span 1 span 2 span 2

Inspirasi

Daniel Mananta: Anak Mangga Dua yang Mahir Memandu Acara
Oleh : Ardito Ramadhan
02 Mei 2018

Highlight

To be honest gue nggak punya cita-cita. Karena gue pikir gue akan seperti bokap gue yang seorang businessman, importir baju.

daniel mananta
Salah satu presenter kenamaan Indonesia. Selain sebagai presenter, ia juga dikenal sebagai pengusaha yang membuka toko pakaian bernama Damn! I Love Indonesia.
Sumber: idntimes.com

Wajah oriental Daniel rajin menghiasi layar kaca saat ia memandu acara Indonesian Idol pada 2000-an. Keahliannya dalam memandu acara diakui berasal dari kebiasannya menawarkan dagangan di Mangga Dua. Pengalamannya berdagang pakaian pun menjadi motivasi Daniel untuk menjual pakaian sebagai bentuk rasa cinta Tanah Air. Simak kisah Daniel Mananta yang inspiratif bersama Kinibisa!



"Tapi mungkin Tuhan merasa gue kurang suci akhirnya jadi MC. So, here I am now."

Lulusan Australia yang Besar di Mangga Dua
 

Daniel Mananta lahir di Jakarta pada 14 Agustus 1981. Ia adalah anak pertama dari dua bersaudara. Daniel tumbuh dan besar dalam keluarga yang menggeluti dunia bisnis. Ayahnya, Donny Mananta, merupakan seorang importir pakaian yang membuka toko di Mangga Dua, sebuah pusat perbelanjaan ternama di Jakarta.

Selain ayahnya, paman dan bibi Daniel pun juga membuka toko di pusat perbelanjaan tersebut. “Bokap punya tujuh saudara dan semunya punya toko di Mangga Dua,” kata Daniel kepada Kapanlagi[1]. Akibat hampir seluruh anggota keluarganya hidup dengan berdagang, Daniel mengaku sempat tak punya cita-cita karena merasa wajib meneruskan usaha keluarga. “To be honest gue nggak punya cita-cita. Karena gue pikir gue akan seperti bokap gue yang seorang businessman, importir baju,” katanya.

sejak kecil diajarkan berdagang
Daniel yang sejak kecil sudah diajarkan berdagang.
Sumber: cosmogirl.co.id

Pernyataan Daniel di atas bukan tanpa alasan. Ia bercerita seorang sepupunya yang disekolahkan di Australia pun tetap kembali ke Mangga Dua untuk berdagang. Daniel pun pernah meminta izin kepada ayahnya untuk bekerja di bank, namun sang ayah menolak. Daniel yang juga lulusan Negeri Kangguru pun mesti ‘terjebak’ di Mangga Dua. “Gue merasa terperangkap banget cuma dagang sambil nunggu customer lewat,” kata Daniel.

Ya, meski berstatus sebagai ‘anak Mangga Dua’, Daniel Mananta rupanya sempat mengenyam pendidikan di Australia ketika masih berusa remaja. Ketika lulus dari bangku SMP, ia dikirim ke Australia untuk bersekolah di Aquinas College. Selanjutnya, ia mengambil program double degree di Edith Cowan University dengan mengambil jurusan Business Administration dan International Business. Daniel berhasil lulus pada 2002 ketika ia masih berusia 20 tahun.

baca juga: kisah inspiratif Ciputra

Sebelumnya, Daniel pernah bekerja paruh waktu di sebuah restoran bernama Nando’s saat ia masih bersekolah. Di sana ia memulai kariernya dengan menjadi pelayan dan tukang cuci sebelum  akhirnya memperoleh posisi yang lebih tinggi yang setara dengan asisten manajer. Namun, ia memilih keluar dari restoran itu guna menyiapkan diri dalam menghadapi ujian kelulusan.

