span 1 span 2 span 2

Inspirasi

Harumi Sudrajat: Berawal dari Hobi, Kini Populer di Dunia Maya
Oleh : Ardito Ramadhan dan Halimah
04 Mei 2018

Highlight

Yang ngenalin aku pertama kali ke make up itu, mama, tante, nenek. Waktu kecil ngeliat mama, sering dandan pakai lipstik aku suka ikut-ikutan.

harumi sudrajat
Seorang vlogger dan make-up artist  yang sukses mengolah hobinya di dunia make-up menjadi sumber penghasilan.
Sumber: klimg.com

Mungkin belum banyak di antara kita yang mengenal Harumi Sudrajat. Namun, siapa sangka namanya sungguh populer di dunia maya, khususnya bagi orang-orang yang gemar merias diri atau make-up. Ya, perempuan ini adalah salah satu beauty blogger ternama asal Indonesia. Penasaran dengannya? Simak kisah Harumi yang inspiratif bersama Kinibisa.



"Saya mulai menggunakan maskara di sekolah dan merias teman-teman perempuan saya."

Kenal Make Up Sejak Kecil
 

Harumi Sudrajat lahir di Jakarta pada 15 Desember 1990. Perempuan yang kini berprofesi sebagai beauty blogger ini rupanya tidak pernah mempelajari ilmu kecantikan secara khusus. Ia justru tercatat pernah mengenyam pendidikan di Universitas Pelita Harapan. Di sana, ia mengambil jurusan Hubungan Internasional.

Kecintaannya pada dunia kecantikan ini membawa Harumi menjadi seorang beauty blogger yang dikenal masyarakat Indonesia terutama di kalangan perempuan. Meski tak mempelajarinya secara khusus, Harumi tentu telah mempunyai banyak pengalaman tentang dunia kecantikan yang ia peroleh secara otodidak. Ia mengaku telah mengenal dunia kecantikan sejak masih berusia 3 tahun. “Saya dikenalkan dengan lipstick saat berusia 3 tahun dan mulai ketagihan memakainya saat berusia 12 tahun,” kata Harumi kepada Jakarta Globe.[1]

Perkenalan Harumi dengan peralatan make up rupanya dipengaruhi oleh para anggota keluarga perempuannya, terutama ibunya sendiri. “Yang ngenalin aku pertama kali ke make up itu, mama, tante, nenek. Waktu kecil ngeliat mama, sering dandan pakai lipstik aku suka ikut-ikutan,” katanya dikutip dari Vemale[2].

sejak kecil sudah mengenal make up
Harumi sudah mengenal dunia make-up sejak berusia 3 tahun.
Sumber: klimg.com

Harumi juga mengatakan dirinya sudah mulai merias diri sejak masih bersekolah. “Saya mulai menggunakan maskara di sekolah dan merias teman-teman perempuan saya,” katanya. Seperti perempuan-perempuan lainnya, Harumi pun sering merasa minder ketika tidak menggunakan make up. “Waktu SD-SMP aku merasa tidak cantik karena mataku sipit, tidak berambut lurus, dan berkulit putih,” katanya kepada Tempo.[3]

Walau begitu, Harumi justru tak mau merias diri secara berlebihan. “Aku walaupun suka menggunakan make up, tapi untuk pergi ke mana-mana lebih menyukai make up yang natural, sehingga tidak menor,” kata Harumi.

Pada akhir dekade 2000-an, Harumi memutuskan untuk menyalurkan hobinya tersebut ke dalam media sosial. Saat itu, media sosial seperti Twitter dan Facebook memang sedang berkembang sangat pesat. Pada April 2010, Harumi pun membuat akun Twitter yang dinamakan MyTipsCantik. Ketika artikel ini ditulis, jumlah pengikut akun itu sudah mencapai lebih dari 40 ribu orang.

Lewat akun Twitter tersebut, Harumi berbagi berbagai tips mengenai kecantikan mulai dari ulasan produk, informasi salon kecantikan, hingga tutorial make up. “Aku berpikir perempuan Indonesia butuh platform untuk mereka cari sesuatu, seperti review produk, rekomendasi tempat hangout, dan membeli baju,” kata Harumi kepada Money.id[4].

Membuat Blog, YouTube, dan Instagram
 

Tak cukup melalui Twitter, Harumi pun melakukan ‘ekspansi’ dengan membuat akun di media sosial lainnya seperti YouTube dan Instagram. Dengan keberhasilannya di Twitter dan Youtube, banyak para followersnya yang meminta Harumi untuk mengembangkan akunnya tersebut ke dalam bentuk blog. Akhirnya Harumi juga membuat sebuah situs yang diberi nama mytipscantik.com. Situs ini ia buat dengan bantuan kakak-kakaknya yang memang kebetulan berkecimpung di dunia IT. Bermodalkan peralatan seadanya untuk membangun situs ini, Harumi dapat menjelaskan dunia tata rias secara lebih lengkap, tak terbatas 140 karakter seperti di Twitter.

mytipscantik
Mytipscantik.com adalah website yang dibuat oleh Harumi demi menyalurkan hobinya.
Sumber: mytipscantik.com

Melalui situs, Harumi juga dapat meraup untung dari hobinya tersebut. Lima tahun setelah situs tersebut dirilis, Harumi berusaha agar situsnya dapat memberikan keuntungan materi bagi orang lain. Hasilnya, mytipscantik.com pun laris dibanjiri iklan-iklan dari berbagai produk kecantikan. Selain produk kecantikan, Harumi pun sempat menjadi endorser dari sebuah produk elektronik.

