span 1 span 2 span 2

Inspirasi

Grace Tahir: Membangun Start-Up Berbasis Kesehatan
Oleh : Ardito Ramadhan
04 Mei 2018

Highlight

Saya sangat terinspirasi oleh sosok ayah saya, Pak Tahir yang telah menjadi teladan yang baik. Dia telah menolong banyak orang dan saya ingin melakukan hal yang sama serta membuatnya bangga.

grace tahir
Grace Tahir adalah seorang pengusaha pendiri perusahaan start-up dokter.id yang bergerak di bidang kesehatan.
Sumber. youtube.com

Ia merupakan pendiri start-up dokter.id yang bergerak di bidang kesehatan. Melalui dokter.id, ia bertekad untuk dapat menyebarkan informasi mengenai dunia kesehatan kepada masayarakat luas. Dunia kesehatan agaknya telah lekat dengan kehidupannya sejak kecil. Ayahnya merupakan pebisnis yag telah mendirikan beberapa rumah sakit. Simak kisah Grace Tahir yang inspiratif bersama Kinibisa!



"Tidak hanya menghasilkan uang tapi juga membuka akses layanan kesehatan bagi masyarakat Indonesia."

Grace Tahir lahir dan besar di sebuah keluarga kaya yang dermawan. Ayahnya, Dato’ Sri Tahir, adalah seorang pebisnis yang mendirikan Mayapada Group. Mayapada Group sendiri adalah sebuah lini bisnis yang bergerak di bidang perbankan, properti, dan kesehatan. Lewat Mayapada Group, Tahir telah mendirikan dua buah rumah sakit yang beralamat di Jakarta.

Sosok Tahir sepertinya bisa ditempatkan sebagai salah satu pebisnis paling andal se-Indonesia. Selain sempat menjadi orang terkaya se-Indonesia versi majalah Forbes, lelaki ini juga berhasil membawa perusahaannya menaklukkan krisis ekonomi yang terjadi pada akhir 1990-an. Ketika banyak perusahaan yang gulung tikar, Mayapada Group justru semakin berkibar pasca krisis tersebut.

Bakat berbisnis agaknya mengalir dalam darah Grace. Selain ayahnya yang berstatus sebagai salah satu konglomerat Indonesia, ibunya juga merupakan anggota keluarga kaya lainnya, yaitu keluarga Riady. Oleh sebab itu pula, sejak kecil Grace bertekad untuk menjadi pebisnis. Sayang, cita-cita Grace itu baru terwujud ketika sang ayah hendak pensiun.

lahir dari keluarga kaya
Grace lahir dari sebuah keluarga yang kaya. Ayahnya, Tahir, adalah pengusaha pemilik Mayapada Group.
Sumber: enterpriseasia.org

Setelah puluhan tahun menjalankan bisnis, ayah Grace agaknya tak ingin lagi terlibat dalam bisnis yang ia miliki. Alih-alih menjualnya, ia justru mempercayai anak-anaknya untuk mengelola bisnis-bisnis itu. Grace, anak kedua Tahir, ditunjuk untuk menjadi Direkrut RS Mayapada.

baca juga: kisah inspiratif Gede Rio Darmawan

Bagi Grace, kepercayaan yang diberikan ayahnya merupakan inspirasi untuk menjadi pengusaha sukses yang tak segan membantu orang lain. Sejak awal, Grace memang ingin membangun sebuah perusahaan yang yak hanya mencari keuntungan tapi juga memberi manfaat bagi pekerjanya dan masyarakat umum.