Setelah lulus kuliah, Daniel sempat bekerja di Network 21, sebuah perusahaan multi-level marketing yang menjual produk-produk Amway. Dalam pekerjaannya, hampir setiap hari ia mesti melakukan presentasi bisnis demi mempromosikan produk Amway. Disanalah ia mulai menyadari kemampuannya dalam berbicara di depan umum. Selain itu, Daniel juga pernah mengikuti program magang di Citibank Australia selama tiga minggu.

Daniel Mananta, MC Kenamaan Indonesia
 

presenter ternamaDaniel dikenal sebagai presenter ternama yang pernah berkarier di MTV dan Indonesian Idol.
Sumber: galerieslafayette.co.id

Sepulangnya dari Australia, Daniel pun kembali ke Mangga Dua untuk bekerja dengan ayahnya. Namun, Daniel semakin menyadari kalau berdagang bukanlah pekerjaan idamannya. Ia pun memutuskan untuk menggeluti dunia public speaking, tepatnya dengan menjadi MC atau pembawa acara.

Daniel menuturkan ketertarikannya dengan dunia public speaking dimulai ketika ia sedang beribadah di gereja. Di sana, ia senang melihat pastor yang mampu membawa suasana saat berbicara di depan umatnya. “Tapi mungkin Tuhan merasa gue kurang suci akhirnya jadi MC. So, here I am now,” katanya.

baca juga: kisah inspiratif Andy F Noya

Jalan Daniel untuk menjadi pembawa acara terkemuka dimulai pada awal 2003. Saat itu, MTV sedang menggelar MTV VJ Hunt, sebuah ajang pencarian bakat untuk menjadi VJ (Video Jockey), sebutan untuk pembawa acara MTV. Daniel pun mengikuti ajang tersebut dan mesti menghadapi sekitar 6,000 kontestan lainnya.

Daniel beralasan keikutsertaannya dalam MTV VJ Hunt hanya sebagai jalan keluar untuk mengatasi kebosanan saat bekerja di Mangga Dua. Ia juga mengaku tergila-gila dengan MTV yang saat itu digandrungi oleh banyak anak muda di Indonesia. Usaha dan kerja keras Daniel pun berbuah manis, ia terpilih sebagai pemenang MTV VJ Hunt edisi 2003. Usai kemenangannya, karier Daniel di dunia hiburan pun dimulai.

Sebagai lulusan MTV VJ Hunt, Daniel pun sering ditugasi membawakan acara-acara MTV. Berkat pekerjaannya itu, ia berkesempatan menemui dan mewawancarai musisi-musisi ternama dunia seperti Linkin Park, Avril Lavigne, The Black Eyed Peas, dan lain-lain. Ia juga sempat memandu acara MTV Asia Awards Red Carpet pada 2004. Sontak, namanya pun semakin dikenal baik di Indonesia dan luar negeri.

Wajah Daniel semakin sering menghiasi layar kaca ketika ia menjadi pemandu acara Indonesian Idol, sebuah program pencarian bakat di bidang tarik suara yang tayang di RCTI setiap pekan. Daniel tercatat memandu acara itu sejak 2003 hingga 2014. Dalam beberapa kesempatan, ia kerap berduet dengan pemandu acara lainnya yaitu Amelia Natasha, Dewi Sandra, dan Pica Prisilia.

Di luar itu, Daniel juga sering memandu acara lainnya yang bertaraf internasional seperti Asian Idol, Miss World, dan Anugerah Planet Muzik. Ia pun sempat membintangi Asia’s Next Top Model sebagai juri tamu pada 2015. Kembali ke dalam negeri, Daniel juga pernah menjadi juri di ajang Indonesian Idol Junior serta menjadi pembawa acara The Voice Indonesia.

vario
Daniel ketika membintangi iklan Honda Vario.
Sumber: okezone.com

Berkat popularitasnya sebagai pembawa acara, Daniel pun digandeng beberapa perusahaan untuk dijadikan bintang iklan. Daniel tercatat pernah menjadi bintang iklan atau ambassador beberapa merk dagang seperti Adidas, HONDA Vario, Nokia, dan Indosat M3. Keahlian membawa acara yang dimiliki Daniel juga membuatnya dianugerahi beberapa penghargaan, yaitu:

  • Tiga kali nominasi Best Presenter di Panasonic Awards.
  • Nominasi Best Presenter in Music di Panasonic Awards 2007.
  • Pemenang Favourite MC di Nickelodeon Kids’ Choice Awards 2008.
  • Nominasi The Best Talent Show Presenter di Panasonic Gobel Awards 2011.
  • Pemenang Best Talent Show Presenter di The Panasonic Gobel Awards 2013.

