span 1 span 2 span 2

Inspirasi

Demian Aditya: Illusionist Indonesia di America's Got Talent 2017
Oleh : Halimah Nusyirwan
12 Juli 2018

Highlight

Semua orang bisa ngelakuin sulap. All you have to do is just believe.

Sosok Demian Aditya
Sosok Demian Aditya
Sumber: tstatic.net

Demian merupakan salah satu illusionist yang berhasil membangun namanya di dunia per sulapan Indonesia. Namanya mulai dikenal sejak tahun 2007 ketika ia menjadi host acara sulapnya yang tayang di stasiun ANTEVE. Ia kini juga dikenal dengan penampilannya yang mampu menarik perhatian masyarakat internasional saat mengikuti America’s Got Talent 2017 lalu. Seperti apa kisah inspiratif dari seorang Demian? Simak kisahnya bersama Kinibisa!



"Saya punya mimpi kalau suatu hari nanti ketika saya perform bisa dilihat sama dunia."

Ilusionist yang Mengawali Karier Lewat Abang None 2002
 

Demian Sang Illusionist
Demian Sang Illusionist
Sumber: 
tstatic.net

Demian Aditya, atau yang memiliki nama asli Aditya Prambudhi ini lahir di Tegal pada tanggal 19 Juni 1980. Ia merupakan illusionist terkenal yang memiliki wajah rupawan dan disenangi para wanita. Ia mulai menjajaki dunia sulap sejak ia berusia 10 tahun. Demian juga mengakui bahwa saat itu ia belajar sulap dengan cara otodidak.

Sosok Demian pertama kali dikenal oleh orang-orang bukan sebagai pesulap melainkan sebagai salah satu kontestan Abang None Kepulauan Seribu & Jakarta. Saat itu Demian mengikuti tahap seleksi yang panjang hingga ia berhasil membawa dua penghargaan. Ia dinobatkan sebagai Abang Persahabatan 2002 serta Abang Favorit 2002.

Setelah ia mengikuti ajang Abang None tersebut, ia mulai fokus pada kariernya di dunia sulap. Pada tahun 2007, Demian akhirnya melakukan debut perdana TV-nya dengan menjadi presenter acara yang bertajuk Demian Sang Illusionist. Acaranya ditayangkan di stasiun TV ANTEVE dan karena acara ini memasukkan nama Demian sebagai judul acara, Demian pun dijuluki ‘Demian Sang Illusionist’ para penonton dan penggemar setianya. Acara yang berlangsung selama 2 tahun ini berhasil menjadi salah satu acara sulap favorit masyarakat Indonesia.

Kariernya di dunia sulap dan presenter tidak hanya sampai di situ. Pada tahun 2009 ia tidak lagi melanjutkan acara pertama yang membesarkan namanya tersebut. Ia mendapatkan tawaran dari stasiun TV lainnya yaitu SCTV untuk menjadi host di acara sulap miliknya yang dinamakan House of Demian. Acara ini berlangsung selama setahun dari 2009 sampai 2010. Lalu, di tahun 2010 ia kembali di ajak menjadi host acara sulap yang juga tidak kalah menarik dan terkenal di kalangan masyarakat dan acara itu dinamai Gara-Gara Magic di saluran TRANS 7.

Keberhasilan Demian di Pertelevisian Indonesia
 

Demian Aditya
Demian Aditya
Sumber: malesbanget.com

Kesibukan seorang Demian sebagai illusionist papan atas Indonesia membuatnya sibuk dengan padatnya jadwal show Demian. Ia aktif sebagai pengisi tetap acara Karnaval SCTV. Ia juga selalu diundang ke berbagai acara ulang tahun televisi dan perusahaan bergengsi lainnya, seperti bank swasta. Ia sempat rajin lalu Lalang di layar kaca pemirsa Indonesia dengan menjadi bintang tamu dan tampil dengan sulapnya tersebut di berbagai acara.

Demian memang sudah menjadi salah satu pesulap andal tanah air. Ia juga berhasil membangun nama beserta kariernya di dunia per sulapan. Keberhasilannya ini tak luput dari perhatian kawan-kawan sesama pesulapnya, seperti Deddy Corbuzier. Bakat Demian diakui oleh Deddy dan ia juga sempat memuji sosok Demian dengan kreativitas dan keberaniannya tersebut.

America’s Got Talent 2017
 

Demian saat mengikuti America's Got Talent 2017
Demian saat mengikuti America's Got Talent 2017
Sumber: static6.com

Terkenal di Indonesia tidaklah membuat Demian merasa puas dengan pencapaiannya tersebut. Ia kembali menantang diri dan kariernya dengan mengikuti America’s Got Talent 2017. Keterlibatannya dalam acara berskala internasional tersebut rupanya menyimpan cerita tersendiri.

