span 1 span 2 span 2

Inspirasi

Kevin Liliana: Gadis Bandung yang menjadi Miss International 2017
Oleh : Halimah Nusyirwan
04 Juli 2018

Highlight

I am a big believer of unity in diversity.

Kevin Liliana, Miss International 2017
Kevin Liliana, Miss International 2017
Sumber: thegreatpageantcommunity.com

Perempuan yang dinobatkan sebagai Miss International 2017 ini sukses mengharumkan nama Indonesia di mata dunia. Prestasi yang ia torehkan ini tentu menambah sejarah baru untuk Indonesia, apalagi mengingat sebelumnya Indonesia belum pernah berhasil menjadi pemenang di ajang tersebut. Bagaimana kisah inspiratif dari seorang Kevin Liliana? Mari simak kisahnya bersama Kinibisa!



"Saya akan mempelajari budaya dan menyampaikan apa yang saya dapatkan. Dunia ini indah karena perbedaan."

Gadis Tomboi yang Terjun ke Dunia Modelling
 

Sosok Kevin Liliana yang berasal dari Bandung
Sosok Kevin Liliana yang berasal dari Bandung
Sumber: merahputih.com

Kevin Liliana adalah gadis asal Bandung yang dikenal dengan prestasinya di berbagai ajang kecantikan. Dara kelahiran 5 Januari 1996 ini adalah seorang mahasiswi S1 jurusan Desain Interior di Universitas Kristen Maranatha. Keinginannya untuk terjun ke dunia modelling yang bertolak belakang dengan jurusan kuliahnya ini dikarenakan keinginannya yang besar untuk menambah wawasan serta pengetahuan. Keinginannya untuk menjadi model juga dikarenakan oleh dorongan sang ibunda yang melihat potensi Kevin dalam dunia modelling. Sebelum ia mengikuti ajang kecantikan skala nasional dan internasional, Kevin sudah memiliki berbagai pengalaman di dunia modelling yang ia dapat sejak ia masih duduk di bangku sekolah dulu.

Kevin yang dikenal sebagai anak tomboi semasa kecilnya ini memulai karier di dunia modelling ketika ia mengikuti kompetisi Gadis Sampul pada tahun 2012 saat ia masih berusia 16 tahun. Walaupun ia tidak berhasil menjadi pemenang utama di ajang tersebut, Kevin berhasil meraih prestasi dengan menjadi Gadis Sampul Persahabatan 2012. Beberapa tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2015, Kevin kembali mengikuti perlombaan lainnya yaitu Pasanggiri Mojang Jajaka Kota Bandung, sebagai Wakil 1 Mojang kota Bandung 2015. Dalam kontes ini, Kevin dipilih sebagai Mojang Kemeumeut (Mojang Favorit) 2015.

Pencapaian Kevin di Puteri Indonesia 2017
 

Kevin saat mengikuti rangkaian acara Miss International 2017 di Jepang
Kevin saat mengikuti rangkaian acara Miss International 2017
Sumber: stackpathdns.com

Prestasi lainnya ia raih ketika mengikuti kontes kecantikan berskala nasional yaitu Puteri Indonesia 2017. Saat mengikuti acara tersebut, ia menjadi Puteri Indonesia perwakilan kota kelahirannya, yaitu Jawa Barat. Perjuangannya menjalani karantina dengan keadaan jauh dari keluarga tercinta tidaklah sia-sia bagi diri Kevin. Ia kembali meraih kesuksesan dengan menjadi Runner Up Pertama Puteri Indonesia 2017 dan juga dinobatkan sebagai Puteri Indonesia Lingkungan 2017. Gelar Puteri Indonesia Lingkungan 2017 ini diberikan bukan tanpa alasan. Ia mejadi Puteri Lingkungan dikarenakan kecintaan serta kepeduliannya pada lingkungan, terbukti dengan keikutsertaannya yang aktif sebagai aktivis Earth Hour.

Miss International 2017
 

Kevin saat dinobatkan sebagai Miss International 2017
Kevin saat dinobatkan sebagai Miss International 2017
Sumber: emirates247.com

Kemenangannya sebagai Runner Up Pertama di Puteri Indonesia 2017 rupanya membawa Kevin pada kesempatan yang lebih besar. Ia ditunjuk sebagai perwakilan Indonesia pada ajang berkala internasional yaitu Miss International 2017 yang saat itu diadakan di Negeri Sakura, Jepang. Demi mengikuti ajang ini, Kevin harus melalui karantina dengan bermacam-macam pelatihan selama beberapa bulan. Selama disana pun Kevin giat dan selalu berusaha memberikan yang terbaik ketika mengikuti berbagai rangkaian penilaian. Menjadi perwakilan Indonesia rupanya sempat membuat Kevin tidak percaya diri karena takut tidak dapat membanggakan negaranya tersebut. Akan tetapi Kevin menyadari bahwa banyak orang-orang serta keluarga yang memberikan dukungan untuknya.

"Banyak banget saingan berat. Dapet dukungan dukungan dari warga Indonesia, saya lihat di media sosial sempat takut. Dukungannya sampai kayak gini. Orang tua menenangkan. Persiapan kamu sudah maksimal," kata Kevin dikutip dari CNN Indonesia (29/11/2017).

