span 1 span 2 span 2

Inspirasi

Rinrin Marinka: Mengejar Berbagai Impian Melalui Passion
Oleh : Halimah Nusyirwan
10 Juli 2018

Highlight

Aku orangnya sangat eksperimental dan suka tantangan.

Rinrin Marinka, chef Indonesia yang mulai dikenal sejak menjadi juri MasterChef Indonesia.
Rinrin Marinka, chef Indonesia yang mulai dikenal sejak menjadi juri MasterChef Indonesia.
Sumber: bisnis.com

Chef yang sudah berkiprah di industri pertelevisian Indonesia sejak 2007 ini dikenal lewat penampilannya sebagai satu-satunya juri wanita di ajang kompetisi Master Chef Indonesia yang pertama kali ditayangkan pada tahun 2011. Penampilannya yang menarik dengan tubuh mungilnya tersebut mampu menarik perhatian masyarakat Indonesia. Kariernya di dunia kuliner juga tidak diragukan lagi mengingat ia merupakan lulusan sekolah kuliner ternama di dunia. Seperti apa kisah seorang Rinrin Marinka? Simak kisahnya bersama Kinibisa!



"Kerjaan apapun juga kalau sesuai passion pasti akan dijalani dengan gembira. Kalau kita ikuti passion, uang juga mengikuti kita."

Bermula dari Seni hingga Menjadi Chef
 

Sosok Rinrin Marinka
Sosok Rinrin Marinka
Sumber: okezone.com

Rinrin Marinka atau yang biasa dipanggil sebagai chef Marinka ini rupanya memiliki nama asli yang berbeda dari namanya. Nama asli dari Marinka adalah Marie Irene Susanto. Marinka merupakan bungsu dari tiga bersaudara ini lahir di Jakarta pada tanggal 22 Maret 1980. Tak hanya menjadi chef, Marinka juga dikenal sebagai TV host dan restaurateur. Kemunculan Marinka di dunia kuliner Indonesia tentu menyimpan cerita sendiri. Ia mulai menggeluti dunia masak secara profesional ketika ia berusia 21 tahun. Kegemarannya memasak sudah ia dapatkan sejak ia kecil. Marinka juga mengakui bahwa ia suka memasak untuk orang-orang terdekatnya yang akhirnya menjadi motivasi untuknya menekuni dunia tersebut.

Sosok Marinka sendiri ketika masih kecil dulu dikenal sebagai anak yang tomboi dan menyukai tantangan.

“Aku dulu ingin menjadi James Bond karena kagum saat menontonnya, tapi di saat yang sama aku juga ingin menjadi seorang princess, haha. Jadi suka berkelahi tapi suka masak juga. Pokoknya aku orangnya sangat eksperimental dan suka tantangan,” ujarnya dikutip dari Alkupra (06/09/2017).

Sebelum menjadi chef, Marinka rupanya pernah mengemban ilmu di jurusan yang berbeda. Setelah lulus SMA di Jakarta, ia bertolak ke Sydney, Australia untuk kuliah di sana. Di Sydney Marinka mengambil jurusan Art & Design KVB di Institute College Sydney, Australia, dari tahun 1998 sampai 1999. Setelah itu di tahun yang sama ia kembali mengambil Visual Communication dengan jurusan Fashion Design di sekolah yang sama dalam kurun waktu 3 tahun. Kecintaannya pada dunia seni membuat Marinka sempat terpikir untuk menekuni dunia seni dengan menjadi seorang pelukis. Namun mimpinya tersebut tidak mendapatkan dukungan keluarga, terutama dari kedua orang tuanya.

"Pas aku bilang mau jadi pelukis mereka bilangnya, 'mau ngapain sih jadi pelukis. Kalau lukisannya bagus, kalau enggak? Mending yang lain'. Terus cari-cari yang paling dekat ya desain. Ternyata pas belajar masak lebih dapat," tutur Marinka dikutip dari Liputan 6 (20/09/2017).

Setelah menyelesaikan sekolah Fashion Design, Marinka menyadari bahwa ia mempunyai passion si bidang kuliner. Ia pun memutuskan untuk belajar masak di sekolah Le Cordon Blue Sydney, Australia, pada tahun 2002 hingga 2004 dengan spesialisasi French Cuisine & Patisserie. Setelah selesai dengan sekolah masaknya, Marinka lantas tak langsung balik pulang ke Indonesia. Ia dikabarkan pernah magang di berbagai restoran di Sydney untuk mencari pengalaman dan ilmu yang lebih banyak.

