span 1 span 2 span 2

Inspirasi

The Sacred Riana: Totalitas dan Dedikasi Tinggi dalam Mengejar Karier
Oleh : Halimah Nusyirwan
08 Juli 2018

Highlight

Latihan, latihan, dan fokus untuk hasil yang maksimal.

Sosok The Sacred Riana, pemenang Asia's Got Talent 2017
Sosok The Sacred Riana, pemenang Asia's Got Talent 2017.
Sumber: tstatic.net

Misterius dan mistis. Dua kata tersebut nampaknya adalah kata-kata yang paling cocok menggambarkan sosok mentalist muda berbakat, The Sacred Riana ketika pertama kali melihat sosoknya. Disamping penampilannya tersebut, Riana sudah menorehkan prestasi yang membanggakan nama Indonesia baik di dalam negeri maupun di mata internasional. Seperti apa cerita perjalanan The Sacred Riana? Mari kita simak kisahnya bersama Kinibisa!



"Yang paling sulit adalah konsentrasi."

Terlahir dari Keluarga Pesulap
 

Sosok The Sacred Riana
Sosok The Sacred Riana
Sumber: kumpar.com

The Sacred Riana, atau yang biasanya dipanggil Riana adalah salah satu pesulap andal yang berasal dari Indonesia. Riana lahir di Jakarta pada tanggal 13 Juli 1992. Anak sulung dari dua bersaudara ini sudah menaruh minat lebih dengan sulap semenjak ia kecil. Hal ini disebabkan oleh ayahnya yang ternyata juga merupakan seorang pesulap. Riana mulai mengenal serta belajar mengenai hal-hal sulap dengan bantuan sang ayah yang senantiasa menjadi guru untuknya.

Bakatnya dalam dunia sulap rupanya membuka jalan Riana untuk mengembangkan dirinya dan mencoba kesempatan yang lebih besar. Deddy Corbuzier adalah sosok yang membantu Riana untuk meraih impiannya tersebut dengan debut di layar kaca Indonesia. Kemunculan perdananya di depan publik Indonesia adalah ketika ia mengikuti kompetisi sulap yang diadakan oleh Deddy Corbuzier, yang dinamai The Next Mentalist yang disiarkan di stasiun TV swasta, Trans 7. Kemunculan Riana saat itu sukses menarik perhatian masyarakat dikarenakan penampilan uniknya sebagai The Sacred Riana.

Karakter The Sacred Riana rupanya dibuat dengan bantuan Deddy Corbuzier bersama tim kreatif The Next Mentalist pada tahun 2014. Riana berhasil menarik minat Deddy dengan kemampuannya serta bakatnya dalam dunia sulap. Ia pun akhirnya diajak untuk bergabung dengan acara tersebut tanpa harus melalui tahap audisi. Selama proses acara tersebut, Riana diharuskan mampu membuat karakternya terlihat berhasil dan meyakinkan.

"The Sacred Riana pertama kali muncul di acara The Next Mentalist, bermula dari situ. Tapi sebelumnya Riana sudah perform-perform juga," kata Bow Vernon selaku manajernya dikutip dari MSN (19/12/2017).

Nama ‘The Sacred Riana’ juga rupanya menyimpan cerita tersendiri mengenai alasan dibalik dipilihnya nama tersebut.

"Kenapa The Sacred? Sacred artinya suci atau sakral. Karena Riana banyak bermain dengan hal mistis, supranatural, yang sebagian orang berpikir itu hal sakral yang tidak bisa diganggu gugat, kita mengambil nama itu," ungkap Bow dikutip dari MSN (19/12/2017).

Melalui proses yang panjang dengan belajar dan mencari referensi sebanyak-banyaknya demi membangun karakternya tersebut, akhirnya Riana bisa membangun karakter baru dan unik yang tentunya mampu membuat masyarakat tertarik dengan penamplannya tersebut.

Terdapat fakta menarik mengenai sosok The Sacred Riana yang sesungguhnya. Karakter The Sacred Riana rupanya bertolak belakang dengan sosok Riana di kehidupan sehari-hari. Riana yang asli adalah seorang perempuan dengan kepribadian lembut dan manis. Hal ini tentunya tidak terduga mengingat sosok Riana yang selama ini dikenal dengan aura misterius dan seram tersebut.