Demian yang kala itu aktif di media sosialnya itu rupanya berhasil menarik perhatian produser acara America’s Got Talent dengan bakat serta penampilan sulapnya. Ia pun akhirnya pertama kali diundang untuk melakukan audisi di acara ini pada tahun 2016.

“Jadi awalnya itu semuanya berawal dari tahun 2016. Kalau nggak salah tepatnya itu di bulan Januari 2016. Dapatlah email masih tapi email yang masuk itu masuk ke email yang social media.” tutur Demian saat menjadi Bintang tamu di acara Sarah Sechan (31/05/2017).

Akan tetapi, Demian yang sudah menerima dan bersedia untuk tampil di acara tersebut, harus membatalkan penampilannya karena mengalami masalah saat mengurus visa Amerikanya sehingga tidak memungkinkan Demian untuk terbang ke negeri Paman Sam tersebut.

“Kan persiapan 3 bulan, aku udah nyiapin semua. Tiba-tiba visa aku nggak keluar jadi tanggal visanya aku harus wawancara persis sama tanggal pas aku harus berangkat jadi aku nggak bisa.” Lanjutnya dikutip dari Sarah Sechan (31/05/2017).

Kegagalannya dalam tampil di acara skala dunia yang bergengsi tersebut tentu tidak menyurutkan impian dan harapan Demian untuk mencoba hal tersebut. Tak disangka-sangka, Demian kembali diundang oleh pihak America’s Got Talent 2017. Kesempatan kedua ini tentu tidak akan disia-siakan oleh Demian. Ia pun berusaha keras untuk dapat tampil di Amerika dan harapannya tersebut akhirnya terwujud. Namun, sebelum ia berhasil tampil di panggung AGT 2017, ia mengalami beberapa kendala dengan timnya.

“Pada saat itu kan ada banyak drama lah sebelum akhirnya bisa peform disitu. Karena kayak krunya gak bisa berangkat terus udah gitu visanya mereka nggak keluar dan itu jua seminggu sebelum jadi aku harus latihan sama tim yang aku belum pernah kenal sama sekali.” Ujarnya dikutip dari acara Sarah Sechan (31/05/2017).

Demian sukses memukau para juri AGT 2017 dengan permainan magic-nya. Saat itu, ia tampil dengan menantang nyawanya dengan berusaha melepaskan diri dari kunci dan borgol yang menempel pada dirinya. Jika ia tidak berhasil lolos dalam waktu yang ditentukan, nyawa Demian tentunya akan dalam bahaya dan bahkan bias mengakibatkan kematian.

baca juga: kisah inspiratif The Sacred Riana

Demian rupanya berhasil menaklukkan tantangan tersebut dan membuat kagum para juri dan penonton acara. Ia pun mendapatkan berbagai pujian dari para juri dan akhirnya ia lolos audisi dan tampil di tahap selanjutnya. Sayangnya kesuksesan Damian di acara tersebut tidak berlangsung lama, ia gugur pada tahap semi-final dikarenakan adanya masalah dalam penampilannya saat itu. Kegagalannya masuk final America’s Got Talent tentu bukanlah akhir dari perjalanan Demian di dunia sulap. Pencapaiannya dengan sampai di tahap semi-final merupakan sebuah prestasi besar mengingat ia menjadi magician yang mewakili nama Indonesia dan bisa sampai di tahap tersebut. Ia pun juga sudah mengharumkan nama negara di ajang kompetisi internasional.

Saat ini Demian aktif membagikan video-video perjalanan sulapnya di situs Youtube. Terdapat segmen khusus di Youtubenya yang diberi judul Magis Traveler. Di video-video tersebut, ia memperlihatkan kegiatan sulapnya baik ketika di dalam maupun luar kota dan juga bersama artis dan orang-orang lainnya.


Keberhasilan Demian dengan karier illusionist-nya tentu menjadi kebanggaan untuk Demian dan juga masyarakat Indonesia. Ia mampu membuktikan bahwa ia bisa mengembangkan sayapnya di kancah internasional sebagai seorang illusionist Indonesia. Dedikasi yang tinggi serta keberaniannya dalam menampilkan yang terbaik patut diapresiasi. Kisah Demian ini tentu dapat menginspirasi anak-anak muda dalam meraih cita-cita. Simak kisah inspiratif tokoh lainnya di Kinibisa!