“Aku delapan tahun di Sydney dan di sana sukanya masak buat orang. Kalau buat diri sendiri I’m not fussy, lebih baik beli, haha. Tapi kalau masak untuk orang lain, aku merasa enjoy melakukannya. Awalnya beli buku-buku resep, coba eksperimen, lama-lama aku berpikir ‘You know what? This is something that I really like’.” tuturnya dikutip dari  Alkupra (06/07/2017.

Bergabungnya Marinka di Pertelevisian Indonesia
 

Rinrin Marinka beserta juri MasterChef Indonesia lainnya.
Rinrin Marinka beserta juri MasterChef Indonesia lainnya.
Sumber: okezone.com

Lama tinggal di Sydney tak membuat Marinka lupa dengan tanah airnya. Ia pun kembali ke Indonesia dan meniti karier di ibu kota. Ia tercatat sempat membuka kafe di wilayah Fatmawati dengan nama ‘Warung Telur Ceplok’. Akan tetapi Marinka harus menutup kedainya tersebut dikarenakan kesalahan pada konsep pemasaran yang membuat kafenya hanya bisa bertahan selama 1,5 tahun.

Tak hanya berbisnis, Marinka juga sempat menjadi cooking instructor di Pantry Magic Cooking School, Kemang. Pada tahun 2007, Marinka melalukan debut perdananya di televisi Indonesia dengan menjadi pembawa acara Sendok Garpu yang tayang di Jak TV. Setelah itu ia juga dikenal dengan membawakan acara masak lainnya seperti Cooking in Paradise di Trans 7.

Kemunculan Marinka sebagai satu-satunya juri wanita di ajang kompetisi memasak Master Chef Indonesia berhasil menaikkan nama Marinka dan membuatnya semakin dikenal khalayak ramai. Pembawaannya yang baik dan penampilannya yang menarik tentu berhasil menarik perhatian para penonton setiap acara tersebut. Selain menjadi juri Master Chef Indonesia di berbagai season, Marinka juga bergabung menjadi juri untuk acara Junior Master Chef Indonesia yang tayang pada tahun 2014. Melalui acara-acara tersebut, Marinka dikenal dengan skill memasaknya dan dengan acara ini pula, jalan Marinka di dunia kuliner dan televisi semakin terbuka lebar.

Ketenarannya membuat Marinka mendapatkan tawaran untuk menjadi Bintang iklan produk bumbu masakan. Chef yang mengidolakan Jamie Oliver dan Johnny Depp ini pernah menjadi bintang iklan untuk La Rasa, Tepung Bumbu Sasa, dan Kecap Sedaap. Pada tahun 2011, Marinka merilis buku resepnya yang berjudul ‘Fantastic Cooking’. Di buku tersebut terdapat 30 resep yang merupakan hasil eksperimen serta kreasi Marinka di dunia kuliner.

Impian untuk Menjadi Pebisnis
 

Rinrin Marinka saat menjadi host acara masaknya.
Rinrin Marinka saat menjadi host acara masaknya.
Sumber: indonesiatatler.com

Menjadi chef terkenal dengan segudang pengalaman rupanya tak membuat Marinka berhenti mencoba hal-hal baru. Ia memiliki impian untuk membangun bisnisnya sendiri baik di bidang kuliner maupun fashion. Pada tahun 2014, ia pernah membangun sebuah brand tas yang bernama Bada. Marinka yang aktif dengan mengisi kegiatan offair di dunia kulinernya tersebut bekerja sama dengan temannya untuk membangun brand tersebut dengan men-design sendiri model-model tasnya dan memproduksinya dalam jumlah yang terbatas dikarenakan tas-tas kreasi mereka merupakan produk limited edition.

