span 1 span 2 span 2

Inspirasi

Lizzie Parra: Tekad yang Berujung Keberhasilan
Oleh : Halimah Nusyirwan
28 Juni 2018

Highlight

Apa pun yang kita kerjakan dengan passion, kita pasti akan berusaha untuk bisa.

Sosok Lizzie Parra
Sosok Lizzie Parra
Sumber: 
lizzieparra.com

Siapa yang tidak mengenal perempuan kelahiran 2 Februari 1987 ini. Lizzie dikenal sebagai MUA profesional yang juga kini sukses sebagai seorang beautypreneur dan influencer di media sosial seperti Youtube dan Instagram. Wanita yang kini merambah ke dunia bisnis sudah bisa dibilang menjadi salah satu pengusaha sukses di Indonesia dengan produk lipstiknya yang menjadi favorite di kalangan perempuan Indonesia. Ingin tahu kisah perjalanan menuju kesuksesan seorang Lizzie Parra? Yuk simak kisahnya di Kinibisa!



"Buat saya bisnis itu bukan gambling, bisnis itu planning."

Nekad keluar dari Zona Nyaman
 

Sosok Lizzie Parra
Sosok Lizzie Parra
Sumber: editorial.femaledaily.com

Elizabeth Christina Parameswari, atau yang dikenal dengan nama Lizzie Parra ini sudah lama mengawali kariernya di dunia kecantikan. Lizzie mengaku bahwa ketika ia masih duduk di bangku sekolah, ia dikenal sebagai pribadi yang tomboi dan tidak terlalu menyukai make up. Dara lulusan Marketing Business di Prasetya Mulya ini mengaku bahwa ia mulai terjun ke dunia make up dikarenakan tuntutan kuliahnya. Saat itu Lizzie harus mengadakan sebuah acara bersama teman-teman grupnya untuk kepentingan tugas akhir kuliah mereka. Akhirnya Lizzie dan kawan-kawannya memutuskan untuk mengadakan beauty workshop dan semenjak itulah ia mulai menemukan ketertarikan yang lebih pada dunia tata rias.

“Aku aslinya engga suka makeup-an. Itu kelihatan juga dari make up aku sekarang yang engga terlalu heavy dan warnanya natural. Awalnya itu gara-gara waktu kuliah di tahun 2009 aku dapet tugas akhir salah satunya untuk bikin event. Aku sama teman-teman perempuan semua akhirnya memutuskan bikin beauty class. Waktu itu beauty class belum booming kayak sekarang, jadi kami masukin proposal ke berbagai brand engga semudah sekarang.” Ucap Lizzie dikutip dari wawancaranya dengan Gen Muda (29/10/2016).

Setelah sukses dengan workshop-nya tersebut, Lizzie mulai ditawari untuk bergabung dengan perusahaan kosmetik internasional dan bekerja di sana. Lizzie menikmati waktu yang ia lewatkan ketika bekerja dengan perusahaan tersebut. Ditambah lagi pada saat itu, Lizzie semakin kenal dengan dunia kecantikan yang ternyata berhasil menarik minat wanita tersebut. Setelah bekerja cukup lama sebagai pegawai, Lizzie merasa bahwa dia harus keluar dari zona nyamannya untuk mengejar passion serta mimpi barunya sebagai seorang Make Up Artist.

Waktu itu, aku sempat dilema. Kondisinya belum banyak makeup artist muda dan Instagram belum booming. Tapi, setelah penuh dengan pertimbangan, aku akhirnya memutuskan untuk cabut. Kalo aku stay, aku kayak berada di comfort zone dan aku kurang berkembang.” Ungkap Lizzie dikutip dari Gen Muda (29/10/2016).

Nama Lizzie Parra sendiri ia bentuk sebagai permulaan dirinya sebagai brand baru untuk berkarier di industri kecantikan. Karena pekerjaan sebelumnya yang berbeda dengan pekerjaan barunya tersebut, Lizzie beranggapan bahwa rebranding adalah suatu aspek penting ketika kita ingin memulai sebuah karier.