Kerja kerasnya menjadi sosok The Sacred Riana dan berkompetisi di acara tersebut membuahkan prestasi untuk Riana. Ia mampu tampil memukau di acara tersebut dengan teknik ilusinya dan bertahan hingga babak final. Riana pun akhirnya keluar menjadi Runner Up atau juara kedua di The Next Mentalist yang saat itu dimenangkan oleh Russel Rich.

Asia’s Got Talent 2017
 

Penampilan The Sacred Riana di ajang Asia's Got Talent 2017
Penampilan The Sacred Riana di ajang Asia's Got Talent 2017
Sumber: okezone.com

Keberhasilannya menjadi juara kedua di acara tersebut sudah merupakan pencapaian besar untuk Riana mengingat dirinya yang terbilang sangat baru di industri tersebut. Akan tetapi, perempuan yang mengidolakan David Copperfield ini rupanya tidak berhenti meraih prestasi setelah acara tersebut usai. Ia memutuskan untuk mengikuti kompetisi yang lebih besar dengan skala Asia, yaitu Asia’s Got Talent (AGT) pada tahun 2017. Ia kembali menarik perhatian mayarakat Indonesia sebagai perwakilan Indonesia dengan penampilan ikonisnya tersebut.

baca juga: kisah inspiratif Deddy Corbuzier

Pesona Riana rupanya juga berhasil menarik minat penonton internasional. Ia mendapatkan banyak dukungan dari orang-orang yang menonton AGT dikarenakan kesukaan mereka dengan penampilan Riana selama ajang kompetisi ini berlangsung. Riana pun akhirnya berhasil masuk ke babak final dan tanpa diduga, ia akhirnya menjadi juara pertama di Asia’s Got Talent 2017 dan membawa pulang uang sebesar US $100.000.

Tidak Cepat Puas dengan Kesuksesan yang Ada
 

The Sacred Riana dan bonekanya yang bernama 'Riani'
The Sacred Riana dan bonekanya yang bernama 'Riani'
Sumber: malangtoday.net

Banyak sekali masyarakat Indonesia yang bangga dengan prestasi Riana sebagai pesulap dengan aliran bizzare illusionist di acara tersebut. Ia berhasil mengharumkan nama Indonesia dan Riana pun akhirnya menjadi lebih terkenal baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Keberhasilannya dalam acara skala Asia tersebut rupanya tidak membuat Riana cepat puas. Baru-baru ini ia kembali menguji dirinya dengan mengikuti ajang kompetisi yang lebih besar yaitu America’s Got Talent 2018. Ia tampil dengan gaya andalannya sebagai The Sacred Riana yang saat itu menarik perhatian media serta masyarakat Amerika dengan penampilan misteriusnya dan menjadi pembicaraan dunia atas penampilan serta talentanya tersebut. Walaupun ia mendapatkan satu lampu merah dari salah satu juri, yaitu Simon Cowell, Riana tetap berhasil meraih tiga ‘yes’ untuk penampilannya tersebut dari ketiga juri lainnya. Saat ini Riana tengah menunggu kepastian apakah ia berhasil masuk ke tahap selanjutnya.

"Sekarang lagi nunggu apakah kami lolos ke babak selanjutnya atau tidak. Kan kita dapet satu No dan tiga Yes, jadi kami harus nunggu konfirmasinya," ujar Bow dikutip dari Bangkapos (05/07/2018).


Sosok The Sacred Riana berhasil membuat harum nama Indonesia di kancah internasional. Totalitasnya membangun sosok ikonisnya tak luput dari usaha dan kerja keras yang ia lakukan untuk menjadikan The Sacred Riana sukses sebagai salah satu Mentalist Indonesia. Kisah perjuangan Riana tentunya dapat menginspirasi anak-anak muda yang ingin berkarier di dunia sulap. Simak kisah tokoh inspiratif lainnya bersama Kinibisa!