span 1 span 2 span 2

Inspirasi

Saiful Mujani: Mengkaji Politik Berbasis Data
Oleh : Nanda Aulia Rachman
09 Mei 2018

Highlight

Saya berharap politik Indonesia menjadi semakin penting untuk studi para peneliti dunia sebab kesarjanaan tentang politik Indonesia masih sangat terbelakang. Kalau kesarjanaannya berkembang akan semakin positif bagi politik kita.

saiful mujani
Saiful Mujani merupakan seorang akademisi dan peneliti di bidang politik. Ia adalah pendiri Saiful Mujani Research & Consulting, sebuah lembaga riset di bidang politik yang paling ternama di Indonesia.
Sumber: klimg.com

Namanya sering disebut ketika memasuki musim demokrasi seperti Pemilu atau Pemilukada. Ia merupakan salah seorang peneliti yang fokus pada bidang politik. Saiful Mujani Research & Consulting adalah perusahaan riset dan konsultan politik yang ia dirikan. Simak kisah inspiratif Saiful Mujani bersama Kinibisa!



"Indonesia akan menjadi contoh dan inspirasi bagi kemajuan politik terutama ASEAN dan Timur Tengah yang saat ini sulit membangun demokrasi. Dibanding ASEAN, Indonesia paling maju dalam bidang demokrasi."

Saiful Mujani M,A, Ph.D lahir di Serang, 8 Agustus 1962. Ia adalah akademisi, peneliti dan pendiri Saiful Mujani Research & Consulting, sebuah lembaga riset dan konsultasi politik untuk bagi mereka yang bergerak di sektor publik. Studinya di bidang politik berfokus pada kajian perkembangan politik, perilaku memilih, perbandingan politik, kebijakan publik dan proses demokratisasi di Indonesia sejak 1999.

Saiful menempuh gelar sarjana di program studi Kajian Islam Universitas Islam Negara Syarif Hidayatullah Jakarta (UIN) pada tahun 1989. Fokusnya pada islam dan politik membuat dirinya memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya di Ilmu Politik di Ohio State University, Colombus di Amerika Serikat. Ia meraih gelar Master of Arts (M.A) di bidang sosial humaniora itu pada tahun 1998. Gelar doktornya juga ia raih di universitas dan program studi yang sama dengan program masternya di tahun 2003.

Salah Satu Peneliti Terbaik Indonesia
 

peneliti non amerika
Saiful merupakan peneliti non-Amerika pertama yang meraih penghargaan Franklin L. Burdette dari APSA.
Sumber: suaranasional.com

Hubungan Saiful dengan politik bisa dikatakan sudah sangat erat. Tidak jarang dirinya diminta untuk memberikan pendapat di media massa atau bahkan membantu para pemimpin publik mengambil kebijakan politik yang tepat. Reputasinya juga sudah diakui secara internasional.

Saiful Mujani merupakan ilmuwan politik pertama di luar Amerika Serikat yang dianugerahi penghargaan prestisius Franklin L. Burdette/Pi Sigma Alpha Award dari American Political Science Association (APSA). Penghargaan yang sama diberikan kepada ilmuwan politik ternama seperti Samuel P. Huntington, Mancur Olson dan Sidney Tarrow. Ia mendapat penghargaan ini atas karyanya yang berjudul Testing Islam’s Political Advantage: Evidence from Indonesia.

"Saya berharap politik Indonesia menjadi semakin penting untuk studi para peneliti dunia sebab kesarjanaan tentang politik Indonesia masih sangat terbelakang. Kalau kesarjanaannya berkembang akan semakin positif bagi politik kita," tambahnya dikutip dari Detik (02/09/2010).

Menurutnya, APSA sendiri diketahui jarang memberikan penghargaan ini sejak pertama kali diprakarsai pada tahun 1964. Saiful berharap juga Indonesia dapat menjadi rujukan studi perbandingan politik di Asia Tenggara kedepannya.

 “Indonesia akan menjadi contoh dan inspirasi bagi kemajuan politik terutama ASEAN dan Timur Tengah yang saat ini sulit membangun demokrasi. Dibanding ASEAN, Indonesia paling maju dalam bidang demokrasi,” jelasnya dilansir dari Detik (02/09/2010).