 “Waktu itu saya pikir saya harus melakukan rebranding. Saya ingin jadi orang baru di bidang ini, beda dengan Elizabeth Christina Parameswari yang dikenal orang sebelumnya, akhirnya saya memutuskan memakai potongan nama depan dan belakang saya, Lizzie Parra,” kata Lizzie dikutip dari Femina (15/09/2016)

Keputusannya untuk keluar dari pekerjaan yang selama ini menafkahinya tentu tidak semudah yang ia bayangkan. Banyak rintangan yang harus ia lalui ketika memulai karier sebagai MUA. Lizzie juga mengungkapkan bahwa pada awal perjalanannya menjadi seorang MUA Profesional, ia harus berjuang keras dan menghabiskan modal untuk membangun nama dengan membangun networking di berbagai majalah yang ternyata tidak membuahkan hasil yang cukup.

“Tapi itu belum cukup menghasilkan, sampai saya sempat minta uang ke Mama lagi. Ha…ha…  ha…. Lalu pelan-pelan saya mulai mendapat tawaran make up untuk pengantin. Karena saat itu belum ada Instagram, kebanyakan promosinya dari mulut ke mulut saja,” tutur Lizzie dikutip dari Femina (15/09/2016).

Pekerjaan sebelumnya ternyata sedikit banyak membantu Lizzie dalam mengembangkan kariernya tersebut. Ia mengakui bahwa ia mendapat banyak kenalan media yang ia temui saat dulu masih bekerja di perusahaan kosmetik. Dari kenalan itulah, perlahan-lahan Lizzie mulai membangun jaringan dan namanya sebagai MUA yang pada akhirnya membuat Lizzie semakin dikenal oleh orang-orang di industrinya. Lizzie juga mendapatkan kesempatan untuk mendandani berbagai artis ibu kota seperti Raisa dan juga model-model internasional.

Perempuan yang belajar make up secara otodidak ini juga merupakan sosok yang suka berbagi pengetahuan dan pengalaman yang ia punya pada orang-orang di sekitarnya. Karena itulah, Lizzie yang pada awalnya membuat website yang bernama lizzieparra.com hanya sebagai media untuk portofolio make up-nya tersebut, akhirnya ia gunakan sebagai blog yang juga berisi review mengenai berbagai produk kecantikan. Dari kegemarannya ini, datanglah tawaran-tawaran baru sebagai brand ambassador serta undangan untuk mengadakan beauty class dari pihak produk-produk kecantikan. Mulai dari situ, Lizzie dikenal sebagai salah satu beauty blogger yang mulai naik daun dan sukses sehingga ia memutuskan untuk merambah ke media lainnya yaitu Youtube dengan membuat berbagai video dengan konten seputar dunia tata rias dan kecantikan.

Dilema yang Berujung Kesuksesan Besar
 

Brand kosmetik Lizzie yang bernama By Lizzie Parra (BLP)
Brand kosmetik Lizzie yang bernama By Lizzie Parra (BLP)
Sumber: reesays.com

Menjadi seorang beauty blogger/beauty vlogger tentu tidak membuat Lizzie merasa puas akan apa yang sudah ia capai. Lizzie mengalami dilema ketika ia menyadari bahwa saat ini banyak saingan MUA dan beauty blogger yang juga sukses dan lebih muda darinya. Ia merasa bahwa dirinya tidak lagi muda dan tekadnya untuk terus berkarya menghantarkan Lizzie pada keputusan untuk melebarkan kariernya ke bisnis kecantikan.

Akhirnya, aku memutuskan untuk bikin sesuatu. Hal itu mengingat orang-orang udah menganggap aku sebagai beautypreneur. Aku pengen orang-orang menyebut aku beautypreneur bukan hanya karena aku menjual service aja, tapi juga produk. Aku lalu R&D, mencari tau tentang dunia makeup dari sisi produsen. Aku melakukannya kurang lebih 1,5 tahun sebelum akhirnya aku memutuskan untuk bikin BLP.” Ungkap perempuan yang sudah menikah ini dikutip dari Gen Muda (219/10/2016).

