span 1 span 2 span 2

Inspirasi

Suhay Salim: Totalitas dalam Mengejar Passion
Oleh : Halimah Nusyirwan
06 Juli 2018

Highlight

Make up is everything for me.

Suhay Salim, beauty vlogger dan influencer yang sukses berkarier di dunia make up
Suhay Salim, beauty vlogger dan influencer  yang sukses berkarier di dunia make up
Sumber: instagram.com

Sosok Suhay Salim saat ini sudah dikenal khalayak ramai sebagai salah satu beauty vlogger dan beauty influencer ternama Indonesia dengan kepribadian yang tomboi dan jujur. Orang-orang banyak yang menyukai Suhay dan selalu setia menunggu video terbaru darinya untuk melihat karya terbaru Suhay serta gaya lucunya yang menghibur. Seperti apa sih kisah seorang Suhay Salim? Yuk simak kisahnya bersama Kinibisa!



"I just wanna be happy and I just want to be free."

Awalnya Tidak Berminat Pada Dunia Make Up
 

Suhay Salim saat berlibur ke luar negeri
Suhay Salim saat berlibur ke luar negeri
Sumber: instagram.com

Perempuan berdarah Jawa-Arab ini tidak pernah mengira bahwa dirinya akan menjadi seorang beauty vlogger terkenal. Suhay mengaku bahwa dirinya bukanlah tipe yang suka bersolek serta memikirkan penampilan. Kepribadiannya yang tomboi membuat dirinya tidak tertarik dan bahkan ia pun sempat membenci make up.

“Iya dulu gua benci banget sih sama cewek-cewek yang pake make up, apalagi kalau ke Mall kayak full on bulu mata segala macam gua kayak ‘Mau kemana atuh neng..biasa aja keles’ gitu. Tapi sekarang kalau ada orang dandan gua rasanya pengen bantuin pegang kacanya kayak it’s completely different 180 derajat. Jadi pesan moralnya adalah jangan membenci terlalu ekstrem nanti kualat kayak gua.” Ucapnya dikutip dari salah satu video Suhay Salim di Youtube (11/06/2016).

Perubahannya dari membenci make up hingga sekarang menjadi cinta dengan hal tersebut rupanya terjadi secara tidak sengaja. Kegemarannya terhadap dunia fotografi lah yang membuat perempuan ini sadar bahwa ia ternyata memiliki minat terpendam pada dunia tata rias. Suhay bercerita bahwa ia sudah lama menyukai dunia fotografi, khususnya memotret orang.

“Pertama dulu gua suka banget fotografi. Jadi gua kayak mulai beli kamera segala macem, mulai motretin teman-teman gua. Gua nggak begitu suka foto landscape. Gua nggak begitu suka foto pemandangan atau apa. Gua memang dari dulu lebih suka motret orang gitu. Dan setelah beberapa lama gua suka foto gitu gua mulai sadar kayak..apa ya..there’s something missing kalau gua bandingin sama foto orang-orang lain apalagi yang ada di majalah atau internet atau apa there’s something completely different sama foto gua. Akhirnya gua sadar kalo foto yang gua lihat itu semuanya pakai make up.” Tutur perempuan kelahiran Jeddah, 12 Oktober 1987 ini dikutip dari salah satu videonya di Youtube (11/06/2016).

Hal tersebut rupanya membuat Suhay tertarik untuk mencari tahu mengenai make up dan hal-hal lainnya. Ia pun mulai mencari video-video make up melalui situs Youtube. Suhay mengakui bahwa ia mulai mencari tahu mengenai make up ketika ia berusia antara 23-24 tahun dan tidak lama dari itu ia baru mulai terjun ke dunia make up.

Rela Meninggalkan Pekerjaan Demi Mengejar Passion
 

Suhay Salim di salah satu videonya
Suhay Salim di salah satu videonya
Sumber: wp.com

Suhay yang sebelumnya tidak tahu apa pun mengenai make up dan bahkan mengira maskara sebagai suatu brand kecantikan ini harus memulai semuanya dari nol. Kemampuan serta ilmu mengenai make up pun ia dapatkan hanya bermodalkan video Youtube tanpa pernah mengikuti kelas-kelas kursus make up. Mulai dari video-video inilah Suhay belajar mengenai segala macam tentang make up secara otodidak.

Setelah ia mengenal dunia ini, Suhay ternyata menaruh minat besar pada eye make up. Ia merasa bahwa eye make up memiliki banyak variasi dan yang paling bisa ia eksplorasikan. Suhay juga bercerita kalau sebelum ini ia tidak menyangka bahwa dirinya akan bisa sampai menyukai sesuatu sebesar kecintaannya dengan make up seperti sekarang.

“Gua belum pernah tertarik sama sesuatu kayak gua tertarik sama make up..you know what I’m saying? Umm I’ve never loved anything this much.” ucapnya dikutip dari Youtube (1/06/2016).