“Saya sangat terinspirasi oleh sosok ayah saya, Pak Tahir yang telah menjadi teladan yang baik. Dia telah menolong banyak orang dan saya ingin melakukan hal yang sama serta membuatnya bangga,” kata Grace dalam sebuah wawancara dengan DailySocial.[1]

Layanan Kesehatan Berbasis Internet
 

tampilan pilihdokter.com
Tampilan website PilihDokter.com.
Sumber: cloudfront.net

Ketika duduk di bangku kuliah, Grace sebenarnya mempunyai ketertarikan di dunia teknologi. Namun, Grace agaknya tak bisa mengaplikasikan kesukaannya itu. Ketika usianya telah berkepala tiga, barulah ia berkesempatan memanfaatkan kecanggihan teknologi dalam bisnis yang ia jalani.

Berkat paduan antara pengalamannya di dunia kesehatan, keahlian bisnis, serta ketertarikan di dunia teknologi, Grace mendirikan situs PilihDokter pada Desember 2013. Bersama dua rekannya, Grace berharap perusahaan berbasis start-up itu dapat menjadi wadah penyebaran informasi mengenai dunia kedokteran dan kesehatan di Indonesia.

Menurut para pendiri PilihDokter, salah satu masalah kedoketeran di Indonesia adalah kurang tereksposnya nama-nama dokter yang ada di tiap kota. Oleh sebab itu, PilihDokter menyediakan profil para dokter disertai tempat praktik dan bidang spesialisasinya. Profil para dokter juga dilengkapi dengan riwayat pendidikan serta alamat kontak seperti alamat e-mail dan nomor telepon genggam.

Selain informasi mengenai dokter, PilihDokter juga menyediakan informasi soal rumah sakit serta berita-berita terbaru dalam dunia kesehatan. Tak ketinggalan, website ini juga mempunyai alat interaktif yang dapat memudahkan penggunanya dalam mendeteksi gejala penyakit. Oleh karena itu, masyarakat tak perlu lagi menemui dokter untuk mengetahui gejala, penyebab, dan pengobatan sebuah penyakit.

Dengan segudang informasi tersebut, PilihDokter dapat memudahkan masyarakat untuk bisa berkonsultasi dengan para dokter mengenai penyakit-penyakit yang dialaminya. Di sisi lain, PilihDokter juga dapat menjadi sarana dokter untuk memperoleh lebih banyak pasien.

Inovasi yang ditawarkan PilihDokter rupanya mendapat sambutan positif. PilihDokter disebut telah diakses oleh setidaknya 500 dokter dan 10.000 pengguna. Keberhasilan PilihDokter juga berhasil menarik perhatian perusahaan medis asal Singapura, RingMD. Pada Maret 2015, RingMD mengucurkan dana investasi sebesar jutaan Dollar AS kepada PilihDokter.

Selain memperoleh dana segar, investasi yang dilakukan RingMD juga membuka akses layanan kesehatan ke perusahaan tersebut. “Kami akan memiliki akses ke dokter dan spesialis milik RingMD yang tersebar di enam negara, yang tentunya memberi manfaat bagi para pasien di Indonesia,” kata Grace kepada TechinAsia.[2] Akibat investasi itu pula PilihDokter berubah nama menjadi dokter.id.

Kesuksesan yang telah diperoleh dokter.id agaknya belum dirasakan cukup bagi Grace. Selain mesti bersaing dengan berbagai start-up, Grace mempunyai tekad untuk menjadikan dokter.id sebagai platforme-health terbesar di Asia Tenggara. Ia juga berharap perusahaan yang ia dirikan itu bisa membuka akses mengenai kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

“Tidak hanya menghasilkan uang tapi juga membuka akses layanan kesehatan bagi masyarakat Indonesia. Kualitas pelayanan kesehatan yang baik di Indonesia adalah harapan dan mimpi saya. Jadi, perusahaan kami bukan hanya mencari keuntungan tapi juga menolong banyak orang,” katanya menjelaskan.

Sukses bersama dokter.id, Grace mendirikan perusahaan keduanya yang bergerak di bidang kesehatan. Perusahaan itu diberi nama Medico. Berbeda dengan dokter.id yang menghubungkan dokter dan masyarakat, Medico menyediakan produk sistem informasi yang dapat digunakan oleh rumah sakit dalam melayani pasiennya.