Keputusannya untuk merambah bisnis produk kecantikan tentu didasari alasan tersendiri oleh Lizzie. Lizzie merasa bahwa di usia yang sudah menginjak kepala tiga dan dengan adanya keluarga yang harus ia beri perhatian, membuat Lizzie memutuskan untuk mencari kegiatan yang tidak terlalu menuntut fisiknya. Akhirnya dengan alasan inilah, Lizzie yang memang memiliki cita-cita membuat produk kecantikannya sendiri itu memutuskan untuk membuat brand bernama BLP yang merupakan singkatan dari By Lizzie Parra.

“Sebetulnya ide untuk meluncurkan lini kosmetik sudah ada sejak dua tahun lalu. Menjelang usia 30, saya merasa harus mempersiapkan diri untuk mengurangi kerja yang mengandalkan fisik,” ujar Lizzie dikutip dari Femina (15/09/2016).

Alasan Lizzie memilih lipstik di antara berbagai produk kecantikan yang ada adalah dikarenakan dirinya yang memang sudah identik dengan produk ini. Dirinya dikenal oleh masyarakat sebagai seorang beauty blogger yang suka membuat review mengenai bermacam-macam produk lipstik dan alasan ini pula yang semakin meneguhkan pilihan Lizzie untuk memilih lipstik sebagai produk dari brand kosmetik pertama miliknya.

Lizzie yang lebih fokus pada riasan wedding ini mengatakan bahwa perjuangan dirinya membangun BLP ia lalui dengan kerja keras dan pantang menyerah. Lizzie harus berusaha untuk membuat orang-orang percaya dengan brand serta planning yang ia punya mengenai produknya tersebut.

"Saya gak mau hanya menjual produk orang saya mau mempunyai produk sendiri caranya bagaimana? oke kayaknya saya bisa nih dengan mendatangi pabrik ke pabrik, sekitar setengah tahun berjalan keliling door to door saya modalnya cuma Google saya cari di Google. Akhirnya saya ketemu pabrik yang percaya dengan mimpi saya," ungkapnya dikutip dari Merdeka (19/0/2018).

Berawal dari Online Hingga Membangun Toko Sendiri
 

Lizzie Parra saat pembukaan toko offline perdana miliknya
Lizzie Parra saat pembukaan offline store pertama miliknya
Sumber: lifestyle.kompas.com

Produk pertama Lizzie adalah berupa lip coat dengan variasi warna yang cantik dan tentunya cocok untuk kegiatan sehari-hari perempuan Indonesia. Kesuksesan Lizzie dengan BLP ternyata tidak ia duga sebelumnya. Lizzie tidak menyangka bahwa produknya akan disambut dengan antusiasme yang besar oleh masyarakat Indonesia.

 "Aku enggak nyangka, sebulan penjualan sampai website itu down," tutur Lizzie dikutip dari Kata Data (17/03/2018).

Saat ini Lizzie tidak hanya menjual produk lipstik. Ia juga mulai menjual produk kecantikan lainnya yang bisa dibeli melalui website-nya. Lizzie memutuskan untuk memperluas penjualan produknya dengan bantuan e-commerce seperti Tokopedia dan dengan meluasnya penjualan produknya tersebut, Lizzie sukses menjual lebih dari seribu pesanan setiap harinya seperti yang dilansir Kata Data.

baca juga: kisah inspiratif Bubah Alfian

Kesuksesan lainnya ia torehkan dengan membangun toko miliknya yang ia beri nama Beauty Space by Lizzie Parra. Toko yang berlokasi di Lotte Shopping Avenue ini baru saja dibuka awal Februari 2018 lalu. Keberhasilan ini bisa dilihat dari letak tokonya yang berada di salah satu pusat perbelanjaan besar di Jakarta serta posisinya yang berdiri sejajar dengan toko-toko kosmetik internasional lainnya.

Banyak hal yang bisa kita pelajari dari sosok Lizzie Parra yang percaya bahwa passion adalah salah satu kunci penting dalam meraih kesuksesan. Lizzie membuktikan bahwa jika kita ingin sukses, maka kita harus berani untuk keluar dari zona nyaman. Kisah Lizzie Parra tentu dapat menginspirasi anak-anak muda yang ingin terjun ke bisnis dan industri kecantikan untuk terus berani berkarya. Simak kisah tokoh inspiratif lainnya di Kinibisa!