span 1 span 2 span 2

Inspirasi

Raisa Andriana: Dari Paduan Suara hingga Konser Tunggal
Oleh : Ardito Ramadhan
08 Mei 2018

Highlight

Jika ada ungkapan yang mengungkapkan tak ada kesempatan kedua, itu salah besar. Anda masih punya kesempatan kedua atau berapapun kalau Anda bisa menciptakannya.

Raisa
Raisa Andriana adalah salah satu penyanyi Indonesia yang paling populer saat ini.
Sumber: wp.com

Saat ini, Raisa barangkali merupakan penyanyi papan atas Indonesia yang pasti diketahui oleh hampir setiap orang di Indonesia. Namun, tahukah kamu bagaimana kisah perjalanan Raisa untuk berada di posisinya sekarang? Ayo simak kisah inspiratif Raisa di Kinibisa!



"Jangan hanya karena satu atau dua alasan lantas Anda mundur seribu langkah ke belakang."

Bakat Musik Raisa Muncul Sejak Cilik
 

Raisa yang memiliki nama lengkap Raisa Andriana lahir di Jakarta pada 6 Juni 1990. Ia merupakan anak kedua dari dua bersaudara. Bakat menyanyi Raisa juga sudah terlihat sejak kecil. Di usia tiga tahun, sering pura-pura bernyanyi seakan sedang tampil di atas panggung. Lagu favoritnya saat itu adalah original soundtrack film Alladin yang berjudul A Whole New World.

Perempuan yang dipanggil Yaya oleh orang-orang di dekatnya itu menghabiskan masa kecil dan remajanya di Jakarta dan Depok. Raisa memulai sekolahnya di Taman Kanak-kanak Dian Didaktika yang berada di Depok. Di sana, Raisa berkembang menjadi seorang perempuan yang manis dan cerdas. Bakat menyanyinya pun semakin terlihat karena ia sering tampil menyanyi di depan kelas.

transformasi raisa
Transformasi sosok Raisa sejak kecil hingga dewasa.
Sumber: tstatic.net

Raisa melanjutkan sekolahnya di Sekolah Dasar yang sama, yaitu SD Dian Didaktika. Saat duduk di bangku kelas tiga sekolah dasar, Raisa terpilih sebagai tim paduan suara karena suaranya yang bagus. Hal ini menjadi bukti kalau bakat menyanyi Raisa semakin berkembang.

Memasuki usia Sekolah Menegah Pertama, Raisa kembali bersekolah di SMP Dian Diaktika. Beranjak ke usia remaja, kemampuan olah vokalnya semakin mengagumkan. Bahkan guru musiknya kewalahan apabila diminta mengiringi Raisa menyanyi. Di sana, Raisa juga tergolong sebagai murid yang cerdas.

Setamat SMP, Raisa pindah ke SMA Negeri 34 yang terletak di Jakarta Selatan. Di sana, ia bertemu dengan kakak kelasnya yang kelak akan menjadi penyanyi papan atas Indonesia, Afgansyah Reza alias Afgan. Ketika duduk dibangku SMA inilah Raisa mulai rajin mengikuti kegiatan pentas seni yang membuat keahlian bernyanyinya semakin bagus.

Setelah lulus SMA, Raisa melanjutkan pendidikannya di pendidikannya dengan berkuliah di Universitas Bina Nusantara Internasional. Di sana, ia mengambil jurusan Marketing Internasional Bisnis. Ketika duduk di bangku kuliah inilah Raisa memulai karir bermusiknya.

Sempat Dikeluarkan dari Sebuah Band
 

raisan dan kevin aprilio pernah satu band
Raisa dan Kevin Aprillio pernah tergabung dalam band bernama Adante. Kelak, Adante akan dikenal masyarakat dengan nama Vierra.
Sumber: twimg.com

Di tengah-tengah kesibukkan kuliah, Raisa tetap fokus untuk menapaki cita-citanya sebagai penyanyi. Pada 2008, Raisa direkrut oleh Kevin Aprillio untuk menjadi vokalis dalam band bentukannya yang bernama Adante. Selain Raisa dan Kevin, band ini juga diperkuat oleh Widy Soediro Nichlany, Raka Cyril, dan Satrianda Widjanarko.

