span 1 span 2 span 2

Inspirasi

Deddy Corbuzier: Mentalist Terhebat Dunia yang Mencari Kelebihan dari Kekurangannya
Oleh : Halimah Nusyirwan
11 Juli 2018

Highlight

Mencari keunggulan dari kekurangan tersebut dan saya bisa mendapatkan apa yang saya dapatkan sekarang.

https://kinibisa.com/inspirasi/detail/aktor-aktris/tara-basro-gadis-sampul-yang-pandai-beraktingDeddy Corbuzier, mentalist Indonesia yang sukses berkarier menjadi presenter
Deddy Corbuzier, mentalist Indonesia yang sukses berkarier menjadi presenter
Sumber: popbela.com

Menjadi seorang pesulap merupakan cita-cita yang sudah Deddy impikan sejak dulu. Berawal dari kekagumannya ketika melihat pertunjukan sulap saat ia masih kecil, Deddy pun termotivasi untuk berkarier di bidang ini. Perjalanannya menjadi seorang pesulap ternyata tak semudah yang dibayangkan orang-orang. Usahanya untuk mencapai posisinya saat ini menyimpan cerita sendiri yang dapat menginspirasi khalayak ramai. Seperti apa kisah Deddy Corbuzier dalam meniti kariernya di dunia sulap dan entertainment? Simak kisahnya bersama Kinibisa!



"Sulap tujuannya menghibur. Kalau tidak bisa menghibur, ya, gagal."

Sejak Kecil Sudah Bercita-cita Menjadi Pesulap
 

Sosok Deddy Corbuzier saat masih menggunakan eyeliner
Sosok Deddy Corbuzier saat masih menggunakan eyeliner
Sumber: 
kompas.com

Deodatus Andreas Cahyadi Sunjoyo atau yang dikenal dengan nama Deddy Corbuzier adalah seorang pesulap dan mentalist yang sudah dikenal masyarakat Indonesia. Pria kelahiran 28 Desember 1976 ini adalah seorang pesulap yang juga sudah merambah menjadi aktor dan presenter acara TV dan salah satu acaranya yang paling terkenal saat ini adalah Hitam Putih yang disiarkan di stasiun TV, Trans 7.

Perjalanan seorang Deddy Corbuzier dalam meniti kariernya tersebut tentu membutuhkan proses yang panjang dan tidak mudah. Ia terlahir dari keluarga kurang berada dan ia mengatakan bahwa ayahnya dulu berprofesi sebagai sopir angkutan umum.

“Saya lahir dari keluarga yang amat sangat sederhana atau mungkin tidak berkecukupan. Jadi orang kalau melihat kesuksesan saya mereka biasanya lupa siapa saya sebelumnya. So, I will make it short. Saya lahir dari keluarga yang amat sangat sederhana. Ayah saya datang dari Banyuwangi ke Jakarta pertama kali sebagai sopir mikrolet. Ibu saya penjahit rumahan dan saya hidup di kedua orang tua saya yang luar biasa dan saya tidak bisa berpikir seperti anak-anak orang kaya lainnya.” Ucap Deddy dikutip dari video penampilannya saat Ideafest Talk di Youtube (21/11/2017).

baca juga: kisah inspiratif Demian Aditya

Kehidupannya saat itu ternyata tidak membuat Deddy berkecil hati. Ia pun akhirnya menemukan passion yang ia minati yaitu dunia sulap. Ia mengaku keinginannya untuk menjadi pesulap muncul ketika ia menonton salah satu acara sulap di TVRI.

One day, I see magicians on the tv. Pada saat itu namanya ada Mark Wilson. Dia perform magic di TV. Di TVRI pada saat itu and when I see that, saya berpikir ‘That is amazing! It’s a matter of hope. That’s something impossible can be do-able and if I do that, I can get a lot of chicks!’”kata Deddy di Youtube (21/11/2017).

Impiannya tersebut rupanya tidak mendapatkan dukungan dari keluarganya. Orang tua dan keluarga Deddy menentang impiannya tersebut sebab mereka beranggapan bahwa karier sebagai pesulap tidak memiliki prospek yang jelas dan tidak pernah ada pesulap yang menjadi terkenal. Hal itu sempat membuat Deddy berpikir kembali akan cita-citanya tersebut. Akan tetapi ia terus mencoba dan berlatih tanpa henti.

