span 1 span 2 span 2

Inspirasi

Isyana Sarasvati: Cerita Diri Mewujudkan Namanya
Oleh : Nanda Aulia Rachman
05 Mei 2018

Highlight

Katanya sih bapak aku kalau membuat nama teliti banget, sama pengen banget ada artinya.

isyanaMerupakan salah satu penyanyi Indonesia yang paling ternama saat ini. Tak hanya populer, ia juga telah memenangkan banyak penghargaan.
Sumber: jakpost.net

Industri musik Indonesia mempunyai banyak solois muda berbakat dalam beberapa tahun terakhir. Beberapa nama tenar seperti Raisa, Afgan, Kunto Aji dan Tulus berhasil menembus dunia musik papan atas di usia mereka yang belum menginjak kepala tiga. Kali ini Kinibisa akan menyorot salah satu penyanyi muda bertalenta asal kota Bandung, Isyana Sarasvati.



"Kalau aku dari kecil sudah musik banget ya, jadi aku benar-benar pengen banget build a music center."

Dara cantik yang lahir pada 2 Mei 1993 ini merupakan seorang penyanyi, penulis lagu dan pianis. Ia pertama kali terjun ke industri musik tanah air pada tahun 2014 dengan mengeluarkan sebuah single berjudul “Paseban Café” dan “Keep Being You”. Vokal merdu, bulat nan renyah, paras manis, dan kemampuan bermusik yang mumpuni membuat Isyana tak bersusah diri merebut hati masyarakat Indonesia, terutama kaum lelaki. Semenjak itu, dara manis ini terus mengukuhkan dirinya sebagai salah satu kuda hitam di belantara musik Indonesia dengan meluncurkan satu album pada 2015 dan empat single lainnya hingga saat ini.

Prodigi Musik
 

Mungkin benar kata orang kalau nama merupakan doa orang tua. Arti nama Isyana Sarasvati sendiri berasal dari Bahasa sanskerta yang berarti dewi musik yang sejahtera. Isyana sendiri mengaku bahwa sampai dengan umurnya satu bulan, ia dipanggil “bayi” oleh kedua orang tuanya. "Katanya sih bapak aku kalau membuat nama teliti banget, sama pengen banget ada artinya," kata Isyana dikutip dari detik.com (14/04/2016).

video klip tetap dalam jiwa
Video klip salah satu lagu pertama Isyana, Tetap dalam Jiwa.
Sumber: nurfauzia.my.id

Semua yang Isyana mampu raih saat ini tentunya tidak datang begitu saja. Darah musik yang kental mengalir di dalam dirinya mungkin menjadi salah satu alasannya. Ibunya yang merupakan seorang guru musik mengenalkan Isyana kecil terhadap musik dan instrumennya dikala ia menginjak usia 4 tahun. Ia pun langsung jatuh cinta dan terus mengembangkan bakatnya dengan arahan sang ibu. Pada usia yang terbilang muda, adik dari Rara Sekar (Banda Neira) ini sudah mampu memainkan beberapa instrumen seperti piano, electone, flute, biola, dan saksofon.

Dengan talenta musik yang besar, anak bungsu dari pasangan Luana Marpanda dan Sapta Dwikardana ini menekuni pendidikannya di bidang yang sama. Pada usia 16 tahun, mojang Bandung ini menerima beasiswa untuk bersekolah di Nanyang Academy of Fine Arts (NAFA) Singapura, salah satu institut musik terbaik di Asia. Berbagai prestasi di bermacam bidang musik telah ia raih selama berkuliah disana, antara lain;

  1. Opera
    • Opera "La Princesse Jaune" in Singapore, as Lena (2014)
    • Grand Premiere of "Clara" with Ananda Sukarlan & Orchestra in Indonesia, as Clara (2014)
    • Opera Comique "At The Airport" with New Opera Singapore, as Air Stewardess (2013)
    • Singing Duet, Love Philosophy NAFA Concert Series, Singapore (2013)
    • Soloist in Opera Comique 2, In The Class Room with New Opera Singapore (2012)
    • NAFA Opera Scene, Singapore, as Rosina & Papagena (2012)
    • NAFA Opera Scene Commedia Lirica, Singapore, as Nanneta (2011)
  2. Soloist dan Recitalist
    • Soloist in Vocal Recital "The Rising Star Concert Series", The Resonanz Music Studio, Jakarta (2015)
    • Classical Goes To Cinema, Jakarta (2014)
    • Juvenum New Year Concert, Jakarta (2014)
    • Wonderful Christmas Concert, Aula Simfonia Jakarta – Indosiar (2013)
    • Soloist in Dinner en Blanc Event, Singapore (2013)
    • Soprano Solo LOVE, NAFA Consert Series (2013)
    • Soloist Vocal The High Scorers Concert Diploma Nanyang Academy of Fine Arts (NAFA)
    • Soloist Guest as the 1st Winner Competition in Final 7th Tan Ngiang Kaw/Tan Ngiang Ann Vocal Competition, Singapore (2013)
    • Soloist, in Remembering Zubir Said’s legacy (Singapore)
    • Soloist Soprano (R. Strauss, Four Last Songs) with NAFA Orchestra, NAFA Concert Series (2012)
    • Soloist in Concert The Resonanz Music Studio, Jakarta (2012)
    • National High Achievers’ ABRSM Concert 2007, Indonesia (2007)
    •  National High Achievers’ ABRSM, Indonesia (2004).
  3. Piano dan Electone
    • 2 kali Finalis Nasional Yamaha Competition
    • 4 kali Juara 1 Kompetisi Piano Se-Jawa Barat
    • Meraih sertifikasi ABRSM Grade VII (2007)
    • 3 kali Juara Grand Prix Asia Pacific Electone Festival (2005,2008,2011)
    • Semifinalis Yamaha Electone Concours di Jepang (2012)