Sebelum band ini sempat bersinar, Raisa terpaksa meninggalkan Adante dan memilih bersolo karir. Sebabnya, ketika label rekaman yang menaungi Adante ingin mengubah konsep musik yang dimiliki band itu. Akibatnya, Raisa harus dikorbankan untuk keluar dari Adante. Tak lama berselang, Adante berubah nama menjadi Vierra yang cukup populer dalam dunia musik Indonesia.

Setelah pergi dari Adante, Raisa menjadi penyanyi di beberapa kafe yang ada di Jakarta. Profesinya sebagai penyanyi kafe membuka peluang karir Raisa untuk menjadi penyanyi ‘sungguhan’. Melalui akun Youtube miliknya, Raisa juga kerap mempertontonkan kebolehannya dalam bernyanyi dengan mengunggah video cover version dari lagu-lagu yang dinyanyikan musisi ternama seperti Brian McKnight, Kings of Leon, dan John Legend

Tepat ketika memasuki usianya yang ke-20, Raisa merilis single perdananya yang berjudul “Serba Salah” versi akustik melalui media sosial miliknya. Dengan lagu inilah popularitas Raisa mulai menanjak, tercatat single “Serba Salah” diputar lebih dari 10,000 kali di laman MySpace milik Raisa.

Merilis Album Hingga Dipuji David Foster
 

tampil di acara
Raisa ketika tampil dalam sebuah acara.
Sumber: republika.co.id

Berkat popularitasnya yang semakin tinggi, undangan manggung silih-berganti menghampiri Raisa. Java Jazz Festival 2011 merupakan salah satu panggung besar di awal karier Raisa. Performanya yang memukau di panggung tersebut semakin meroketkan popularitas Raisa.Selain disibukkan jadwal manggung. Raisa juga mulai serius menggarap album perdananya.

Demi mewujudkan album debutnya, Raisa pun menggandeng musisi-musisi muda Tanah Air. Pemain gitar grup band RAN, Asta Andoko didaulat sebagai produser album ini bersama Ramadhan Handy dan Adrianto Ario Seto dari Soulvibe. Pada Mei 2011, album ini dirilis dengan tajuk Raisa dan berada di bawah naungan Solid Records dan Universal Music Indonesia.

Album yang memiliki beberapa lagu andalan berjudul ”Serba Salah”, “Apalah (Arti Menunggu)”, dan “Could It Be” ini disambut baik oleh masyarakat. Buktinya, album ini menduduki peringkat kelima album terlaris di Indonesia sepanjang 2012 dan lagu-lagu andalannya selalu menduduki posisi top three.  Majalah musik kenaamaan, Rolling Stone, menyebut Raisa resmi menjadi saingan berbahaya penyanyi solo Indonesia setelah merilis album perdananya[1].

Berkat album ini, Raisa juga mendapat berbagai penghargaan. Misalnya ia terpilih sebagai Pendatang Baru Terbaik dalam Anugrah Musik Indonesia 2012 dan Anugerah Planet Muzik 2012 sebagai Best New Female Artist.

Raisa juga semakin banyak menerima undangan manggung. Salah satunya ketika ia didaulat untuk berduet dengan komposer kawakan, David Foster. Raisa yang saat itu menyanyikan lagu Whitney Houston berjudul ‘I Have Nothing’ dipuji oleh musisi asal Kanada itu. "Tahun depan dia akan jadi bintang yang lebih besar. Ini lagu Whitney Houston tapi dibawakan dengan gaya sendiri. Dia original," puji David Foster dikutip dari Dreamers.[2]

Heart to Heart dan Konser Tunggal
 

heart to heart
Kover album Heart to Heart, album kedua Raisa yang dirilis pada 2013.
Sumber: wikimedia.org

Pada 2013, Raisa merilis album keduanya yang diberi tajuk Heart to Heart. Lagu-lagu yang masuk dalam album ini pun merajai tangga lagu Indonesia pada tahun itu. Lagu-lagu itu antara lain ‘Pemeran Utama’, ‘Bye Bye’, dan ‘Mantan Terindah’. Ia menggandeng beberapa artis ternama seperti Yovie Widianto, Tulus, dan Tangga untuk mengisi lagu-lagu dalam album ini.