Keadaan keluarganya saat itu membuat Deddy harus bekerja keras membantu keluarga. Ia sempat berkeliling menawarkan jasa sulapnya hingga ia mendapatkan kontrak untuk menampilkan aksi sulapnya tersebut pada para tamu di berbagai hotel hingga tampil di Dunia Fantasi, Ancol seperti yang dilansir oleh Tempo  (18/11/2012).

Saat itu Deddy semakin tertarik dengan dunia sulap dikarenakan ia rajin mengikuti sang ayah pergi dinas ke luar negeri dan saat di sanalah Deddy berkesempatan untuk menonton acara sulap hebat lainnya. Usahanya untuk menjadi pesulap atau mentalist andal Indonesia terlihat dari kerja keras yang pernah ia lakukan. Menurut kabar yang beredar, ia pernah belajar sulap hingga ke Israel dan bergabung dengan komunitas pesulap dunia yaitu International Brotherhood of Magician.

Kegigihannya dalam meraih impian di bidang sulap pun akhirnya membuka jalan yang lebih besar untuknya. Ia mendapatkan kesempatan untuk tampil di acara TV perdananya pada tahun 2000 yang bernama Impresario 008 yang tayang di saluran RCTI. Penampilannya pada acara tersebut berhasil membuat penonton terpukau dengan aksi yang ia tampilkan. Kemunculannya di acara tersebut pun mendatangkan tawaran lain dari berbagai acara yang ingin mengajak Deddy untuk tampil di acara mereka sampai ia berhasil membuat acaranya sendiri yang berjudul Deddy Corbuzier Show.

Perjalanan karier di dunia sulap dan munculnya acara Hitam Putih
 

Deddy Corbuzier
Deddy Corbuzier
Sumber: 
klimg.com

Sukses dan kaya raya. Hal tersebut ia rasakan sebagai hasil dari kerja keras serta ambisinya untuk menjadi pesulap terbaik di Indonesia. Kesuksesan Deddy dalam karier sulap semakin terlihat dengan kemunculannya menjadi juri serta tamu di berbagai acara TV. Ia pernah dipercaya untuk tampil di berbagai ajang seperti The Next Mentalist, Indonesia Mencari Bakat, The World Record, The Master, dan acara lainnya. Saat itu Deddy menjadi pesulap tersohor Indonesia dan berhasil membuktikan bahwa ia bisa sukses dalam bidang tersebut. Hal ini semakin terlihat ketika ia dinobatkan sebagai The Best Mentalist in The World oleh Merlin Awards selama dua tahun berturut-turut (2010-2011) dan diakui di mata internasional.

Predikat yang ia raih tersebut tentunya semakin melambungkan namanya sebagai pesulap Indonesia. Pria yang dulu dikenal dengan image ikonisnya seperti eyeliner hitam dan kata ‘Konsentrasi’ tersebut merasakan dampak positif dari ketenarannya tersebut. Ia mengaku bahwa penghasilannya saat menjadi mentalist dulu sudah mencapai 200 juta per jamnya. Ia bahkan bisa mendapatkan pemasukan setiap bulannya sebanyak 2 miliar rupiah. Deddy pun akhirnya menjadi idola serta role model masyarakat Indonesia dengan gaya dan ciri khasnya dalam dunia per sulapan.

Berada di puncak kesuksesan rupanya tidak membuat Deddy lupa dengan prioritas utama dalam hidupnya, yaitu sang putra yang bernama Azkanio Nikola Corbuzier. Deddy yang biasa dipanggil dengan sebutan ‘Master’ ini memutuskan untuk berhenti dan keluar dari dunia sulap. Putranya tersebut menjadi salah satu alasan utama yang membuat Deddy untuk memutuskan keluar dari dunia sulap. Ia merasa bahwa anaknya menyadarkannya bahwa dengan segala sesuatu yang sudah ia miliki saat itu, ia tidak perlu lagi sibuk bekerja dan mencari uang. Alasan lainnya adalah keinginannya untuk mempertahankan gelar sebagai mentalist terbaik.

“Saya stop karena saya tahu posisi saya di Indonesia sebagai seorang mentalist atau sebagai seorang magician adalah yang terbaik. Proudly to say..I am the best..and when I feel that I am the best..pada saat saya tahu saya yang terbaik..and that’s the time I have to stop..why? karena tidak ada jalan lain untuk orang yang terbaik, jalan terakhirnya adalah jatuh ke bawah. Because I think, one day, there are gonna be someone better than me..younger than me,” tutur Deddy di Youtube (21/11/2017).