Tidak tanggung-tanggung, berkat banyaknya perusahaan yang menaruh iklan di mytipscantik.com, Harumi berhasil meraup omset hingga 300 juta Rupiah dalam setahun.  “Biasanya dari iklan atau dari hadiahku dengan brand itu. Aku juga sudah dipercaya dengan brand yang aku jadikan brand ambasador,” kata perempuan yang pernah menjadi Ketua OSIS di sekolahnya itu.

Selain website, akun YouTube dan Instagram yang juga dikelola oleh Harumi rupanya mempunyai popularitas serupa. Saat artikel ini ditulis, akun YouTube MyTipsCantik mempunyai lebih dari 14 ribu subscribers sedangkan akun Instagramnya yang bernama  @harumips telah diikuti lebih dari 72 ribu orang.

tips kecantikan
Salah satu tips kecantikan yang dibahas oleh Harumi melalui akun Youtube.
Sumber: ytimg.com

Banyaknya jumlah pengikut membuat Harumi mesti aktif dan rajin mengeluarkan konten-konten baru untuk website, YouTube, dan media sosialnya. Oleh karena itu, ia pun mesti merekrut orang lain untuk keperluan produksi konten. “Biasanya ketika aku handle sendiri aku bisa shooting membuat video satu hari cuma satu video, tapi karena sekarang sudah dibantu oleh tim production house, jadi satu hari bisa membuat sampai empat video,” kata Harumi.

Di sisi lain, Harumi menganggap para pengikutnya sebagai orang-orang yang berharga. Ia pun merasa senang ketika dapat mengubah kehidupan mereka menjadi lebih baik. “It’s priceless waktu aku bertemu sama follower aku dan dia bilang that I have changed her life to be better. Rasanya happy banget,” kata Harumi pada Pedasmag.[5]

Punya Segudang Cita-cita
 

memilik cita cita
Harumi mempunyai cita-cita membuat brand make-up sendiri.
Sumber: tinkerlust.com

Popularitas yang dimiliki Harumi lewat media sosialnya rupanya bukan menjadi garis akhir bagi perempuan berwajah oriental ini. Harumi mengaku masih punya segudang cita-cita lainnya yang berhubungan dengan dunia kecantikan. “Saya ingin membuat buku dan produk make-up sendiri. Saya juga ingin mempunyai sekolah kecantikan yang tidak hanya menampilkan make-up untuk wajah tapi juga untuk jiwa,” kata Harumi.

Dari cita-cita Harumi di atas, setidaknya salah satunya sudah terwujud. Saat ini sudah mempunyai sebuah brand yang menjual produk hair extension. “I am very proud to say that aku sudah menjalani usaha aku sendiri. Seperti aku sudah punya hair clip extension under my own brand, my beauty company, ada juga satu lagi franchise dari Singapore. Semuanya berhubungan dengan kecantikan, sesuai dengan passion aku,” katanya.

Sebagai seorang perempuan yang menggeluti dunia kecantikan, Harumi memang menganggap bahwa kecantikan tidak selalu berarti memiliki kulit putih, rambut panjang, dan stereotip lainnya. Ia justru menilai kecantikan seorang perempuan itu berasal dari diri mereka masing-masing. “If you feel good about yourself in the inside, you will look good on the outside,” kata Harumi ketika ditanya mengenai makna kecantikan baginya.

baca juga: kisah inspiratif Suhay Salim

Harumi pun mempunyai sebuah tips penting bagi perempuan-perempuan di Indonesia. Menurutnya, perempuan harus memiliki keseimbangan antara kekuatan dan kepekaan. “Jaga diri Anda dan lakukan hal-hal yang membuat Anda merasa baik. Tetapi, jangan terlalu mandiri karena bagi wanita semuanya adalah tentang keseimbangan, dia mempunyai kepekaan dan kekuatan,” katanya.

Terakhir, Harumi berpesan bagi setiap orang yang mempunyai blog  untuk menjaga ketulusan dan orisinalitas. “Tidak apa-apa jika terinspirasi oleh orang lain, tapi perlu  menambah sentuhan Anda ke dalam karya Anda sehingga orang-orang dapat membedakan karya Anda,” kata Harumi. Ia juga berpesan agar setiap blogger mesti menerima segala opini publik, karena blogging berarti Anda menyebarkan pemikiran Anda ke seluruh penjuru dunia.

Harumi Sudrajat sepertinya telah membuktikan bahwa bukan tidak mungkin kita dapat berkarya dan memperoleh uang dari hobi yang kita miliki. Selain itu, kisah Harumi juga bisa menjadi pelajaran bagi kita bahwa kecantikan itu bukan soal kulit putih, rambut panjang, atau tubuh langsing melainkan tentang diri kita sendiri. Apakah kamu ingin mengetahui kisah-kisah tokoh inspiratif lainnya? Ayo bergabung dengan Kinibisa untuk mewujudkan #GenerasiKompeten!


[1] http://jakartaglobe.id/archive/my-jakarta-harumi-sudrajat-college-student-beautician/
[2] https://www.vemale.com/inspiring/people-we-love/42385-harumi-sudrajat-sukses-dan-dikenal-dari-beauty-blogger.html
[3] https://tekno.tempo.co/read/news/2012/03/18/072390923/harumi-sudrajat-blogger-ayu-ahli-kecantikan
[4] https://www.money.id/show-biz/harumi-manfaatkan-website-sebagai-lahan-bisnis-1603011.html
[5] http://www.pedasmag.com/harumi-sudrajat-the-beauty-blogging-queen.htm