Popularitas yang dimiliki Daniel secara singkat juga membuat Daniel sempat merasa ‘kagok’ ketika ada orang yang meminta foto bersama. “Siapa gue? Gue cuma pedagang Mangga Dua," katanya. Seiring waktu berjalan, Daniel pun makin terbiasa apabila diajak foto bersama. Ia juga mengaggap fans sebagai orang-orang yang istimewa dalam hatinya. “Mungkin ini keseribu kalinya gue dimintain foto sama orang, tapi mungkin ini untuk pertama kalinya orang itu minta foto sama gue. Jadi kalau ketemu banyak orang gue suka excited sendiri,” kata Daniel.

Mencintai Indonesia ala Daniel Mananta
 

damn i love you
Daniel Mananta menekuni dunia bisnis dengan membuka butik pakaian bernama Damn! I Love Indonesia.
Sumber: damniloveindonesia.com

Sukses dengan profesinya sebagai pembawa acara, Daniel pun ingin kembali menekuni dunia bisnis yang telah cukup lama ia tinggalkan. Akhirnya, pada 2008 ia meluncurkan sebuah concept store yang menyediakan produk busana dengan nuansa Indonesia di FX Senayan, Jakarta. Toko itu diberi nama Damn! I Love Indonesia, kata ‘Damn’ beasal dari singkatan nama Daniel Mananta. Sementara frasa ‘I Love Indonesia’ menjadi wujud kecintaan Daniel pada budaya Indonesia.

Menurut Daniel, nama Damn! I Love Indonesia juga mempunyai filosofi tersendiri. Dengan nama tersebut, Daniel berharap agar anak-anak muda Indonesia mampu mencintai dan bangga dengan budaya Tanah Air-nya sendiri. Ia pun berharap konsumen-konsumen asing dapat mengenal dan mencintai budaya Indonesia.

Pada awal masa berdirinya, Damn! I Love Indonesia hanya memproduksi 150 kaos yang dijual lewat toko kecil milik teman Daniel. Namun, merk dagang milik Daniel itu rupanya mampu berkembang pesat hanya dalam waktu tiga tahun. Produk Damn! I Love Indonesia pun semakin dikenal dan menjadi favorit anak muda Indonesia.

Daniel menuturkan keunikan dan identitas yang dimiliki produknya adalah kunci sukses keberhasilannya dalam berbisnis. Selain itu, Daniel juga menyebut visi dan misi sebuah bisnis juga penting untuk diperhatikan, apalagi kalau dapat mempengaruhi masyarakat. “Pertama, lo harus tahu produk yang mau lo jual. Kedua, tapi yang paling penting lo tahu misi lo menjual produk itu apa? Dan kenapa menjual produk itu?,” kata Daniel kepada ANTARA News.[2]

Ia pun menyebut bisnis yang mampu berpengaruh positif bagi masyarakat kelak akan berkembang lebih baik. Sebab, masyarakat akan mendukung bisnis tersebut. "Kalau sudah begitu, sooner or later akan menjadi besar, asal lo straight sama misi sosialnya," kata Daniel.

Daniel menambahkan, sikap pantang menyerah dan berani ambil risiko juga diperlukan untuk mewujudkan bisnis yang sukses. “Gue suka banget nyobain eksperimen. Kalau gagal ya gue gagal, tapi kalau berhasil gue jadi trend center. Nggak ada salahnya buat eksperimen,” katanya.