Keputusannya untuk keluar dari dunia yang membesarkan namanya tersebut tentu merupakan suatu keputusan yang besar bagi diri Deddy. Meninggalkan dunia yang sudah menghidupinya selama belasan tahun tentu bukanlah hal yang mudah. Namun, keputusannya tersebut tidak membuat Deddy untuk berhenti dalam berkarya. Ia memiliki impian yang lain dan hal itu adalah menjadi presenter acara talk show. Pria yang dulu kuliah di Universitas Atma Jaya jurusan Psikologi ini bercerita bahwa untuk berkarier sebagai presenter, ia harus menawarkan dirinya ke berbagai stasiun TV dan bahkan harus melewati tahap casting seperti orang umum lainnya.

Tanpa diduga, Deddy lolos tahap tersebut dan ia pun direkrut menjadi presenter di stasiun TV swasta yaitu Trans 7. Ia pun mengajukan proposal untuk konsep acaranya tersebut yang ternyata diterima oleh tim Trans 7 dan pada akhirnya, lahirlah acara Hitam Putih yang saat ini menjadi salah satu acara terkenal di Indonesia. Deddy pun menorehkan prestasi dengan profesi barunya yaitu seperti ketika ia memenangkan penghargaan sebagai Program Inspiratif Terpopuler pada ajang Indonesian Television Awards 2017 dengan acara Hitam Putih nya yang tersohor tersebut.

Buku, Film, OCD, dan Youtube
 

Deddy bersama rekannya dalam peluncuran novel Triangle The Drak Side
Deddy bersama rekannya dalam peluncuran buku 'Triangle The Drak Side'
Sumber: 
dream.co.id

Tidak hanya dikenal sebagai pesulap dan presenter hebat, Deddy juga menorehkan prestasi lainnya di berbagai bidang. Ia tercatat pernah menerbitkan beberapa buku seperti Book of Magic yang pernah menjadi best seller pada tahun 2007 dan novel berjudul Triangle The Dark Side yang terinspirasi dari kisah perjalanan hidupnya dengan menggandeng Damien Dematra sebagai penulisnya. Ia juga pernah membintangi berbagai film layar lebar seperti “The Mentalist” dan “Triangle the Dark Side” yang merupakan lanjutan dari series Triangle di Youtube-nya. Deddy juga sempat tampil di berbagai sinetron ibu kota sebagai bintang tamu serta menjadi bintang iklan untuk beberapa produk. Hal-hal tersebut menunjukkan bahwa Deddy merupakan artis yang tidak hanya berbakat di bidang sulap, namun juga menyimpan talenta lainnya.

Deddy juga dikenal dengan metode dietnya yang bernama Obsessive Corbuzier Diet (OCD) dan hal ini sempat menjadi perbincangan hangat di tengah masyarakat. Metode diet ini berpusat pada kegiatan puasa selama 16 jam dalam sehari. Selama 16 jam itu, Deddy mewajibkan orang-orang untuk berpuasa dan hanya diperbolehkan untuk makan sepuasnya selama 4 jam. Metode ini menjadi inovasi baru dan banyak orang-orang yang mencoba program diet ala Deddy tersebut. Banyak dari mereka dan bahkan Deddy sendiri yang berhasil menurunkan berat badan serta membentuk tubuh hanya dengan metode OCD ini. Program ini pun akhirnya dibuat versi bukunya yang saat ini sudah sampai ke seri kedua.

Setelah ia sukses mengembangkan kariernya, Deddy rupanya melihat peluang lain dari Youtube yang saat ini menjadi sebuah fenomena di tengah-tengah masyarakat Indonesia, khususnya anak muda. Deddy yang penasaran dengan Youtube tersebut sampai mengundang beberapa Youtuber Indonesia seperti Agung Hapsah dan Reza Arab untuk makan malam bersama sebagai ajang untuk belajar dan menggali lebih lanjut perihal Youtube.

“Buat saya ini platform baru. Saya ngeliat ‘wih anak-anak Youtube main Youtube yang ditonton isinya sampah semua’” gurau Deddy yang pernah mengambil program master Psikologi di Universitas London, Inggris di Youtube (21/11/2017).

“Saya pengen tahu ini apa sih sebenernya. Dan saya pelajari itu out of curiosity. Hanya ingin tahu. Terus berikutnya adalah gimana caranya gua jadi publik figur yang subscriber-nya paling tinggi and then saya kumpulkan teman-teman Youtube.” lanjutnya di Youtube (21/11/2017).

