span 1 span 2 span 2

Inspirasi

Cinta Laura: Kejar Mimpi Di Hollywood
Oleh : Nanda Aulia Rachman
02 Mei 2018

Highlight

Aku satu-satunya di wisuda hari ini yang lulus cum laude dalam waktu 3 tahun, yang lain ada juga yang cum laude tapi 4 tahun.

Cinta Laura Kiehl
Seorang aktris dan selebritis Indonesia yang mempunyai darah campuran Indonesia-Jerman.
Sumber: hariandepok.com

Sosok yang satu ini dikenal sebagai aktris blasteran Indonesia-Jerman. Lahir di Jerman dan tumbuh besar di Asia, tokoh inspiratif ini menjadi panutan banyak generasi muda lewat kepandaian dan kemahirannya di industri akting dan tarik suara. Paras campuran Asia dan Eropa tak hanya menjadi daya tarik tapi juga ciri khas dara satu ini. Simak kisah inspiratif Cinta Laurabersama Kinibisa!



"Kalau mau sesuatu, saya akan mendapatkannya."

Cinta Laura Kiehllahir di Quakenbruck, 17 Agustus 1993. Ia merupakan seorang aktris dan penyanyi muda yang mulai meniti karir internasionalnya. Dia memulai karirnya sejak tahun 2007. Film After The Dark (aka The Philosophers) menjadi debut Hollywood pertamanya.

Anak pasangan dari Michael Kiehl dan Herdiana Soekarseno sering berpindah tempat tinggal sejak kecil. Beberapa negara pernah didiami dara blasteran Jerman Indonesia ini. Uni Emirat Arab dan Malaysia telah ditinggali Cinta selain negara asalnya, Jerman dan Indonesia.

Seiring kepindahannya ke Indonesia, kecintaan Cinta terhadap olahraga semakin meningkat. Cinta kecil merupakan perenang yang ulung. Saat berumur 12 tahun, Cinta telah memenangkan banyak medali di berbagai kompetisi renang. Semuanya berjalan mulus baginya saat dirinya divonis mengidap penyakit usus buntu pada tahun 2006. Cinta harus beristirahat penuh selama tiga bulan akibat penyakitnya.

Saat masa rehatnya dari dunia renang, guru tarinya mengajak Cinta untuk mengikuti kompetisi akting/modelling. Walaupun ia ragu karena kegiatan olahraganya, dia tetap mendaftarkan diri. Tak disangka-sangka Cinta berhasil memenangkan kompetisi ini. Dari sinilah dimulai perjalanan Cinta di industri hiburan.

Terjunnya Cinta di Industri Hiburan
 

cinta laura
Cinta Laura berpose di depan poster film Hollywood perdananya, The Philosophers.
Sumber:
tstatic.net

Usut punya usut, salah satu juri kompetisi yang dimenangi Cinta merupakan seorang casting director salah satu rumah produksi terbesar di Indonesia. Tanpa ragu ia langsung mengontak dan menyodori kontrak kepada gadis yang saat itu masih terdaftar sebagai siswa sekolah dasar di Bogor International School.

Pada awalnya ia sempat ragu karena keawamannya terhadap dunia baru yang ditawarkan padanya. Akhirnya Cinta muda menerima pinangan rumah produksi itu. Dikarenakan akting dan bahasa Indonesianya yang masih belum fasih, Cinta diberikan pelajaran tambahan oleh rumah produksinya.

Sinetron Cinderella: Apakah Cinta Hanyalah Mimpi menjadi debut seorang Cinta Laura. Menjelang ulang tahunnya yang ke-14 tahun, ia memenangkan penghargaan sebagai aktris terbaik di SCTV Awards 2007. Popularitas gadis cilik ini terus menanjak. Sinetron ini terus mengudara sampai 310 episode. Keputusan ini diambil karena Cinta membutuhkan waktu istirahat. Waktu agar dirinya menjadi seorang remaja normal layaknya teman seumurannya.