Selain sibuk mengajar di UIN Jakarta sejak tahun 1994, ia juga dikenal sebagai pendiri dan kepala riset beberapa institusi dan bidang kajian yang fokus pada bidang politik. Di UIN sendiri, Saiful menjadi salah satu pendiri Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat UIN Jakarta (PPIM UIN). Ia aktif di PPIM sejak tahun 1999 dan menjadi salah satu pemrakarsa awal Studi Islamika, jurnal internasional tentang Islam di Asia Tenggara.

Lembaga Survei Indonesia dan Saiful Mujani Research Consultant (SMRC) juga adalah hasil buah pikirnya. Di kedua lembaga yang berfokus pada survei dan analisa dataini, Saiful merintis dan memperkenalkan tradisi studi kuantitatif perilaku pemilih dalam kajian politik di Indonesia. Ia juga menjadi konsultan riset di Freedom Institute, pusat kajian demokrasi nasionalisme dan ekonomi pasar di bilangan Jakarta sejak tahun 2003.

Berbagai publikasi ilmiahnya dianggap memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kajian ilmu politik. Disertasi doktoralnya, “Muslim Demokrat” meraih penghargaan sebagai disertasi terbaik Ohio State University karena dinilai memberi kontribusi sangat penting terhadap kajian perilaku memilih. Ia telah melakukan lebih dari seribu penelitian dengan memegang teguh prinsip-prinsip akademik, dan bersandar pada kode etik survei opini publik.

Selain menjadi peneliti dan akademisi, Saiful juga kerap didapuk sebagai analis politik senior di berbagai media massa, lelaki yang menguasai 3 bahasa ini bertanggung jawab untuk mengkaji isu politik dan memberikan pendapat kepada isu poltik yang diangkat pada program jurnalistik media tersebut.

Saiful Mujani Research and Consulting
 

lembaga riset
SMRC merupakan lembaga riset dan konsultasi politik yang sering menangani hitung cepat pemilihan umum.
Sumber: zulu.id

SMRC didirikan pada tahun 2011 guna mendorong pelembagaan demokrasi, perbaikan kinerja pemerintah dan pertumbuhan dunia usaha dengan membantu para pemimpin politik, pemerintahan, dan bisnis, memahami kecenderungan pendapat publik dan perubahan lingkungan makro secara tepat.

Lembaga riset ini berakar kuat pada tradisi survei opini publik di Indonesia. Saiful Mujani yang merupakan perintis studi politik dan kebijakan publik berbasis survei kuantitatif, disebut majalah Gatra sebagai arsitek survei opini publik di Indonesia. William Liddle, seorang Indonesianis dari Ohio State University mengamini kualitas kerja dan presisi dari lembaga survei milik Saiful ini.”SMRC telah menetapkan diri sebagai lembaga survei yang kredibel dengan menetapkan standar riset polling yang brilian bagi lembaga survei lainnya di Indonesia. Peneliti Indonesianis lainnya, baik di bidang pemerintahan dan politik, sudah merujuk dan memuji akurasi dan kredibilitas SMRC,” ujarnya dilansir dari laman web SMRC.

Dalam dua tahun pertama, SMRC telah menangani lebih dari 270 surveu opini publik, baik di tingkat nasional maupun lokal, melakukan hitung cepat (quick count) dan exit-poll. SMRC juga telah memberikan konsultansi kepada sejumlah partai politik, calon legislatif, calon kepala daerah, lembaga pemerintah, dan sejumlah perusahaan swasta.

baca juga: kisah inspirasi Paulus Wirutomo

Saiful dan SMRC berkomitmen untuk memberi pengaruh pada kehidupan publik lewat risetnya dengan berpegang teguh pada etika dan integritas ilmiah. Lelaki yang pernah memimpin LSI selama 4 tahun ini mengharapkan temuan-temuan penelitiannya empiris dan dapat menjadi dasar perumusan program-program konsultasi. Kedepannya, ia dan SMRC bertekad untuk menjadi rujukan utama untuk riset dan konsultasi politik dan kebijakan tingkat nasional dan regional.

Lewat kisah di atas, kita dapat belajar bahwa dunia riset, terutama yang berhubungan dengan politik, bukanlah kegiatan yang main-main. Oleh karena itu, sosok Saiful Mujani dapat menjadi sosok panutan dalam hal akurasi, objektivitas, dan independensi yang dapat dicontoh oleh anak-anak muda Indonesia. Simak kisah tokoh inspiratif lainnya bersama Kinibisa!