Di luar itu, Daniel juga menekankan pentingnya kerendahan hati bagi para pengusaha. Menurutnya, kerendahan hati penting dimiliki untuk memastikan perusahaan berjalan sesuai rencana meski terdapat konflik dengan rekan kerja. “Gue sering berantem sama partner bisnis, dan bisa jadi kebawa ego. Itu butuh kerendahan hati. Kalau mau bagus buat bisnis, gue harus ngalah, dengerin staf yang mereka memang spesialisasinya,” kata Daniel kepada Okezone[3]

Tekad Mulia Daniel Mananta
 

melakukan kegiatan sosial
Daniel suka melakukan kegiatan sosial di samping kesibukannya di dunia hiburan.
Sumber:
biodata.co.id

Setelah sukses dengan kariernya sebagai pembawa acara dan bisnisnya, Daniel mengaku masih punya segudang keinginan yang belum terwujud. Salah satu impiannya adalah menjadi seorang entertainer dan entrepreneur yang mendunia. “Indonesia mungkin udah tahu gue sebagai entertainer dan pebisnis sukses, tapi dunia belum tahu, Asia belum tahu. Jadi gue pengen coba lebih besar dan berkembang lagi,” kata Daniel.

Selain itu, Daniel juga mempunyai cita-cita untuk berduet dengan Ryan Seacrest, pembawa acara kenamaan asal Amerika Serikat. Menurutnya, apabila keinginan itu terwujud maka dirinya sudah sah menjadi pembawa acara tingkat internasional. “Gue pengen banget jadi MC bareng Ryan Seacrest, jadi standarnya udah internasional banget. A lot of things, masih banyak yang belum kesampaian,” kata laki-laki yang pernah membintangi beberapa film dan sinetron ini.

Di samping itu, ia juga mempunyai sebuah tekad yang sungguh mulia, yaitu membangun sebuah gereja di Flores. Tekad ini muncul ketika ia pergi ke sana dan melihat perjuangan masyarakat setempat untuk pergi beribadah. “Ketika saya pergi ke Flores, lihat gereja jelek sekali atasnya seng.. Saya lihat ada seorang ibu yang bawa anaknya mau dibaptis dan bawa kursi juga karena di gereja nggak ada kursi,” katanya kepada Kapanlagi[4]

baca juga: kisah inspiratif Cinta Laura

Setelah berhasil mendirikan gereja pertamanya, Daniel justru merasa ia tak bisa melanjutkan tekad mulia itu lagi. Ia merasa dirinya lebih senang memotivasi anak-anak muda melalui pengalaman hidupnya. “Gua pernah bangun gereja, ke panti asuhan, menghibur orang kanker di Rumah Sakit. Tapi gue kayaknya nggak punya kesabaran sedemikian rupa. Gue lebih ingin memotivasi orang lebih. Panggilan gue seperti itu, enjoy ngomong di depan publik untuk suatu hal,” kata Daniel.

Daniel Mananta telah membuktikan bahwa keberanian berdiri di luar zona nyaman adalah salah satu kunci keberhasilan hidup. Keluar dari zona nyamannya sebagai pedangang di Mangga Dua, Daniel justru berhasil menjadi pembawa acara yang namanya kondang hingga tingkat Asia. Siapkah dirimu untuk mengikuti jejak Daniel? Ayo simak kisah-kisah inspiratif lainnya dalam Kinibisa!


[1] https://www.kapanlagi.com/showbiz/selebriti/daniel-mananta-penjaga-toko-mangga-dua-yang-naik-panggung-dunia-842dcd.html
[2] http://www.antaranews.com/berita/546048/memulai-bisnis-ala-daniel-mananta
[3] http://celebrity.okezone.com/read/2016/07/28/33/1449541/rahasia-sukses-bisnis-pakaian-daniel-mananta
[4] https://www.kapanlagi.com/showbiz/selebriti/menyentuh-ini-cerita-daniel-mananta-saat-bangun-gereja-di-flores-63d029.html