Membangun Karir
 

paras asia eropa
Paras Asia-Eropa Cinta Laura yang merupakan keturunan Indonesia-Jerman.
Sumber: bp.blogspot.com

Cinta kembali ke panggung hiburan pada Februari 2008. Ia, kali ini, berakting untuk film perdananya, Oh Baby. Film yang terinspirasi film Step Up ini bercerita tentang perjuangan seorang perempuan muda untuk mengejar mimpinya menjadi penari professional sekaligus menafkahi kakeknya. Ia juga merekam lagu single pertamanya yang berjudul sama.

Lagu yang memuncaki daftar lagu teratas di Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam membawa dirinya meraih berbagai penghargaan dari beberapa majalah remaja perempuan, seperti Gadis. Di tahun itu, ia juga tetap bermain di sinetron seperti Upik Abu dan Laura. Ia mendapatkan penghargaan sebagai aktris terbaik di Nickelodeon Indonesia Kids Choice Awards 2008.

Menjelang SMA, Cinta memutuskan untuk lebih fokus terhadap studinya. Alhasil Cinta hanya berakting di satu sinetron, Air Mata Cinta, di tahun 2009. Walaupun vakum dari akting, Cinta tidak benar-benar hilang. Selama satu tahun ia menggodok album perdananya.

Demi mempersiapkan album perdananya, dia menghabiskan akhir minggu khusus untuk rekaman musiknya di studio. Februari 2010. Cinta merilis album self-titled miliknya, Album itu laris berat dengan terjual lebih dari 1 juta kopi fisiknya. Berkat keberhasilannya, Cinta dinobatkan sebagai The Wannabe Artist Award di Nickelodeon Indonesia Kids Choice Awards 2010.

Prioritaskan Pendidikan
 

Menjelang akhir masa SMA-nya, perempuan yang sempat tinggal di Bogor ini memutuskan untuk benar-benar rehat dari industri hiburan Indonesia. Alhasil, Cinta Laura Kiehl berhasil lulus dari Jakarta International School di tahun 2011. Selepas itu, ia fokus mempersiapkan diri demi mendapatkan bangku di perguruan tinggi pilihannya. Sembari belajar, ia kembali merilis album terbarunya berjudul Hollywood Dreams. Cinta juga ditawarkan untuk bermain di film After The Dark arahan John Huddles pada Juni 2011.

Akhir 2011, Cinta pindah ke Amerika Serikat untuk menempuh studinya. Ia diterima di Columbia University, New York mengambil program studi Psikologi dan Sastra Jerman. Saat libur tiba, Cinta masih menyempatkan diri kembali ke tanah air untuk bertemu keluarga atau sekedar mempromosikan lagu terbarunya.

Lagu Boomerang dan Playlist dibuatnya selama menyelesaikan studi di New York.Single internasional pertamanya itu digarap di studio bertaraf internasional. “Ya, music director-nya juga bertaraf internasional. Penciptanya hebat, sama dengan yang ciptain lagu buat JLo, Christina Aguilera, dan lain-lain,” terangnya dikutip dari Hot Courses (21/11/2016).

bersama kedua orangtuanya
Cinta bersama kedua orangtuanya saat wisuda kelulusan di Columbia University tahun 2014.
Sumber: jawapos.com

Selama berkuliah Cinta mengakui tidak menemukan kesulitan berarti. “Kalau mau sesuatu, saya akan mendapatkannya. Bagaimana cara saya ambil dua gelar? Kadang-kadang aku ambil enam kelas setiap semester, yang biasanya orang lain ambil dua atau empat kelas. Aku cuma syuting dan show kalau libur musim panas dan libur musim dingin saja,” ujar Cinta Laura dilansir dari VOA Indonesia (29/05/2014)

Selama berkuliah juga, Cinta juga sempat menjadi asisten dosen Professor Herbert Terrace di Departemen Psikologi. Cinta lulus dari Columbia University hanya dalam waktu tiga tahun pada tahun 2014. “Aku satu-satunya di wisuda hari ini yang lulus cum laude dalam waktu 3 tahun, yang lain ada juga yang cum laude tapi 4 tahun,” paparnya kepada VOA Indonesia (29/05/2014). IPK 3,9 menjadi nilai akhir yang diterima dara berdarah Jerman ini.