Deddy kini sudah terbilang sukses dengan channel Youtube-nya tersebut melihat akunnya yang sudah mencapai 1,5 juta subscriber. Saat ini channel Deddy dikenal dengan konten-kontennya menarik dan inspiratif. Ia merupakan publik figur yang aktif di dunia per-Youtube-an dan banyak hal yang ia bagikan pada penonton melalui channel-nya tersebut.

Disleksia yang Membawa Berkah
 

Deddy saat diwawancara setelah memenangkan penghargaan ITA 2017
Deddy saat diwawancara setelah memenangkan penghargaan di ITA 2017
Sumber: 
viva.co.id

Dibalik kesuksesan besarnya, Deddy menyimpan cerita lain yang kini pastinya sudah banyak diketahui oleh orang-orang. Ia merupakan pasien penderita Disleksia dan penyakit ini sudah ia dapatkan sejak ia lahir. Seperti yang dikutip dari Kompas (03/08/2010), menurut dr Kristiantini Dewi, Sp A selaku Ketua Pelaksana Harian Asosiasi Disleksia Indonesia, Disleksia adalah “kelainan dengan dasar kelainan neurobiologis dan ditandai dengan kesulitan dalam mengenali kata dengan tepat atau akurat dalam pengejaan dan dalam kemampuan mengode simbol.”

Deddy bercerita bahwa dulu ia pernah tidak naik kelas selama dua tahun berturut-turut. Ketika ia masih duduk di bang sekolah dulu, ia tidak mengerti dengan hal-hal yang diajarkan di sekolah. Ia sampai dianggap bodoh oleh guru-gurunya karena penyakitnya tersebut. Penyakitnya ini menyebabkan Deddy tidak mampu mengingat nama dari tamu-tamu yang hadir di acaranya tersebut.

“Satu, saya tidak bisa menghafal nama orang sama sekali kecuali orang itu menjadi pattern dalam hidup saya. Jadi saya bisa tahu namanya kalua sudah 10 kali ketemu dalam waktu yang singkat.” ungkap Deddy di videonya yang berjudul 'Me and my Dislexia' di Youtube (02/12/2017).

Ia bahkan juga tidak mengenal jalanan yang biasanya ia lewati.

“Kedua, jalanan. Jalanan ini paling parah. Jadi tiap kali saya melihat jalan saya melihat jalan itu seperti jalan baru. Jadi misalkan kalau saya keluar dari rumah, terus saya belok satu gang aja, saya lihat kalau jalan itu belum pernah saya lihat sebelumnya. Jadi saya enggak bisa nyetir sendiri tanpa GPS atau tanpa orang yang nemenin karena jalanan lama terlihat seperti jalanan baru. Dan actually it is good bagus banget karena gua bisa lihat pemandangan baru terus tiap kali gua jalan.” lanjutnya dikutip dari Youtube (02/12/2017).

baca juga: kisah inspiratif Tara Basro

Hal lainnya yang menjadi kendala Deddy akibat penyakit ini adalah ia tidak mampu menghafal naskah. Lalu bagaimana ia bisa memandu acaranya tersebut hingga bisa menjadi salah satu acara favorit masyarakat Indonesia tersebut? Deddy mengaku bahwa ia berusaha mengubah kekurangannya tersebut menjadi kelebihannya. Ia menyadari bahwa ia tidak bisa menghafal naskah yang diberikan oleh timnya dan ia hanya mampu mengingat naskah tersebut sebagai pecahan kata-kata. Hal ini menyadarkan Deddy untuk mencari jalan keluar dari masalah tersebut dan akhirnya ia memutuskan untuk belajar public speaking.

“Saya tahu limitasi saya. Saya tahu kekurangan saya lalu saya melawan hal tersebut. Mencari keunggulan dari kekurangan tersebut dan saya bisa mendapatkan apa yang saya dapatkan sekarang.” ujarnya di Youtube (02/12/2017).


Ketekunan serta kerja kerasnya dalam mengatasi kekurangannya tersebut tentu berhasil membuat kagum masyarakat Indonesia. Prestasi seorang Deddy Corbuzier patut diapresiasi serta menjadi teladan untuk generasi mudah, terutama mereka yang merasa memiliki masalah atau kendala sama. Banyak hal yang dapat dipelajari dari perjalanan hidup Deddy dan tentunya hal ini menginspirasi kita untuk tidak berhenti mengejar mimpi dan berkarya. Simak kisah tokoh inspiratif lainnya di Kinibisa!