Penampilannya di kontes ini rupanya menjadi prestasi terbesar bagi Kevin di sepanjang kariernya. Kevin yang menyukai aktivitas olahraga ini berhasil mendapatkan perhatian publik dunia dan para panitia serta juri melalui kepribadiannya yang menonjol. Ia pun juga tidak menyangka bahwa dirinya berhasil mengalahkan kontestan dari negara lainnya dan mendapatkan gelar juara pertama di ajang Miss International 2017.

“Perasaan pas dipanggil sempat mikir dan jurinya kaya kepotong gitu manggil Indonesianya dan dibikin terharu dan tegang. Pas bener menang, ketika Indonesia dipanggil rasanya pengen duduk aja rasanya. Lalu dipeluk dan dipasangkan mahkotanya  dan saya mikir dan pakai Crown ini merupakan rasa yang luar biasa sih” ucapnya dikutip dari Industry (29/11/2017).

Salah satu alasan utama lainnya yang membantunya memenangkan kontes ini adalah pidatonya yang berkesan saat menjawab pertanyaan di sesi 8 besar. Saat itu Kevin menyampaikan pidato mengenai Bhinneka Tunggal Ika yang rupanya mampu meninggalkan kesan baik untuk para juri maupun publik yang melihat. Ia menceritakan bagaimana Bhinneka Tunggal Ika menjadi filosofi negara Indonesia yang sarat akan makna mendalam.

"Bhinneka Tunggal Ika adalah filosofi negaraku, artinya persatuan dalam keberagaman, berbeda tapi satu. Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki beragam kebudayaan, bahasa dan kepercayaan. Karena itulah aku sangat mempercayai filosofi persatuan dalam keberagaman. Dunia ini adalah tempat yang indah karena memiliki banyak keberagaman. Karena itulah jika aku menjadi Miss International maka aku akan menyebarkan pesan tentang nilai-nilai positif untuk bisa mengormati dan menerima perbedaan.”

Alasannya memilih untuk mengangkat hal ini kabarnya dikarenakan dirinya yang tumbuh dan besar di lingkungan dengan berbagai perbedaan. Hal ini membuat dirinya berkeinginan untuk berbagi cerita mengenai indahnya toleransi serta budaya saling menghargai untuk kesatuan Indonesia.

Kepribadian positif, sifat penolong, serta kepandaian seorang Kevin menjadi alasan lain yang menghantarkannya sebagai pemenang utama Miss International 2017. Tak tanggung-tanggung, ia juga dinobatkan sebagai Miss Best Dresser 2017 di acara tersebut. Panitia acara menilai bahwa Kevin berhasil tampil memukau dengan gaun rancangan desainer terkenal Indonesia, seperti salah satunya yaitu Ivan Gunawan. Gaun yang dinamai ‘Thallasa: Mother of Sea’ itu menggambarkan keindahan lautan Indonesia. Detail yang terdapat pada baju tersebut, seperti mutiara dan payet, konon terinspirasi dari kekayaan alam lautan Indonesia, seperti yang dilansir oleh Wolipop (14/11/2017).

Kevin dan Impiannya di Masa Depan
 

Tampilan kevin saat beraktivitas sehari-hari
Tampilan Kevin saat beraktivitas sehari-hari
Sumber: malangtoday.net

Perempuan yang memiliki tinggi 174 cm ini kini sedang disibukkan dengan agendanya sebagai Miss International 2017 dengan misi untuk mewujudkan perdamaian dunia melalui pertukaran budaya. Kemenangannya sebagai Miss International 2017 tentu tidak membuat Kevin cepat puas dengan apa yang sudah ia capai saat ini. Kevin memiliki impian lain, yaitu keinginannya untuk dapat membantu anak-anak Indonesia agar dapat terus berkarya dengan bakat yang dimiliki tanpa adanya halangan yang menghambat mereka.

baca juga: kisah inspiratif Kimmy Jayanti

“Saya sangat ingin menyediakan suatu tempat untuk anak-anak terutama yang tidak mampu, yang ingin belajar mengenai seni dan desain, tempat yang dapat mengembangkan kreativitas anak-anak bangsa. Dengan cara memperdalam pengetahuan saya di bidang seni dan desain terlebih dahulu, lalu mengajak orang-orang yang mau bersukarela untuk mewujudkan hal tersebut bersama-sama.” tuturnya dikutip dari Indonesian Pageants (18/03/2017).


Prestasi gemilang seorang Kevin Liliana tentunya membuat masyarakat Indonesia bangga dengan dirinya. Miss International 2017 yang senang dengan seni bela diri ini menorehkan sejarah baru untuk kemenangan Indonesia di ajang internasional. Banyak hal yang dapat dipelajari dari sosok Kevin seperti bagaimana kita harus terus berusaha dan jangan pernah putus asa dalam mengejar cita-cita. Kisahnya pun dapat menginspirasi perempuan-perempuan Indonesia untuk percaya diri dan tetap terus berkarya. Simak kisah inspiratif tokoh lainnya di Kinibisa!