Berkat prestasinya, Cinta sempat ditawari beasiswa Marshall and Rhodes di Oxford University, Inggris. “Sejak aku dapat tawaran untuk jadi Rhodes scholar, aku jadi bingung. Aku kurang tahu mau jadi artis, akademisi atau pebisnis. Karena jadi Rhodes scholar itu kesempatan yang besar sekali,” kata Cinta dikutip dari VOA Indonesia (29/05/2014)

“Tapi aku yakin 99% akan pindah dari New York ke Los Angeles bulan Agustus ini karena sudah punya agen di situ dan aku akan merintis karir film” kata Cinta melanjutkan. Ia lebih memilih untuk melanjutkan karirnya di Hollywood terlebih dahulu sebelum melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Karir di Hollywood
 

bersama matt damon
Cinta bersama Matt Damon di American Cinematheque Awards 2016.
Sumber: tstatic.net

Kepergiannya ke Amerika Serikat tak disia-siakan olehnya. Tak mau tanggung-tanggung, ia turut meniti karir keartisannya disana. Setelah sempat berakting bersama Bonnie Wright (Serial Harry Potter) di After The Dark di tahun 2011, Cinta semakin bertaji untuk berkarir di Los Angeles, California. Cinta mengikuti audisi casting untuk beberapa film Hollywood sejak masih aktif menjadi mahasiswa. Ia bergabung dengan Luber Roklin Entertainment.

“Aku bergabung di sini karena mereka mengerti kemauanku. Mereka tahu kalau prioritas utamaku adalah kuliah. Beberapa bulan yang lalu, aku ikut casting salah satu judul film. Tetapi, saingannya berat-berat. Artis Hollywood semua. Kesempatanku nggak begitu besar. Dan, yang dapat perannya adalah Amanda Seyfried. Ya, aku nggak apa-apa kok. Anyway, I try my best,” ceritanya kepada Hot Courses (21/11/2016)

Selama proses mencari dan mencoba audisi film-film, Cinta menyibukkan diri dengan menjadi model untuk berbagai kover majalah wanita nasional dan internasional, seperti Dewi, Elle dan Maxim. Baru-baru ini, Cinta Laura juga baru didapuk sebagai duta dari The Body Shop dan Indonesia Against AIDS di tahun 2016 dan 2015 lalu.

Cinta kerap kali diundang ke berbagai gelaran acara penghargaan film internasional seperti British Academy Britannia Awards dan American Cinematheque Awards. Di awal tahun 2017, Cinta sedang menjalani proses pasca produksi untuk dua film Hollywood terbarunya yang berjudul Tar dan The Ninth Passenger.

baca juga: kisah inspiratif christian sugiono

Berita ini bisa dibilang merupakan sebuah kabar gembira melihat banyaknya kabar simpang siur soal usaha Cinta yang tak menemui titik cerah. Gadis yang terkenal dengan logat kebarat-baratannya saat berbahasa Indonesia pernah diisukan akan bermain di beberapa film besar sebelumnya seperti, Fantastic Beast and Where to Find Them, Pitch Perfect 3, Monster Truck dan Scooby Doo.

Lewat kerja kerasnya, Cinta Laura membangun citra baiknya di Hollywood dan Indonesia. Kepandaian, kemahiran dan kemauannya mencapai mimpinya dapat menjadi inspirasi kita semua. Cinta Laura Kiehl layak dianggap sebagai generasi kompeten yang dapat menjadi masa depan Indonesia. Simak kisah inspiratif tokoh-tokoh lainnya bersama Kinibisa!