Anak kedua dari tiga bersaudara ini akhirnya memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya dan mulai mengejar passion-nya di dunia make up. Ia rela meninggalkan pekerjaan lamanya dan fokus menjadi beauty vlogger. Ia mengaku pada awalnya ia sempat tidak mendapat dukungan dari orang-orang di sekitarnya.

“Gua sih termasuk susah banget dulu karena I literally have to fight everyone. Nggak ada yang mendukung keputusan gua untuk berhenti kerja dan melanjutkan make up yang belum ada apa-apanya sama sekali. Jadi semua orang mikirnya either I’m crazy atau gua males kayak males kerja kantoran kayak cuma mau di rumah enaknya aja gitu dan banyak yang bilang gua mudah menyerah aja but the thing is banyak yang gak tahu perasaan gua saat itu maksudnya kayak gua belum pernah tertarik sama sesuatu separah gua tertarik sama make up. That is the first time I’ve ever had a passion in my life.” Tutur Suhay dikutip dari videonya di Yotube (06/08/2017).

Lulusan S1 Manajemen UI ini juga sempat kesusahan dikarenakan tidak adanya pemasukan setelah ia berhenti bekerja. Ia bahkan harus menabung untuk membeli pulsa dan peralatan make up nya tersebut. Suhay merasa dirinya gagal dan saat itu ia marah pada diri sendiri dengan kondisinya dikarenakan upayanya dalam mengejar karier sesuai passion ternyata sangatlah tidak mudah.

Akan tetapi hal tersebut ternyata tidak membuat Suhay putus asa dan menyerah dengan passion-nya tersebut. Ia bangkit dan terus belajar dan berusaha untuk sukses. Saat ini pengalaman-pengalaman buruknya itu akhirnya menjadi kenangan serta pelajaran yang berarti dan tak terlupakan oleh Suhay.

Passion Berbuah Kesuksesan
 

Sosok Suhay Salim
Sosok Suhay Salim
Sumber: instagram.com

Saat ini Suhay sudah terbilang sukses dengan kariernya sebagai beauty vlogger dan beauty influencer. Ia merupakan salah satu beauty vlogger yang banyak dikenal masyarakat Indonesia. Kesuksesannya ini juga terlihat dari banyaknya followers Suhay di akun Instagram dan Youtube. Video-video serta channel Youtube Suhay juga berhasil menjadi favorit anak-anak muda serta para wanita Indonesia khususnya yang menyukai make up. Ia banyak membagikan tips dan review mengenai produk kecantikan yang berguna untuk para penontonnya. Ia juga sering diundang ke berbagai acara brand produk make up sebagai pembicara dan tamu khusus.

Selain disibukkan dengan kariernya menjadi beauty influencer dan vlogger, Suhay juga bekerja sebagai penerjemah. Ia memutuskan untuk bekerja sebagai translator dan menjadikan hal tersebut sebagai pekerjaan dan sumber pemasukan utama dikarenakan pekerjaannya di bidang make up ini tidak dapat memenuhi seluruh tanggung jawabnya.

"Sama lah kayak pemain film, ada umurnya. Kalo aku sih mendingan ngerjain sesuatu yang sampe tua nggak ada umurnya," kata Suhay dikutip dari Surya (9/04/2018).

Ia juga merasa tidak bisa hanya bekerja di bidang ini karena ia merasa otaknya tidak terpakai secara maksimal. Suhay juga memiliki anggapan bahwa kariernya sebagai beauty vlogger dan influencer ini tidak akan bertahan lama. Ia bahkan berpikiran akan berhenti dari Youtube di masa yang akan datang.

“I’m not planning to do this for much longer. Tidak tahu ya. Seperti yang tadi sempat saya bilang, I’m not really comfortable putting my face in the internet. Saya lebih suka dalam bentuk foto. Mungkin yang masih akan berjalan adalah Instagram. Channel pertama yang akan saya hentikan pasti Youtube.” Katanya dikutip dari Sociolla (16/06/2017), Suhay juga membagikan rencananya ke depan jika ia sudah tidak lagi menggeluti dunia vlogging.

baca juga: kisah inspiratif Lizzie Parra

“Mungkin saya akan membuat makeup class, karena sebenarnya saya suka banget mengajar. Di antara semuanya, saya paling suka mengajar. I’m not gonna be here forever. Kalau saya membuka makeup class dan suatu hari anak didik saya jadi makeup artist terkenal, they will remember me for the rest of their lifeThat’s what I want.” Lanjutnya dikutip dari Sociolla (16/06/2017).


Bermula dari blog lalu pindah ke Instagram dan Youtube, Suhay pun sukses membangun kariernya menjadi beauty vlogger yang saat ini sudah dikenal dimana-mana. Sosok Suhay juga digemari orang-orang dengan kepribadiannya yang menarik. Kisah Suhay tentunya dapat menjadikan pembelajaran untuk kita, terutama bagi mereka yang ingin mengejar karier sesuai passion. Ia juga dapat menginspirasi masyarakat khususnya generas muda untuk tidak takut keluar dari comfort zone dan jujur menjadi diri sendiri, Simak kisa tokoh inspiratif lainnya di Kinibisa!