Selain itu, Grace juga tergabung dalam sebuah perusahaan investasi yang bernama Angel Investment Indonesia Network (ANGIN). Lewat ANGIN, Grace tercatat telah melakukan investasi ke beberapa start-up antara lain Taralite, Worktrees, dan GandengTangan. Keterlibatan Grace dalam ANGIN didasari oleh keinginannya meningkatkan peran serta perempuan dalam ekosistem start-up di Indonesia.

“Ekosistem start-up di Indonesia sudah cukup baik sejak saya memulainya beberapa tahun yang lalu. Namun, saya ingin melihat lebih banyak perempuan yang digerakkan. Saya harap semakin banyak orang yang mau berwirausaha dan masuk dalam bisnis start-up,” katanya menjelaskan.

Kiat Bisnis Ala Grace
 

menyukai bisnis
Grace Tahir ketika diwawancarai oleh TechInAsia.
Sumber: youtube.com

Berpengalaman menggeluti bisnis start-up di dua sisi, pelaku bisnis dan pemberi investasi, Grace tentu sudah menguasai trik-trik untuk mendapat dana investasi. Menurutnya, ada tiga hal yang harus dipersiapkan perusahaan start-up untuk memperoleh kucuran dana, yaitu industri, model bisnis, dan pendiri perusahaan start-up itu sendiri.

“Saya orang yang sangat terbuka. Selama Anda memenuhi ketiga kriteria; pertama, industrinya harus menjanjikan; kedua, model bisnis harus jelas; ketiga, pendirinya dapat diandalkan. Kalau ketiganya terpenuhi, saya akan berinvestasi di perusahaan start-up itu,” kata Grace menjelaskan. 

Pengalaman Grace di dunia bisnis memang agak berbeda dengan orang-orang kebanyakan. Apabila biasanya bisnis dimulai ketika seseorang menginjak usia 20-an, Grace baru mendirikan bisnis saat usianya sudah berkepala tiga. Bagi Grace, hal itu tentu berisiko karena ia mesti pandai mengatur waktu antara urusan bisnis dan urusan keluarga.

Kehidupan sebagai pebisnis juga jauh berbeda dengan kehidupannya ketika masih menduduki jabatan Direktur RS Mayapada. Apabila sebelumnya ia yang menerima tamu, kini ia yang mesti berpergian untuk menemui rekan bisnis. Menurut Grace, seorang pebisnis harus siap mengeluarkan uang, tenaga, dan waktu yang tak sedikit.

baca juga: kisah inspiratif Nila Moeloek

Di balik segala kesulitan yang ia hadapi, Grace justru mengaku senang dalam menggeluti dunia start-up. Sebab, ia dapat mewujudkan impiannya sendiri. Dengan menggeluti dunia start-up pula ia dapat belajar mengatasi masalah-masalah yang tidak akan ditemuinya apabila ia tetap menjadi seorang direktur di sebuah perusahaan.

Dengan melalui segala rintangan dan maslaah yang ia hadapi, Grace pun dapat merasakan apa yang dirasakan oleh orangtuanya puluhan tahun yang lalu, menjadi seorang pengusaha yang sukses serta tak lupa berbagi kepada orang lain.

Grace Tahir agaknya bisa menjadi inspirasi bagi siapa pun yang ingin menjadi seorang pebisnis, khususnya di bidang start-up. Pengalamannya bersama dokter.id tentu bisa menjadi pelajaran bagi para calon pengusaha agar tak hanya mencari keuntungan tapi juga berguna bagi masyarakat. Simak kisah tokoh inspiratif lainnya bersama Kinibisa!


[1] https://www.youtube.com/watch?v=Pmlm5nZ03os
[2] https://id.techinasia.com/startup-pilihdokter-peroleh-pendanaan-dari-ringmd