Setelah membangun bisnis di bidang fashion, kini Marinka sukses dengan bisnis kuliner. Pada tahun 2015, Marinka membangun kafe miliknya yang bernama ‘Mars Kitchen’. Nama kafe ini merupakan singkatan dari ‘Marinka’s Kitchen’. Kafe ini mengusung tema healthy food dan di sini orang-orang dapat menemukan makanan dengan bahan-bahan gluten free, sehat, dan juga organik. Sajian makanan yang terdapat di kafe ini rupanya terinspirasi dari sang Ayah yang sudah meninggal karena sakit. Ia ingin membuat makanan yang sehat namun tetap enak dan hal tersebut juga menjadi motivasi utamanya saat memutuskan untuk mengambil sekolah kuliner. Ia pun berbagi informasi dibalik konsep healthy food yang ada di ‘Mars Kitchen’.

“Sebetulnya kita kerja sama dengan Bodytec di Kemang, so we have the tiny one there. Cuma kalau ekspansi rasanya belum deh, masalah lokasi juga mungkin ya? Satu dulu cukup untuk sekarang. Aku terpikir untuk bikin sesuatu yang lain justru. Konsepnya ingin yang beda. Kalau di Mars Kitchen kan memang untuk semua orang yang ingin hidup sehat, kalau yang satu lagi aku inginnya lebih hipster. Semacam tempat hangout yang seru, but I don’t know if it’s going to work karena ekonomi dunia juga lagi menurun dan persaingannya juga lagi banyak sekali. Baru cita-cita saja sih dan aku harus cari partner juga, karena di Mars Kitchen kan sendirian. Itu juga lumayan keteteran, jadi mungkin nanti dulu.” Ujar Marinka dikutip dari Alkupra (06/07/2017.

Memperkenalkan Masakan Indonesia pada Dunia lewat Asian Food Channel
 

Rinrin Marinka saat memandu salah satu acara untuk Asian Food Channel.
Rinrin Marinka saat memandu salah satu acara untuk Asian Food Channel.
Sumber: wp.com

Tak hanya sibuk membawakan acara masak di TV Indonesia, kini Marinka dikenal sebagai salah satu chef yang melebarkan sayapnya di pertelevisian internasional. Impiannya untuk memperkenalkan masakan Indonesia di mata dunia akhirnya terwujud ketika ia mendapatkan tawaran untuk membawakan acara kuliner bernama Wonderful Indonesia Flavours dengan dua chef asal Australia yang bernama Tobie Puttock dan Darren Robertson di stasiun TV Asia Food Channel. Tak hanya itu, ia kembali menjadi pembawa acara kuliner dengan dua chef tersebut di acara lainnya yang bertajuk Back to the Streets: Jakarta yang tayang di stasiun TV yang sama. Dua acara tersebut mengeksplorasi dan memperkenalkan kuliner serta budaya Indonesia dengan meliput berbagai ragam masakan di berbagai kota di Indonesia seperti Lombok dan Tomohon.

baca juga: kisah inspiratif Juna Rorimpandey

Setelah sukses membawakan dua acara tersebut, rupanya Marinka kembali mendapatkan tawaran lainnya. Ia kembali menjadi host salah satu program di Asian Food Channel. Namun bedanya kali ini Marinka tidak ditemani dua rekan chef nya tersebut dan hanya seorang diri. Acara ini bernama At Home with Marinka.

“Di show ini aku tetap masak masakan Indonesia, tapi lebih berdasarkan pengalaman pribadi. Karena acara ini juga lebih ditujukan untuk penonton luar negeri, jadi basically temanya ingin mengajarkan kalau masakan Indonesia itu bisa dibikin di dapur sendiri memakai bahan-bahan yang harusnya bisa didapat di mana-mana. Contohnya kemarin aku bikin ayam betutu, kan biasanya harus dimasak 8 sampai 13 jam, nah aku bisa masaknya dengan teknik aku sendiri jadi cuma dua jam yang rasanya tetap seautentik mungkin,” ucapnya dikutip dari Alkupra (06/07/2017).


Perjalanan Marinka meniti karier sebagai chef di Indonesia mengajarkan kita untuk terus berkarya dengan passion kita. Berawal dari kecintaannya pada dunia seni tak membuat Marinka lupa dengan passion lainnya yang ia miliki yaitu memasak. Ketekunannya dalam belajar hal-hal baru juga menjadi faktor yang menjadikan Marinka bisa sampai sukses seperti sekarang dan hal ini tentu dapat menjadi inspirasi untuk generasi muda Indonesia, khususnya yang ingin berkarier di bidang kuliner. Simak kisah tokoh inspiratif lainnya di Kinibisa!