Menurut Raisa, album tersebut menunjukkan kedewasaannya dalam bermusik. “Ada kedewasaan karena sudah menambah jam terbang. Jadi lebih matang di vokal dan musiknya,” kata Raisa di akun Youtube miliknya.[3]  Raisa pun menegaskan dirinya bukanlah penyanyi yang sekedar ‘numpang lewat’. “I’m here to stay! Insha Allah ini album kedua sudah launch. Dan pastinya akan ada lagi album ketiga, keempat, kelima, keenam, tujuh, delapan, sembilan, sepuluh,” kata Raisa dikutip dari Flagig.[4]

Seperti album sebelumnya, album yang masih diproduseri tim produser yang sama ini juga memperoleh berbagai penghargaan. Misalnya, Raisa dinominasikan sebagai Artis Solo Wanita Terbaik pada Anugerah Musik Indonesia 2014 namun gagal memenangkannya. Ia baru memenangkan penghargaan ketika terplih sebagai Female Singer of The Year versi Indonesian Choice Awards 2014. Di ajang yang sama, album Heart to Heart dipilih menjadi Album of The Year sementara lagu ‘Pemeran Utama’ didaulat sebagai Song of The Year.

Selain memborong berbagai penghargaan, album ini juga dipuji oleh beberapa kritikus musik Indonesia. Salah satunya adalah Bens Leo yang menyebut Raisa sebagai bintang paling bersinar pada tahun itu. "Kualitas vokal, interpretasi lagu dan sebagai performer, dia sangat bagus," katanya kepad wowkeren.com. Album Heart to Heart juga memperoleh penjualan yang memuaskan dengan menduduki peringkat satu penjualan di salah satu gerai musik terbesar se-Indonesia, Disc Tarra.

Meski baru mengeluarkan dua album, Raisa berniat untuk menyelenggarakan konser tunggal pertamanya. “Mengapa harus dibatasi? Penyanyi di luar negeri, hanya mengeluarkan 1 album saja, sudah menggelar world tour,” kata Raisa dikutip dari Femina[5]. Keputusannya menggelar konser tunggal rasanya merupakan keputusan yang tepat. Konser yang diselenggarakan di Jakarta itu dihadiri oleh sekitar lima ribu penggemarnya.

Tak hanya itu, terlihat pula penyanyi-penyanyi senior seperti Titi DJ dan Krisdayanti yang menonton konser tersebut. "Dengan banyaknya penonton ini membuktikan Indonesia sudah dapat menempatkan musiknya menjadi tuan di rumah sendiri. Semoga teman-teman musisi lokal yang lain semakin banyak yang dapat mengadakan konser impiannya." kata Raisa dikutip dari CNN Indonesia.[6]

Handmade
 

handmade
Raisa merilis album ketiganya pada 2016. Album tersebut diberi nama Handmade.
Sumber: rollingstone.co.id

Setelah sukses pada dua album sebelumnya, pada 2016 Raisa kembali mengeluarkan album yang kali ini diberi tajuk Handmade. Penamaan handmade ini tak lepas dari keputusan Raisa untuk menggarap album ini sendiri tanpa adanya campur tangan label rekaman. “Sekarang kan udah buat sendiri, manajemen sendiri, semua sendiri,” kata Raisa di akun Youtubenya[7]

Tak hanya dari sisi produksi, kemandirian Raisa juga berpengaruh pada proses penciptaan lagu. Bagi Raisa, hal itu dirinya lebih mudah menuangkan emosinya ke dalam lagu.“Aku bisa lebih mengakses emosiku di sini,” katanya[8]. Ia juga mengaku seiring bertambahnya usia, lagu-lagu ciptaannya semakin ‘dewasa’. “Memang lebih dewasa. Masa kita dari lima-enam tahun lalu masih sama saja,” kata Raisa menambahkan.

