hingga luasnya prospek kerja, akan membuat kalian semakin yakin untuk memilih Jurusan Filsafat. Semoga sukses!

0 Comments