Dengan raihan akademis yang membanggakan, Isyana meraih gelar diploma di 2013 dan mendapatkan beasiswa lanjutan dari Royal College of Music London. Di tahun 2015, ia resmi meraih gelar Bachelor of Music (B. Mus) dan meraih predikat sebagai lulusan terbaik.

Bermula di Media Sosial
 

Musisi yang berkecimpung di genre music R&B, Pop, Soul dan Jazz ini dikenal aktif berkicau di media sosial, seperti kebanyakan millennials lainnya. Pada 2013, jagat dunia maya diramaikan oleh seorang perempuan cantik asal Bandung yang aktif bernyanyi dan meng-cover ­lagu di akun media sosialnya. Sejak saat itu nama Isyana mulai dikenal banyak Netizen.

Isyana Sarasvati
Isyana Sarasvati merupakan musisi yang multitalenta. Ia mampu menguasai berbagai alat musik seperti piano, biola, dan saksofon.
Sumber: bp.blogspot.com

Akhirnya, setelah menyelesaikan studinya, Isyana Sarasvati meluncurkan Single pertamanya di 2014 “Keep Being You yang berhasil menembus top chart musik Indonesia. Ia berhasil mencuri perhatian pecinta musik tanah air. Hal ini dibuktikan dengan penghargaan Female Singer of The Year dan Breakthrough Artist of The Year NET Indonesian Choice Awards 2015.

Setahun berselang, Isyana dikejutkan dengan penghargaan Best Asian Artist Indonesia Mnet Asian Music Award (MAMA) 2016 di Korea Selatan. Pasalnya, dia tidak tahu menahu bahwa dirinya dinominasikan dalam kategori tersebut.

baca juga: Teknik Dasar Bernyanyi

"Aku benar-benar kaget banget. Aku nggak tahu kalau masuk nominasi. Tiba-tiba aku dikasih tahu kalau menang dari Indonesia. Nggak nyangka karena masuk nominasi aja nggak tahu, tiba-tiba dapat penghargaan," ujarnya kepada Tribun News (16/12/2016)

Pelantun single ‘Tetap Dalam Jiwa’ dan ‘Kau Adalah’ ini telah merilis satu album yang berjudul ‘Explore’ pada tahun 2015. Selain asik bermusik, ia juga telah dilirik menjadi salah satu brand ambassador dan bintang iklan untuk berbagai produk.

Musik Merupakan Hidupnya
 

saat konserIsyana Sarasvati ketika tampil dalam sebuah konser.
Sumber: artfinitybali.com

Pribadi yang mengaku introvert ini mengakui tidak sulit membagi kehidupan pribadi dan karirnya. Musik menjadi bagian hidupnya yang tidak terpisahkan. "Kalau aku sih membagi waktu antara sosial gampang banget, karena emang kalau kehidupan sosialku agak minim ya. Kehidupan sosialku emang (sebatas) di musik," jelas alumnus NAFA ini dikutip dari Tribun News (31/03/2017)

baca juga: kisah inspiratif Guruh Soekarno Putra

Karir yang cerah tak menyilaukan mata Isyana. Dia masih mempunyai banyak mimpi yang belum tercapai. Datang dari keluarga yang akrab dengan musik dan pendidikan, ia berniat ingin membuat sekolah musiknya sendiri.

"Kalau aku dari kecil sudah musik banget ya, jadi aku benar-benar pengen banget build a music center,” kata Isyana saat ditemui Tribun News (30/03/2017). Isyana sendiri mengaku akan terjun langsung dalam pembuatan silabus dan manajemen sekolahnya. "Ini tuh cita-cita aku dari kecil sih. semoga dalam 25 tahun bisa tercapai," kata dia saat ditemui tim Tribun News di kawasan Senayan (30/03/2017).

Sosok Isyana Sarasvati sebagai salah satu penyanyi yang paling populer saat ini agaknya dapat menjadi inspirasi bagi kita semua untuk berkarya. Bagi kamu yang ingin menjadi seorang penyanyi dan musisi, siapkah kamu mengikuti jejak Isyana Sarasvati? Simak kisah tokoh inspiratif lainnya bersama Kinibisa!