Dalam album ini, Raisa mengundang murid-murid dari bekas sekolahnya untuk mengisi sebuah lagu. Menurut Raisa, hal ini merupakan bentuk terima kasih kepada lingkungan yang telah membesarkannya. “Aku memang butuh sama mereka, Cuma bisa giveback sama lingkungan yang dulu membesarkan aku jadi penyanyi itu senang banget,” kata Raisa antusias.

Meski dikerjakan secara mandiri, album handmade ternyata mampu mendulang sukses seperti pendahulunya. Buktinya, album ini ludes terjual hanya dalam 15 menit dalam sistem pre-order di sebuah situs e-commerce. Lewat album ini Raisa juga memenangkan penghargaan Song of The Year dan Female Singer of The Year versi Indonesian Choice Awards 2017.

Tips dari Raisa untuk Para Musisi
 

raisa andrianaRaisa Andriana.
Sumber: klimg.com

Sukses menjadi penyanyi tidak membuat Raisa tinggi hati. Ia tidak sungkan berbagi tips dalam meraih mimpu, khususnya sebagai seorang penyanyi. Menurutnya, setiap orang mesti menikmati proses jatuh bangun dalam meraih mimpi mereka. “Kalau melewati setiap prosesnya nanti tahu oh maksudnya tahap tiga tuh ini. Jangan melulu pengen sampe di titik akhir,” kata Raisa kepada CNN Indonesia[9]

Tips berikut dari Raisa adalah jangan mudah menyerah. Ia berpesan kepada orang-orang untuk menekuni kesukaan dan bakat yang dimiliki seulet mungkin. “Jangan hanya karena satu atau dua alasan lantas Anda mundur seribu langkah ke belakang,” katanya. Ia juga menekankan pentingnya untuk mengantisipasi kegagalan. Aku sih dari dulu mempersiapkan itu. Sedih pasti tapi enggak putus asa juga. Enggak bikin cari mimpi lain," katanya menambahkan.

baca juga: kisah inspiratif Maudy Ayunda

Terakhir, ia berpesan kepada setiap orang untuk menciptakan peluang. “Jika ada ungkapan yang mengungkapkan tak ada kesempatan kedua, itu salah besar. Anda masih punya kesempatan kedua atau berapapun kalau Anda bisa menciptakannya,” kata Raisa. Ia bercerita meski sering ditolak produser ia justru membuat peluang sendiri dengan memproduksi dan memasarkan album secara mandiri. “Opportunity dibuat sendiri aja. Zaman sekarang makin mudah. Ya sudah, sikat!" katanya.

Selain itu, ia juga memiliki pesan bagi penyanyi muda yang ingin memiliki suara merdu sepertinya. “Aku kalau sebelum manggung atau di kamar hotel siap-siap mau nyanyi aku selalu siap air hangat, madu sama lemon. Kita bilang ramu‎an putri keraton,”kata Raisa kepada Okezone.

Semoga cerita Raisa di atas dapat menginspirasi kamu ya! Khususnya buat kamu yang bercita-cita menjadi penyanyi seperti Raisa. Siapkah kamu meraih mimpimu? Ayo bergabung bersama Kinibisa untuk menjadi #GenerasiKompeten!


[1]http://rollingstone.co.id/article/read/2011/06/13/1658857/1101/young-guns-2011-raisa
[2]http://hiburan.dreamers.id/article/3771/wah-penampilan-raisa-dipuji-david-foster
[3]https://www.youtube.com/watch?v=kBC3hHd9_hg
[4]http://flagig.com/lifestyle/raisa-album-launching-heart-to-heart/
[5]http://www.femina.co.id/celebrity/nser-tunggal-raisa
6]http://www.cnnindonesia.com/hiburan/20150525010829-227-55379/konser-tunggal-bentuk-arti-menunggu-dari-raisa/
[7]https://www.youtube.com/watch?v=8DetvoKmW70
[8]https://www.youtube.com/watch?v=-ZQNeVlPgr4
[9]http://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150420183551-277-47956/tips-sukses-ala-raisa-nikmati-proses-jatuh-bangun/